Bentuk Sistem Pemerintahan yang Dipakai di Berbagai Negara

Sistem Pemerintahan adalah suatu system yang diterapkan pada suatu negara yang menjadi dasar dari pengambilan keputusan ataupun nasib dari negara tersebut. Ada beberapa sistem pemerintah yang berlaku di dunia sesuai dengan kondisi negara masing-masing, dan berikut ini pembahasannya:

 

Presidensial

reportasekampus.com

Dalam sistem pemerintah presidensial  sebuah negara akan dipimpin oleh seorang president yang dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu. Biasanya sistem ini dipakai oleh negara yang berbentuk republik. Pada negara yang menganut sistem presidensial ini maka kekuasaan antara eksekutif dan legislatif terpisah.disini dikenal dengan sistem pemerintahan yang terdiri dari eksekutif, yudikatif dan legislatif. Dalam negara yang menggunakan sistem ini menteri diangkat dan dilantik oleh presiden dan menjadi pembantu presiden kedudukannya. Seorang presiden pada sistem ini bisa diturunkan jika melanggar hukum. Seperti jika seorang presiden terlibat tindak kejahatan kriminal.

Parlementer

sistempemerintahannegaraindonesia.blogspot.com

Sistem pemerintahan yang menggunakan sistem parlementer dimana parlemenlah yang memegang peranan penting didalam pemerintahan tersebut.Parlemen yang berwenang mengangkat menteri menjatuhkan pemerintah. Ada dua pemimpin negara dalam negara yang menggunakan sistem parlementer ini yaitu presiden dan Perdana menteri. Disini presiden hanyalah sebuah simbol negara.

Semi Presidensial

okezone.com

Sistem semipresidensial merupakan gabungan dari sistem pemerintahan presidensial dan sistem pemerintahan parlementer. Nama lain dari sistem semi presidensial adalah dual eksekutif atau eksekutif ganda. Kekuasaan pemerintah dipegang oleh presiden dan perdana menteri. Seorang presiden dipilih langsung oleh rakyat..

Komunis

peradabandansejarah.blogspot.com

Di dalam sebuah negara yang menggunakan sistem komunis maka menggunakan sistem partai komunis sebagai alat pengambil alihan kekuasaan yang prinsipnya semua milik rakyat jadi semua produksi harus dikuasai oleh negara untuk kemakmuran rakyat secara merata, bukan milik perorangan.

Demokrasi liberal

junglenotes.wordpress.com

Berbeda dengan sistem komunis yang tidak boleh kepemilikan individu dalam demokrasi liberal menganut kebebasan individu. kebijakan pemerintah harus tunduk pada pembatasan-pembatasan agar keputusan pemerintah tidak melanggar kemerdekaan hak individu seperti tercantum dalam konstitusi.

liberal

mylloydminsternow.com

Dalam Sistem pemerintahan Liberal ingin membangun masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama.

Baca Juga Sistem pemerintahan yang pernah dipakai di Indonesia

Tinggalkan komentar