9 Organ Sistem Pencernaan pada Manusia

Setiap hari tentu kita membutuhkan makan, baik itu yang berkarbohidrat atau protein. Semua makanan yang masuk ke dalam tubuh pastinya akan dicerna. Makanan dicerna agar tubuh dapat menyerap yang gizi yang terdapat pada makanan tersebut.

Makanan yang diproses tentunya harus melalui sistem pencernaan terlebih dahulu. Apakah kamu tahu apa saja organ yang ada di sistem pencernaan? Kalau kamu nggak tahu, mending kita cari tahu bersama apa saja organ yang ada pada sistem pencernaan manusia.

 

Rongga Mulut

zona-sehat.com
zona-sehat.com

Mulut merupakan salah satu organ yang ada pada sistem pencernaan manusia. Di rongga mulutlah makanan itu pertama diolah. Makanan akan dikecilkan ukurannya dan dilumuri dengan air ludah untuk mempermudah proses pencernaan selanjutnya.

Di dalam rongga mulut ada tiga macam organ, gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Gigi berfungsi untuk mengecilkan ukuran makanan sebelum masuk ke proses selanjutnya. Gigi ini juga ada tiga macam, gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Masing-masing gigi ini mempunyai fungsinya sendiri.

Gigi seri berfungsi untuk memotong makanan, kalau gigi taring berfungsi untuk merobek makanan, sedangkan gigi geraham, fungsinya untuk mengunyah makanan. Nah, ada lagi sebenarnya, yaitu gigi susu yang terdapat pada anak-anak dan jika gigi ini tanggal maka bisa tumbuh lagi.

Lidah

keyranazleen.blogspot.com
keyranazleen.blogspot.com

Kamu pasti tahu kalau lidah itu fungsinya untuk merasakan makanan. Kita bisa merasakan rasa manis, asam, asin, dan pahit karena ada sel perasa pada lidah.

Tapi, tahukah kamu? Ternyata lidah itu juga berfungsi untuk mendorong makanan masuk ke dalam lambung. Walaupun kita nggak sadar kalau lidah kita mendorong makanan, tapi memang itulah kegunaan lidah.

Kelenjar Ludah

Sikat gigi secara teratur dapat mengurangi bau mulut
clinicadentaljuliocastillo.com

Kelenjar ludah ini berfungsi untuk mengeluarkan ludah. Ludah akan memproses makanan secara kimiawi untuk pertamakalinya setelah makanan masuk ke dalam mulut. Dalam ludah terdapat enzim ptialin yang akan memecah zat gizi dalam makanan.

Kerongkongan

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Setelah selesai diolah pada rongga mulut, makanan selanjutnya akan masuk ke dalam kerongkongan. Kerongkongan merupakan saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung.

Makanan yang melalui kerongkongan akan bergerak menuju lambung. Hal ini disebabkan karena adanya gerak peristaltik yang akan mendorong makanan. Gerak peristaltik adalah gerak mendorong dan meremas. Jadi, walaupun kamu sedang dalam keadaan terbalik, makanan tetap akan menuju ke lambung.

Lambung

dokterkamu.com
dokterkamu.com

Di dalam lambung, makanan akan dicerna secara mekanik dan kimiawi. Proses pencernaan secara mekanik yang ada di lambung dilakukan oleh otot yang ada pada dinding lambung. Sedangkan proses pencernaan kimiawinya dilakukan oleh enzim yang ada pada asam lambung.

Dalam asam lambung terdapat beberapa enzim yang akan membantu proses pencernaan secara mekanik. Ada enzim renin yang berfungsi mengendapkan protein susu pada air susu. Ada juga enzim pepsin yang fungsinya mengubah protein menjadi peptida.

Selain itu, di dalam asam lambung juga terdapat HCl. HCl inilah yang membuat cairan lambung menjadi asam dan fungsinya untuk membunuh kuman.

Pankreas

medmix.at
medmix.at

Pankreas merupakan organ dalam sistem pencernaan yang tidak ikut mencerna makanan. Fungsinya adalah untuk menghasilkan enzim-enzim pencernaan yang dibutuhkan. Enzim yang dihasilkan pankreas ini adalah lipase, tripsin, dan amilase.

Lipase berfungsi untuk mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Sedangkan tripsin fungsinya untuk membantu proses penguraian protein. Kalau amilase berfungsi sebagai enzim pembantu pada proses penguraian amilum.

Hati

dietdoctor.com
dietdoctor.com

Seperti pankreas, hati juga tidak ikut mencerna makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Hati akan menghasilkan empedu dan akan menimbun sari makanan.

Kamu tahu nggak? Kalau ternyata hati ini merupakan organ makanan terbesar lho. Beratnya bisa mencapai 2 kg, cukup berat nggak tuh?

Usus

www.thinglink.com
www.thinglink.com

Usus dalam sistem pencernaan manusia itu ada tiga macam lho. Ada usus duabelas jari yang menghubungkan lambung dengan usus halus. Di usus duabelas jari terdapat saluran yang terhubung dengan hati dan pankreas. Fungsi saluran ini sebagai jalan masuknya enzim pencernaan dari pankreas ke dalam usus.

Nah, usus yang selanjutnya adalah usus halus, merupakan usus terpanjang yang ada pada tubuh manusia. Pada orang dewasa, usus halus ini panjangnya bisa mencapai 6-8 meter lho. Dengan panjangnya, usus halus berfungsi menyerap zat gizi dari makanan yang kita makan.

Usus yang terakhir adalah usus besar, di dalam usus besar makanan akan diserap airnya dan akan dibusukkan. Proses pembusukan yang ada di usus besar dibantu oleh bakteri Escherichia coli.

Anus

thelistlove.com
thelistlove.com

Organ terakhir yang ada pada sistem pencernaan manusia adalah anus. Anus merupakan saluran yang berfungsi untuk mengeluarkan ampas dari makanan yang zat gizinya sudah diserap oleh tubuh.

Tinggalkan komentar