Ternyata, Ada Fakta Unik tentang Sistem Pencernaan Manusia

Salah satu hal yang mungkin kamu melakukan tapi tidak sadar adalah mencerna makanan. Pasti setelah makan, kamu akan mencerna makanan dan kamu melakukan itu secara tidak sadar. Proses itu terjadi dengan sendirinya tanpa kita perintahkan.

Nah, ngomongin soal mencerna makanan nih ya, tentu hal itu nggak lepas dari yang namanya sistem pencernaan. Sistem ini memiliki peran yang sangat vital untuk tubuh kita lho.

Sistem pencernaan ini memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu memproses makanan agar zat gizi di dalamnya dapat kita serap dengan sempurna. Selain itu, sistem pencernaan juga berfungsi untuk mengeluarkan kotoran atau limbah dari tubuh.

Seperti halnya sebuah sistem, tentu sistem pencernaan memiliki banyak penyusun, kalau di istilah biologi itu namanya organ. Nah, organ-organ yang ada di sistem pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus, kantung empedu, dan hati.

Semua organ tersebut mempunyai fungsinya masing-masing, agar proses mencerna kita berjalan dengan sempurna. Nah, ternyata nih ya, ada beberapa fakta unik seputar sistem pencernaan kita lho. Kita cari tahu bareng-bareng yuk!

 

Ternyata, Sistem Pencernaan Kita Panjangnya 30 Meter

www.thinglink.com
www.thinglink.com

Kamu pasti antara percaya dan tidak percaya nih, masak iya pencernaan panjangnya sampai segitu. Tapi, memang itulah faktanya, sistem pencernaan manusia dewasa itu bisa mencapai 30 meter.

Bisa ketemu nilai segitu setelah dijumlahkan panjang dari mulai mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil dan besar, pankreas, kantung empedu, dan hati.

Ternyata, 4 Liter Makanan Dapat Ditampung Perut Orang Dewasa

bandt.com.au
bandt.com.au

Kamu tentu pernah denger kalau makan itu jangan banyak-banyak. Makan secukupnya, sebaiknya lambung kita dibagi menjadi tiga bagian, 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk udara. Pasti pernah kan dengar seperti itu?

Pasti kamu bingung tuh ngitungnya kayak gimana. Tenang-tenang, perut kamu itu, ternyata bisa menampung empat liter makanan lho. Jadi kamu bisa mengira-ngira tuh, seberapa banyak harus makan dan minum.

Tapi, walaupun kapasitas penampungan bisa mencapai empat liter. Normalnya, orang dewasa hanya mengisi perut mereka dengan 1-1,5 liter makanan saja. Mungkin itu sisanya air sama udara ya.

Ternyata, Manusia Mengeluarkan Air Liur Sebanyak 1 Liter dalam Satu Hari

zona-sehat.com
zona-sehat.com

Air liur itu memiliki peran tersendiri dalam sistem pemcernaan. Air liur merupakan proses pertama saat kita mencerna makanan.

Peran air liur ini lumayan penting lho. Air liur akan membantu kamu dalam melunakkan, melembabkan, dan menelan makanan. Nah, karena kegunaannya yang cukup penting, manusia bahkan memproduksi air liur sebanyak satu liter per hari.

Ternyata, Ada 2 Jenis Pencernaan

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Kalau fakta yang ini mungkin kamu sudah banyak yang tahu ya. Bahwa ternyata, proses pencernaan manusia itu ada dua proses utama yang dilalui, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.

Pencernaan mekanik itu saat kita mengunyah makanan menjadi berukuran lebih kecil. Nah, kalau yang kimiawi, saat makanan memasuki sistem pencernaan yang lebih dalam. Ketika makanan diolah oleh enzim dan zat kimia lain yang ada dalam sistem pencernaan.

Ternyata, Gravitasi Nggak Berpengaruh Sama Sistem Pencernaan Kita

unikamu.blogspot.com
unikamu.blogspot.com

Tentu kamu tahu gravitasi kan? Itu lho, hukum alam yang menjelaskan tentang kenapa benda bisa jatuh ke bawah. Nah, ternyata, sistem pencernaan ini unik lho. Walaupun di dunia ini nggak ada gravitasi, makanan tetap akan turun ke bawah.

Hal ini disebabkan karena adanya gerak peristaltik yang ada di sistem pencernaan. Gerak peristaltik ini adalah gerakan otot-otot kerongkongan, yang menyempit dan melonggar. Kalau dilihat mungkin seperti gelombang yang akan mendorong makanan masuk ke bawah.

beastskills.com
beastskills.com

Saking hebatnya sistem pencernaan, bahkan ketika kita menggantungkan diri kita, makanan itu masih bisa masuk ke dalam perut. Luar biasa bukan?

Tinggalkan komentar