7 Situs Gratis Penyedia Foto Berkualitas Tinggi untuk Keperluan Media Kamu

barangkali dalam keseharian kamu membutuhkan berbagai foto gratis yang bisa kamu gunakan sebebasnya. Entah akan kamu edit untuk keperluan pribadi maupun keperluan kerja atau komersial.

Nah, kalau kamu kesulitan menemukan foto – foto berkualitas tinggi dengan label gratis dan bisa kamu gunakan untuk apapun saja, 7 web di bawah ini bisa membantu kamu.

Pexels

pexels.com

Seluruh foto yang ada pada website Pexels kepemilikannya berada di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0). Artinya, seluruhnya gratis untuk kamu gunakan bagaimana pun kamu mau.

Foto di laman Pexels gratis untuk digunakan sebagai keperluan pribadi. Bahkan gratis untuk kepentingan komersial. Kamu dapat melakukan editing, copy dan menyebarkan foto dari Pexels, tanpa perlu meminta izin kepada Pexels.

Setiap harinya di Pexels terdapat update sekitar 20 foto baru dengan kualitas tinggi. Kamu juga dapat mengirimkan karya fotografi kamu untuk digunakan oleh banyak orang di dunia.

Satu yang paling menarik adalah Pexels sering kali mengadakan challenge atau semacam lomba foto. Lomba ini dinilai oleh fotografer profesional dan diambil 3 foto terbaik sebagai pemenangnya.

All The Free Stock

allthefreestock.com

Website penyedia foto gratis ini tidak hany amenyediakan foto. Kamu bisa mendapatkan template website gratis, ikon unik gatis, font gratis, sound effect gratis dan bahkan video stok gratis yang mungkin sesuai dengan keperluan kamu.

Web ini dimiliki oleh seorang konsultan atau analis search engine optimization (SEO) bernama Saijo George. Saijo kini tinggal di Melbourne, Australia dan kerap mengadakan diskusi terbuka tentang pengembangan web di Melbourne.

DesignerPics

designerspics.com

Nah, lewat web yang satu ini kamu juga dapat mendapatkan gambar – gambar gratis dengan kualitas high resolution yang cukup bagus. Pengembang web ini adalah Jeshu John yang tinggal di Kochi, India.

Jeshu adalah seorang web designer dan developer yang juga menyukai fotografi. Semua gambar yang tersedia pada  website ini adalah gratis untuk keperluan pribadi atau komersial karena semuanya dipotret sendiri oleh Jeshu.

Unsplash

unsplash.com

Inilah salah satu web gratis penyedia foto berkualitas terbaik. Pemilik web ini adalah sekelompok orang yang tergabung dalam Crew Labs Inc. Lisensi foto yang digunakan mengadopsi sistem Creative Commone Zero (CC0).

Orang – orang yang tergabung dalam CC0 telah mendedikasikan karya – karya foto mereka untuk dijadikan gratis seutuhnya. Di Unsplash ini isi konten website selalu terbarui dengan 10 foto baru tiap 10 hari.

Kalau kamu ingin turut berkontribusi, kamu juga bisa memilih opsi ‘submit a photo’. Bahkan komunitas di Unsplash ini sering melakukan kopi darat di beberaa region tertentu.

Hal yang paling baru adalah Unsplash akan menerbitkan buku berisi kumpulan foto – foto terbaik yang akan terbit pada musim dingin tahun 2016 ini. Bagaimana? Kamu tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini?

Foodies Feed

foodiesfeed.com

Kalau kamu membutuhkan foto – foto khusus bertema makanan, Foodies Feed adalah tempat yang paling tepat. Website ini dibuat oleh Jakub pada bulan April tahun 2014.

Jakub bekerja sama dengan banyak blogger, penulis, desainer, web developer, app developer. Tentu saja semua yang yang bekerja sama dengan Jakub memiliki ketertarikan yang sama tentang foto bertema makanan.

New Old Stock

nos.twnsnd.co

Nah, kalau website yang satu ini juga menyediakan foto bertema khusus, idenya sama seperti Foodies Feed di atas. Bedanya, foto yang tersedia di website ini khusus foto yang bertema vintage atau yang berhubungan dengan sejarah.

Gambar – gambar yang ditawarkan New Old Stock memang berasal dari arsip publik. Oleh karena itu, foto – foto dari web ini hanya dierbolehkan untuk penggunaan pribadi dan bukan secara komersial.

Cupcake

cupcake.nilssonlee.se

Satu lagi web penyedia foto gratis dengan sistem lisensi CC0 adalah Cupcake. Website ini adalah milik Nilsson Lee, seorang fotografer profesional. Foto – foto gratis yang ada di Cupcake pun seluruhnya adalah hasil jepretan kamera Nilsson.

Tinggalkan komentar