Berbahagialah Wahai Pembelajar Sejati, 11 Situs Edukasi Ini Bisa Kamu Nikmati Secara Gratis

Zaman sekarang media pembelajaran sudah bertebaran di mana-mana. Mau yang gratis atau berbayar tinggal pilih mana yang disuka. Media pembelajaran yang gratis juga sebenarnya tak kalah hebatnya dengan yang berbayar. Pastinya hal ini adalah berkah tersendiri bagi para pembelajar sejati di zaman sekarang ini.

Nah, jika kamu salah satu pembelajar sejati itu, maka kamu harus berbahagia. Karena ada beberapa orang yang peduli menyediakan materi edukasi berkualitas yang dapat diakses secara online. Mereka ini mengemasnya dalam sebuah situs website yang memiliki penampilan menarik.

Lantas, situs website apa saja kah yang bisa djadikan tempat pembelajaranmu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

CodeAcademy

codeacademy.com

Situs ini sangat cocok buat kamu yang ingin belajar pemrograman di era teknologi seperti ini. CodeAcademy menawarkan program interaktif untuk mempelajari CSS, HTML, Javascript, serta PHP. Waaw, cocok banget kan buat kamu yang ingin jadi seorang programmer?

LearnVest

learnvest.com

Situs ini sangat peduli pada kondisi anggotanya. Dia akan membantu para anggotanya dengan menghitung anggaran untuk dirinya serta usahanya, termasuk bagaimana mengembangkannya.

Niche Consultant Courses

nicheconsulting.co.nz

Situs ini dibangin oleh Natalie MacNeil dan MyOwnBusiness. Di situs ini kamu bisa memperoleh ruang untuk konsultasi mengenai bisnis atau usaha dengan mentor-mentor yang merupakan seorang pebisnis handal.

edX

edx.org

Semua materi yang ada di situs ini bisa kamu nikmati secara gratis. Mulai dari analisis finansial hingga pembuatan keputusan. Bukan hanya tentang kemampuan praktis, namun materi mengenai analisis canggih juga tersedia di sini. Misalnya seperti big data serta konservasi lingkungan.

Khan Academy

khanacademy.org

Situs ini merupakan salah satu media belajar secara gratis yang cukup unik. Alasannya adalah situs ini bisa memberikan materi secara lengkap sesuai umur dan tingkat pendidkan yang bisa kamu pilih sendiri.

MIT Open Courseware

ocw.mit.edu

Mungkin jarang sekali ada universitas yang rela membagikan materinya secara gratis. Nah, Massachusetts Institute of Technology ini berbeda, karena mereka mau berbaik hati membagikan materinya secara gratis.

Universitas ini sendiri berkelas top-notch untuk dua hal yakni iptek dan bisnis. Jadi, jangan sampai kamu menyiakan kesempetan ini ya.

Youtube

youtube.com

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Yap, Youtube merupakan sebuah situs yang memberikan pondasi kegiatan berbagi video terbesar di dunia. Tak heran banyak sekali terdapat berbagai macam materi atau presentasi yang sangat menarik di situs ini.

Kutztown University of Pennsylvania

kutztown.edu

Buat kamu yang menyukai kajian ekonomi, maka situs ini adalah tempat yang pas untuk dijadikan media belajar. Situs Kutztown menawarkan berbagai materi praktis untuk perencanaan bisnis, wirausaha, operasi dan manajemen, serta pajak bisnis kecil.

Open Culture

openculture.com

Open Culture merupakan sebuah situs interaktif. Di sini kamu bisa memberikan kontribusi dengan menggunggah konten pendidikan. Situs ini dibangun atas kesadaran pentingnya untung saling memberi serta menerima ilmu antara yang satu dengan yang lainnya. Bukan hanya e-book, audio dan video pun menjadi media pembelajaran di sini.

Alison

alison.com

Alison merupakan sebuah situs yang berisi materi khususnya dibidang teknologi digital dan sains. Materi yang ada di sini adalah hasil kolaborasi antara Google, MacMillan, dan Microsoft. Alison kini mempunyai sekitar 4 juta anggota yang terdaftar di situs mereka.

Saylor

saylor.org

Situs ini menawarkan pelajaran gratis dengan konsep bekerja bersama berbagai macam universitas di level internasional. Yang bikin kerennya, materi yang ditawarkan di sini setara dengan silabus program sarjana.

Demikian beberapa situs gratis yang bisa dijadikan media pembelajaranmu. Nah, kalau sudah tahu tentang situs-situs ini, tak ada lagi alasan buat kamu untuk berhenti belajar, oke?

Tinggalkan komentar