Tips Supaya Acara Snorkelingmu di Umbul Ponggok Berjalan Aman Tanpa Kendala

Kalau kamu lagi ada di Yogyakarta, sempatkanlah datang menuju Klaten, masih berada di Jawa Tengah kok, tepatnya di desa Ponggok, Polanharjo. Jika kamu bertanya ada apa disana? Maka, jawabannya adalah “keseruan”.

Karena, ketika kamu datang kesini, kamu bisa berenang dan snorkeling di kolam alami yang airnya dialiri langsung dari sumber mata air. Kolam yang memiliki kedalaman antara 1.5 sampai 2.6 meter ini airnya sangat jernih dan dingin, jadi seger banget deh buat dipakai berenang.

Terus, disaat kamu melihat ke dasar kolam, akan ada banyak ikan warna-warni yang berenang ria dan bebatuan yang memang sengaja diletakkan disana. Kalau nggak ada ikan dan bebatuan, kamu snorkeling mau lihat apa, ya kan?

Maka dari itu, tempat snorkeling buatan ini seru banget untuk dikunjungi, bahkan nggak jarang kolam ini dijadikan pula sebagai tempat latihan diving bagi beberapa orang. Karena memang aman digunakan sebagai tempat latihan.

Nah, apabila dirimu penasaran dan tertarik untuk bersnorkeling ria disini, ada beberapa tips nih yang bisa kamu ikuti. Supaya acara snorkelingmu di Umbul Ponggok tetap aman dan tanpa kendala. Check this out.

Kamu Harus Tahu Alat Apa Saja yang Akan Digunakan

www.umbulponggok.com

Karena tujuan utamamu datang kesini untuk snorkeling, maka, pelajarilah dulu alat-alat yang kamu butuhkan untuk melakukan kegiatan tersebut. Kalau kamu nggak punya satu pun alat untuk snorkeling, disini ada tempat yang menyewakannya kok.

Kamu bisa meminjam beberapa alat snorkeling di Umbul Ponggok, seperti snorkel, masker selam dan sepatu katak. Kalau kamu sudah mendapatkan alat-alat itu, tanyakan saja penyedia alatnya, masing-masing fungsi dari alat tersebut.

Misalkan saja di masker selam yang berguna untuk menyegel mata dan hidungmu ketika berada di dalam air. Lalu sepatu katak yang mampu membuat daya dorong lebih kuat lagi dan snorkel atau tabung selang yang akan membantumu bernafas melalui mulut.

Terus, kalau kamu nggak bisa berenang, kamu hanya perlu menggunakan jaket pelampung saja kok, supaya badanmu tetap dapat mengambang ketika masuk ke dalam air.

Pastikan Semua Peralatan Sudah “Oke”

en.wikipedia.org

Nah, sebelum masuk ke kolam, pastikan semua peralatan yang akan kamu gunakan itu sudah “oke”. Misalkan saja di masker dan sepatu katak, cek lagi apakah sudah pas untuk dipakai atau malah longgar bahkan terlalu sempit.

Begitu juga dengan pelampungnya, dicoba saja dulu, apa sudah pas dibadan atau belum, pastikan juga bahwa pelampungnya aman dan nggak sobek. Terus perhatikan juga alat snorkelnya, apa masih layak dan bisa membantumu bernafas dengan baik di dalam air.

Jangan lupa juga untuk memastikan kebersihan alat snorkelingnya sebelum dipakai. Kan alat itu bukan kamu aja yang pakai, meski sudah dibersihkan saya yang menyewakan, baiknya, kamu bersihkan lagi deh sebelum digunakan.

Ikuti Prosedur yang Telah Ditetapkan

www.nunggumacet.com

Nah, ketika semua alat yang kamu butuhkan sudah digunakan, sekarang saatnya untuk mulai masuk ke dalam kolam. Walau kamu nggak bisa berenang, pelampung yang kamu gunakan akan menjagamu dengan baik kok, jadi kamu akan aman berada di dalam kolam.

Kan kamu mau lihat cantiknya ikan yang sedang berenang di dalam air, jadi bisa melawan ketakutanmu untuk masuk kolam dong? Ikuti saja petunjuk dari mas-mas pemandu yang mendampingimu saat disana.

Asalkan kamu nurut dan tetap tenang, maka semua bisa aman terkendali. Yang pasti, jangan jauh-jauh dari pemandu dan temanmu kalau kamu emang bener-bener nggak bisa berenang.

Belajar Teknik Clearing Sebelum Snorkeling

www.amazon.in

Teknik clearing ini perlu banget buat kau tahu lho, karena, saat masker atau snorkelmu tiba-tiba saja kemasukan air, kamu bisa membersihkannya tanpa perlu ragu lagi. Membersihkannya pun bisa dilakukan tanpa membuka masker kok.

Tarik saja nafas dalam-dalam dari mulut, terus keluarkan kuat-kuat melalui hidung sampai air bercampur dengan udara dan keluar dengan sendirinya. Nah, kalau tabung snorkelmu juga kemasukan air, cara membersihkannya hampir sama dengan membersihkan masker.

Kamu naik ke permukaan air, terus tarik nafas dan hembuskan dari mulut sampai nantinya air keluar. Dan kamu bisa snorkeling lagi deh.

Tinggalkan komentar