Sebelum Facebook Tercipta, 5 Sosial Media Ini Menjadi Idaman Para Netizen Indonesia

Di zaman sekarang yang serbah canggih ini, jika ditanya media sosial apa yang sering kamu pakai? Tentu rata-rata pasti menjawab Facebook. Yaps, memang harus diakui media sosial buatan Mark Zuckerberg ini kini menjadi media sosial paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Namun taukah kamu, sebelum Facebook banyak digunakan seperti sekarang ini. Di sekitar tahun 90an sampai awal 2000an, ada kurang lebih lima media sosial yang sangat menarik perhatian para pengguna internet. Lantas, apa saja kelima media sosial tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

AOL, Dulu Pusatnya Berinteraksi di Dunia Maya

thenextweb.com

Buat kamu yang di pertengahan tahun 90an sudah punya komputer, tentu sudah familiar dengan yang namanya AOL. Yaps, AOL ini dulunya adalah pusat berinteraksi di dunia maya. Di media sosial ini terdapat fitur AOL Instant Messeger (AIM) yang digunakan oleh penggunanya sebagai ruang chatting yang seru.

Pada tahun 2001, AOL serta Time Warner menjalin sebuah kerja sama bisnis dan berubah menjadi sebuah perusahaan media. Akan tetapi, hal ini menjadi bencana tersendiri serta merupakan salah satu fenomena terburuk di sepanjang sejarah bisnis.

AOL tidak dapat mengikuti perkembangan zaman serta teknologi yang begitu cepat. Sungguh menyedihkan tentunya.


mIRC

techworld.com

Kalau kamu termasuk orang yang sering ke warnet, pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan chatting bernama mIRC. Di dalam layanan ini sering terdengan isitiah “asl pls” atau “asl plz”. Kalimat itu biasanya digunakan ketika ingin berkenalan dengan seseorang.

Asl sendiri adlah singkatan dari age, sex, location. Sedangkan plz/pls adalah singkatan dari please. Jika memang dirasa cocok ketika berinteraksi, biasanya akan dilanjut dengan mengajak bertemu secara langsung.

Nah, mungkin ada yang bertanya kapan sih mIRC pertama kali dibuat? Media sosial dengan layanan chatting ini pertama kali dibuat pada tahun 1995.


Second Life

impactsocialmedia.net

Mungkin media sosial yang satu ini kurang terkenal di Indoensia. Namun begitu, media sosial ini cukup menarik untuk kita ketahui. Second Life didirikan oleh Linden Tab pada tahun 2003. Adapun tujuan dibuat media sosial ini adalah supaya para pengguna bisa saling berkomunikasi dan berinterkasi di dunia maya.

Second Life dapat membuat para penggunanya mempunyai kehidupan kedua. Di kehidupannya yang berada di dunia maya, para penggunanya banyak yang mengaku memiliki kehidupan yang seru dan menyenangkan.

Akan tetapi, karena ketidakstabilan infrastuktur perusahaan ini ditambah para penggunanya yang mulai banyak beralih ke Facebook, akhirnya Second Life semakin meredup serta hilang kepopulerannya.


Friendster

mfahmia2705.blogspot.com

Sebelum adanya Facebook, Friendster adalah media sosial yang paling populer. Hanya dalam jangka waktu 3 bulan sejak pertama kali muncul, sudah ada lebih dari 3 juta pengguna aktif setiap bulannya. Pendiri Friendster bernama Jonathan Abrams.

Saking populernya Friendster pada waktu itu, Google sempat menawarkan mahar kepada Jonathan Abrams sebesar 30 juta dollar. Akan tetapi, pendiri Frienster tersebut memilih untuk mengambil investasi modal bentuk ventura serta berusaha untuk terus mengembangkan perusahannya.

Bagi kamu pengguna Friendster, tentu sudah tidak asing lagi dengan serunya mengganti template atau wallpaper Friendster kamu.Selain itu, saling berbagi informasi dan berinteraksi di halaman Frienster pun menjadi suatu hal yang mengasyikkan.

Namun sayangya, di sekitar tahun 2008 atau 2009, Friendster makin lama makin meredup. Hal ini dikarenakan Friendster tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, ditambah Facebook yang mulai semakin banyak penggunanya pada waktu itu.


Myspace, Media untuk Mempromosikan Hasil Karya Musik

sigmalive.com

Bagi kamu pecinta musik, tentu cukup familiar dengan media sosial yang satu ini, Myscape didirikan oleh Chris DeWolf dan Tom Anderson pada tahun 2003. Mereka membuat Myspace karena merasa kesal dengan inftastuktur Friendster yang dianggap kurang.

Pada tahun 2006, Myspace sudah mempunyai pengguna aktif lebih dar 100 juta setiap bulannya. Di dalam perjalannya, kemudian NewsCrop membeli Myspace dengan harga sekitar 580 juta dollar. Sampai akhirnya pada tahun 2007 nilai perusahaan ini melejit hingga 12 miliar dolar.

Namun pada tahun 2007, Myspace mulai kehilangan para pengguna aktifnya. Hal ini dikarenakan para penggunanya mulai beralih ke Facebook yang pada waktu itu mulai populer dikalangan para pengguna internet.

Demikian beberapa media sosial yang dulunya sempat popelur sebelum adanya Facebook. Nah, dari beberapa media sosial di atas, mana saja yang sempat kamu gunakan?


Tinggalkan komentar