6 Strategi Pemasaran yang Akan Meningkatkan Profit Bisnismu

Salah satu faktor utama yang bisa menentukan gagal atau tidak nya sebuah bisnis adalah strategi marketing. Strategi marketing adalah pintu pertama yang mempertemukan penjual dan pembeli. Dengan menentukan strategi marketing yang baik, sebuah bisnis bisa menginjakkan satu kakinya di tangga kesuksesan.

Strategi marketing pada intinya adalah cara untuk membuat calon pembeli tertarik untuk membeli barang/jasa kita. Caranya bisa berbagai macam, bisa menggunakan ilmu psikologis atau menggunakan cara-cara promosi yang sudah banyak diketahui.

Ingin mengetahui strategi pemasaran terbaik untuk bisnis kamu? Berikut ini adalah beberapa strategi marketing yang bisa membuat bisnis kamu untung berlipat ganda.

 

Riset Pasar

www.gaia-vsm.com
www.gaia-vsm.com

Untuk mengawali sebuah bisnis, kamu harus memiliki pandangan tentang target pasar kamu. Setiap bisnis memiliki pasar yang menjadi sasaran penjualan. Lakukan riset pasar sebelum kamu memutuskan menjual barang atau bahkan sebelum memulai bisnis. Cari apa yang memang dibutuhkan oleh pasar yang menjadi sasaran kamu.

Tentukan segmen pasar yang menjadi calon pembelimu. Misalnya dalam penjualan tas mewah, kamu harus menargetkan orang dengan penghasilan kelas atas. Bisa juga kamu melakukan segmentasi melalui jenis kelamin, contohnya ketika kamu memilih segmen perempuan, kamu bisa memilih hijab sebagai barang yang akan kamu jual.

Bangun Hubungan

montrealfreelancedesigner.com
montrealfreelancedesigner.com

Ketika masuk dalam tahap marketing awal, jangan hanya memikirkan tentang keuntungan yang akan didapat. Bangun hubungan dengan para pelanggan, jadikan bisnis kamu bermanfaat bagi pelanggan. Misalnya kamu bisa memberikan informasi-informasi menarik yang dapat bermanfaat bagi pelanggan yang kamu targetkan. Contohnya kamu memberikan informasi tentang cara merawat kucing persia kepada pelanggan ketika kamu ingin berbisnis makanan kucing.

Membangun hubungan akan berdampak baik terhadap kelangsungan bisnis kamu, hubungan yang baik dengan pelanggan akan mempermudah kamu untuk menyiapkan strategi marketing selanjutnya.

Strategi Timbal Balik

montrealfreelancedesigner.com
montrealfreelancedesigner.com

Strategi pemasaran tidak hanya bertumpu pada mencari keuntungan, sedikit pengorbanan bisa membuat bisnis kamu semakin membaik kedepanya. Misalnya dengan memberikan hadiah kepada pelanggan setiamu. Dengan cara itu kamu bisa menaikkan nilai dari bisnis kamu, terutama di mata para pelanggan.

Pelanggan yang puas dapat memberikan testimoni yang bagus untuk bisnismu, itu akan menjadi salah satu alat promosi gratis dan tidak terbatas.

Lakukan dengan Komitmen

www.shyamalakiru.com
www.shyamalakiru.com

Keberhasilan sebuah bisnis bukan hanya disebabkan oleh faktor teknis saja. Sikap kejujuran dan komitmen menjadi sebuah hal penting bagi keberlangsungan sebuah bisnis.

Berikan kualitas terbaik kepada pelangganmu, berkomitmenlah untuk tetap menjaga kualitas barang yang kamu berikan. Jujurlah dalam setiap hal yang  khususnya berkenaan dengan transaksi kepada pembeli. Kedua hal ini akan meningkatkan kredibilitas bisnis kamu di mata pelanggan.

Strategi Kelangkaan Produk

www.lifeastraveler.com
www.lifeastraveler.com

Setelah kamu menggunakan cara-cara yang berkaitan dengan ilmu psikologis diatas, saatnya kini kamu menggunakan hal teknis dalam strategi pemasaran. Ketika suatu barang sangat dibutuhkan oleh orang lain, namun barang tersebut langka atau hampir habis itulah saatnya kamu melakukan promosi dengan baik.

Misalnya ketika masa liburan datang, salah satu barang yang dibutuhkan adalah tiket pesawat. Dengan memberikan diskon atau bonus, kamu bisa mempercepat proses penjualan. Selain itu, untuk meningkatkan keuntungan, kamu bisa menaikkan harga tiket tadi. Karena mau tidak mau, pembeli akan membeli tiket karena takut kehabisan. Ingat, jangan naikan harga terlalu berlebihan, bisa jadi itu bisa membuat nilai bisnis kamu turun di mata pelanggan.

Sebaliknya, kamu bisa menyediakan dengan jumlah yang lebih dari biasanya untuk meningkatkan cash flow bisnis kamu.

Strategi Pemasaran Verbatim Effect

www.factsandopinions.com
www.factsandopinions.com

Kondisi dimana seseorang mengingat garis besarnya saja dan melupakan tentang detail adalah definisi dari verbatim effect. Kamu bisa menggunakan strategi ini untuk meningkatkan profit bisnismu.

Lihat juga: Inilah 9 Bisnis Modal Kecil yang Bisa Kamu Coba

Verbatim effect dapat diaplikasikan ketika kamu membuat nama untuk produk kamu. Selain itu kamu juga dapat mengaplikasikanya dengan memberikan judul yang menarik pada saat proses promosi. Buatlah judul semenarik mungkin untuk membuat calon pembeli tertarik.

Satu pemikiran pada “6 Strategi Pemasaran yang Akan Meningkatkan Profit Bisnismu”

Tinggalkan komentar