Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN Рada 2 jaringan pada tumbuhan ialah jaringan permanen (dewasa) dan jaringan meristem (embrional).

Jaringan Dewasa

jaringan dewasa
http://kakakpintar.com

1. Jaringan pengangkut

  • Xylem yaitu jaringan yang tersusun dari unsure pembuluh, trakeid, trake, serabut xylem dan parenkim xylem yang memiliki fungsi mengangkut mineral dan air dari dalam tanah melalui akar sampai daun.
  • Floem yaitu jaringan yang tersusun dari sel pengiring, pembuluh tapis, serabut floem, dan parenkim floem yang memiliki fungsi untuk mengangkut hasil fotosintesisi dari daun keseluruh bagian tumbuhan.

2. Jaringan Mekanik (penguat)

  • Jaringan sklerenkim yaitu sel-selny mati, mengalami penebalan oleh lignin
  • Jaringan kolenkim ialah sel-selnya hidup mengalami penebalan zat selulosa pada dinding selnya.

3. Jaringan Parenkim (dasar)

Jaringan dasar yang banyak akan ruang antar sel, misalnya jaringan parenkim spons, tempat fotosintesis berlangsung, palisade, disamping sebagai tempat fotosintesis juga sebagai tempat menyimpan hasil fotosintesis.

4. Jaringan Pelindung

  • Jaringan gabus, apabila epidermis rusak maka digantikan dengan jaringan gabus yang dibedakan atas peridermis, endodermis dan eksodermis
  • Jaringan epidermis yang melindungi jaringan yang ada didalamnya, seperti trikoma, stomata dan derivate epidermis.

Jaringan Mersitem

jaringan meristem
blogspot.com

Jaringan mudah, jaringan yang selalu aktif membelah, seperti interkalar, sekunder/lateral, pucuk/apical/primer/meristem)

Struktur Organ Pada Tumbuhan

Struktur Organ Pada Tumbuhan
http://web.ipb.ac.idf

Terdiri atas: daun, batang, akar sebagai organ tuama, kemudian biji, buah dan bunga akan terbentuk sebagai organ tambahan.

1. Akar

Secara umum, akar memiliki fungsi untuk melekatnya tumbuhan pada media, menyerap air serta unsur hara, menopang tegaknya batang, cadangan makanan, tempat menyimpan, dan alat pernafasan.

2. Batang

Batang pada umumnya memiliki fungsi untuk mengangkut unsur hara dan air dari akar, memperluas tajuk tumbuhan dalam efisiensi menangkap cahaya matahari, tempat tumbuh organ generative, efiensi pemancaran dan penyerbukan benih, tempat penyimpanan cadangan makanan.

3. Daun

Daun berguna sebagai tempat fotosintesis yaitu tempat terjadinya transpirasi dan gutasi, pertukaran dan transpirasi gas pada stomata, penyimpangan cadangan makanan pada vakuola amilum.

4. Bunga

Bunga mempunyai fungsi dalam menghasilkan alat perkembangbiakan. Bunga akan berkembang lebih lanjut untuk membentuk biji dan buah.

5. Biji dan Buah

Buah adalah perkembangan dari bakal buah. Buah yang seluruhnya terbentuk dari bakal buah yang disebut sebagai buah sejati atau mangga, sementara yang terbentuk dari bakal buah serta bagian lain dari bunga disebut jambu monyet atau buah semu.

Sekian sedikit pembahasan mengenai struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar