in

Struktur Teks Cerita Sejarah Lengkap dengan Contohnya

Struktur Teks Cerita Sejarah
Sumber: siswa.top

STRUKTUR TEKS CERITA SEJARAH – Peristiwa sejarah yaitu peristiwa yang sudah pernah terjadi di waktu yang jauh atau masa lampau. Artinya teks cerita sejarah adalah suatu teks atau tulisan yang berisikan deretan cerita-cerita yang menceritakan peristiwa yang sudah berlangsung.

Pada cerita sejarah biasanya yang dibicarakan adalah peristiwa yang berkaitan dengan perkembangan masyarakat, kesinambungan yang masih berlangsung di masyarakat, atau perubahan yang terjadi di masyarakat.

Cerita sejarah biasanya bersifat edukasi dan perlu dipelajari untuk mengetahui peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi. Karena peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi tersebut memiliki peran penting pada perubahan masa sekarang. Sehingga perlu dikenang dan dijaga perubahan yang disebabkan karena sejarah tersebut.

Untuk mengenang dan menjaga perubahan yang disebabkan karena peristiwa-peristiwa tersebut, maka dibuatlah catatan-catatan teks yang berisikan urutan-urutan peristiwa sejarah. Pembahasan tentang ini merupakan pembahasan materi anak sekolah, mungkin bagi yang masih sekolah artikel ini bisa membantu dalam kegiatan belajar.

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Struktur Teks Cerita Sejarah
Sumber: siswa.top

Teks cerita sejarah adalah catatan-catatan yang menjelaskan cerita atau peristiwa mengenai fakta yang pernah terjadi di masa lampau dan memiliki nilai sejarah. Teks cerita sejarah pada umumnya berisikan pengertian atau definisi, struktur teks cerita sejarah, kaidah pembahasan, dan contoh cerita sejarah untuk memperjelas.

Mempelajari unsur-unsur yang ada dalam teks cerita sejarah tentunya sangat diperlukan, supaya catatan-catatan sejarah bisa tersusun dengan benar, nyambung, dan mudah dipahami saat dibaca. Apabila teks cerita sejarah dibuat dengan asal-asalan tentu tidak menutup kemungkinan alur cerita bisa salah, susah dipahami, dan berakibat kekeliruan pengetahuan tentang sejarah yang dipelajari.

Oleh karena itu, sebelum kita membuat teks sejarah sebaiknya pelajari dulu apa saja urutan-urutan atau tahapan dalam membuat teks sejarah. Untuk hal ini kita perlu mempelajari yang namanya struktur teks cerita sejarah.

Struktur Teks Cerita Sejarah

sejarah teks cerita sejarah
Sumber: rankingkelas.com

Struktur teks cerita sejarah adalah suatu deskripsi atau gambaran bagaimana membangun suatu teks yang menceitakan suatu sejarah. Dalam membuat cerita teks sejarah kita harus memperhatikan struktur-struktur teksnya, apakah sudah sesuai dengan standar untuk membuat teks cerita sejarah atau belum.

Untuk mempermudah hal ini, dalam dunia materi pembelajarannya sudah dibuatkan standar struktur teks cerita sejarah. Hal ini tentu merupakan hal yang sudah didiskusikan oleh pihak yang berwenang. Apa saja struktur pembuatan teks cerita sejarah? Berikut ini adalah struktur teks cerita sejarah yang sudah ada dan perlu untuk diketahui sebelum membuat sebuah teks yang berisikan cerita sejarah.

1. Orientasi

Orientasi yaitu tahapan atau struktur paling pertama disampaikan dalam pembuatan teks cerita sejarah. Isi pada bagian struktur ini yaitu tahapan pembukaan cerita sejarah dan sedikit menyinggung ke tema sejarah yang akan dibahas.

2. Urutan Peristiwa

Pada urutan struktur ini berisikan tahapan urutan peristiwa yang berdasarkan dengan sumber seperti rekaman peristiwa yang berurutan dari waktu pertama terjadinya peristiwa sejarah tersebut. Jadi pada tahap struktur ini harus benar-benar hati-hati, karena pada tahap ini inti dari sejarah tersebut diceritakan.

3. Reorientasi

Reorientasi merupakan tahapan yang berisikan pendapat atau pilihan yang sifatnya pribadi dari penulis, biasanya bersifat komentar terhadap sejarah yang sudah ditulis. Jadi pada urutan struktur ini penulis bisa menulis apa saja yang besifat komentar dan bisa juga ajakan atau sebagainya yang masih berhubungan dengan cerita sejarah tersebut.

Ketiga struktur tersebut merupakan struktur dasar dalam pembuatan teks cerita sejarah atau yang biasa disebut dengan struktur teks cerita sejarah. Jika sudah memenuhi struktur tersebut berarti teks tersebut sudah memenuhi standar teks cerita sejarah.

Pengetahuan tentang struktur teks cerita sejarah tentu bermanfaat apabila kita akan membuat suatu teks yang berisikan tentang cerita sejarah. Selain struktur teks cerita sejarah, ada hal lain yang perlu diketahui dalam teks cerita sejarah, yaitu kaidah kebahasaan yang dipakai dalam teks cerita sejarah.

Kaidah Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Dalam proses mengenali teks cerita sejarah tentu tidak lengkap apabila hanya mengetahui pengertian teks cerita sejarah dan struktur teks cerita sejarah. Untuk mempermudah mengenali dan memahai sebuah teks cerita sejarah kita perlu tahu kaidah teks cerita sejarah yang diterapkan. Tujuannya apabila ingin membuat tek cerita sejarah jadi lebih mudah.

Di dalam suatu teks cerita sejarah ada hal yang bisa dengan mudah kita kenali, yaitu kaidah kebahasaan yang dipakainya. Jadi kaidah kebahasaan bisa dipakai untuk mengetahui ciri-ciri suatu teks cerita sejarah. Apa saja ciri-ciri dari kaidah kebahasaan yang dipakai dalam teks cerita sejarah? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Kata Ganti

Kata ganti atau biasa disebut juga dengan pronomia adalah suatu jenis kata yang dipakai untuk menggantikan nomina atau frasa nomina kemudian dalam penggunaan kata ganti untuk nama seseorang. Seperti kata saya, ini, nya, kapan, dan lainnya.

2. Kata Keterangan

Kata keterangan atau bisa disebut juga dengan frasa adverbial yaitu suatu jenis kata yang menunjukan waktu, peristiwa, kejadian, dan tempat. Seperti kata tahun lalu, minggu lalu, tadi malam, dan sebagainya.

3. Kata Kerja Material

Kata kerja material atau biasa disebut juga dengan verba material merupakan suatu jenis kata yang mempunyai fungsi sebagai penujuk sebuah perbuatan yang nyata dan sudah dilakukan oleh partisipan. Seperti kata kerja material memasak, membaca, membersihkan, dan sebagainya.

4. Kata Sambung Waktu

Kata sambung waktu bisa disebut juga dengan konjungsi temporal. Kata sambung waktu yaitu suatu jenis kata yang memiliki fungsi menata urutan terjadinya peristiwa sejarah yang diceritakan. Pada teks cerita sejarah biasanya banyak menggunakan dan memanfaatkan kata penghubung temporal.

Ke 4 ciri-ciri tersebut tentu bisa membantu dalam memahami dan mengetahui teks cerita sejarah. Jadi, dalam teks cerita sejarah setidaknya ada ciri-ciri di atas untuk mempermudah mengenali isi yang berkaitan dengan sejarah dalam struktur teks cerita sejarah.

Contoh Teks Cerita Sejarah

daftar pustaka makalah
pixabay.com

1. Bagian Orientasi

Internet merupakan suatu jaringan komputer yang awal mulanya dibuat oleh departemen pertahanan milik Amerika Serikat di tahun 1969. Tujuan dari pembuatan atau penciptaannya internet adalah untuk keperluan militer.

Sistem pertama yang digunakan yaitu sistem yang berbasis UNIX, yang mendemostrasikan perangkat keras dengan perangkat lunak untuk keperluan komunikasi jarang jauh yang tidak terjangkau oleh sambungan telefon dulu.

Demontrasi yang dilakukan meliputi ketangkasan jaringan, bentuk, dan kapasitas informasi jaringan yang bisa dipindahkan.  Akhirnya setelah melalui uji coba sampai uji ARPANET yang bertujuan untuk menentukan pembangunan suatu protokol baru. (internet protokol).

Seperti yang dibahas di atas bahwa tujuan dibuatnya internet yaitu untuk kepentingan militer saja. Waktu itu departemen pertahanan Amerika Serikat menempatkan beberapa komputer di tempat atau daerah yang menjadi titik vital.

Dan dibikinnya jaringan internet antara daerah-daerah yang menjadi titik vital bertujuan untuk mengantisipasi serangan nuklir dan serangan lainnya.

2. Bagian Urutan Peristiwa

Pada mulanya ARPANET hanya untuk menghubungkan kurang maksimal 4 situs saja, yaitu University of California, University of Utah, Standford Research Instittute, dan Santa Barbara. Ke 4 situs tersebut membentuk suatu jaringan yang terpadu pada tahun 1969 yang lalu.

Pada bulan Oktober 1972 Arpanet secara resmi diluncurkan. Seiring berjalannya waktu proyek tersebut semakin berkembang dan menjadi luas sampai keseluruh daerah Amerika Serikat. Hal tersebut membuat berbagai Universitas antusias untuk ikut bergabung.

Karena banyaknya Universitas yang ingin ikut berantusias, akhirnya Arpanet dipecah menjadi 2 bagian. Bagian tersebut bernama Milnet untuk keperluan militer, dan Arpanet baru untuk keperluan non militer. Ke 2 sistem tersebut diberi nama DARPA Internet. Seiring perkembangan zaman dan semakin banyaknya pengguna sistem tersebut akhirnya mengalami bentuk kesderhanaan nama yaitu internet.

3. Bagian Reorientasi

Sistem internet hingga kini sudah menjadi suatu yang penting bagi banyak orang. Seperti orang perkantoran, anak sekolah, dan orang umum lainnya. Tentunya akses internet bagi orang banyak merupakan sarana mencari sumber informasi yang paling mudah dan cepat.

Demikian informasi seputar teks cerita sejarah yang bisa disampaikan pada artikel ini. Meliputi pengertian teks cerita sejarah, struktur teks cerita sejarah, kaidah teks cerita sejarah, dan contohnya. Semoga bermanfaat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dimana Google Didirikan

Lokasi Google Didirikan Pertama Kali Sampai Menyebar ke Seluruh Dunia

pengertian konsolidasi

Pengertian Konsolidasi dari Berbagai Sumber Ahli Terpercaya