6 Suara yang Akan Sering Kamu Dengar Saat Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, hampir semua masyarakat suka sama bulan yang satu ini. Banyak keberkahan yang bisa di dapatkan di bulan suci ini. Bahkan, geliat ekonomi di bulan ini pun juga meningkat.

Kamu pasti bisa merasakannya, banyak orang yang berjualan di pinggir jalan. Mereka menjajakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Nah, ada satu hal lagi yang khas di Bulan Ramadhan. Yang khas itu adalah kamu bakalan mendengar suara-suara khas dalam satu bulan penuh. Mau tau apa aja suara-suara itu? Berikut ini beberapa suara yang akan kamu dengar saat Bulan Ramadhan di Indonesia.

 

Suara Orang Bangunin Sahur

jaranwesi.wordpress.com
jaranwesi.wordpress.com

Kalau mau puasa, tentu kita sahur terlebih dahulu. Nah, di berbagai daerah, ternyata ada tradisi unik membangunkan orang untuk sahur lho. Ada yang berkeliling kampung dan membunyikan kentongan, bedug, dan berbagai bunyi-bunyian agar para penduduk kampung bangun.

Tapi ada juga yang cuma mengingatkan lewat speaker masjid kalau sudah memasuki waktu sahur. Yah, yang jelas, bunyi orang membangunkan sahur akan menghiasi satu bulan penuh kita di Bulan Ramadhan.

Suara Imsak


Nah, setelah sahur tentu kita akan sholat subuh berjamaah di masjid. Tapi, sebelum itu, ada suara yang akan terdengar dari masjid bahwa sebentar lagi adzan subuh akan berkumandang. Ya, suara itu adalah imsak, untuk mengingatkan masyarakat bahwa sebentar lagi adzan subuh, jadi makan dan minumnya segera diselesaikan.

Suara Bedug atau Adzan Magrib


Suara bedug dan adzan magrib tentu juga ada di hari-hari biasa selain Ramadhan. Tapi, di Bulan Ramadhan, entah kenapa, bedug dan adzan magrib itu selalu dinanti. Ya tentu saja karena waktu itu kita sudah diperbolehkan berbuka.

Padahal, di hari biasa, kita cenderung cuek jika adzan sudah berkumandang. Ya, semoga bukan hanya di Bulan Ramadhan saja kita akan semangat ketika adzan berkumandang.

Suara Sirine Penanda Buka Puasa


Buat kamu yang suka mendengarkan radio untuk mengetahui apakah sudah waktunya berbuka atau belum, tentu tau suara yang satu ini. Yup, ini merupakan suara khas yang biasanya diperdengarkan dari radio ketika sudah memasuki waktu magrib dan kita sudah diperbolehkan untuk berbuka.

Suara Petasan

agusmulyadi.web.id
agusmulyadi.web.id

Walaupun petasan itu dilarang, tapi masih saja ada yang memainkannya. Apalagi ketika Bulan Ramadhan, orang yang bermain petasan akan tambah banyak. Padahal banyak berita tentang kecelakaan saat bermain petasan. Nah, buat kamu yang suka bermain petasan, hati-hati ya.

Suara Anak Kecil di Dalam Masjid

id.muslimvillage.com
id.muslimvillage.com

Bulan Ramadhan, tentu menjadi bulan yang penuh berkah. Salah satunya adalah dengan membludaknya jamaah untuk melaksanakan sholat di masjid.

Buat kamu yang sering sholat di masjid tentu sudah tidak asing dengan keributan yang dibuat oleh anak-anak. Tapi, kalau kamu jarang sholat di masjid, suara anak kecil yang ramai tentu akan menghiasi suasana di bulan penuh berkah ini.

Nah, gimana? Apa ada suara-suara lain yang biasa kamu dengarkan ketika sudah memasuki Bulan Ramadhan? Kalau ada, boleh comment di bawah ya, di tunggu comment-nya 🙂

Satu pemikiran pada “6 Suara yang Akan Sering Kamu Dengar Saat Bulan Ramadhan”

Tinggalkan komentar