Mengenal Lebih Dekat Tentang Suku Bugis

Suku Bugis adalah salah satu Suku yang terdapat di Indonesia yang terdapat di Sulawesi Selatan. Populasi Suku Bugis yang paling besar berada di Sulawesi Selatan dengan jumlah sekitar enam Juta orang.

Suku bugis termasuk suku perantau dan mengembara. Populasi dari Suku Bugis tersebar di daerah Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Dalam peradaban Suku Bugis, Agama Islam masuk ke kalangan Suku Bugis pada abad ke 17 sehingga saat ini mayoritas Masyarakat Bugis memeluk Agama Islam. Suku Bugis diperkirakan berasal dari daratan Cina Selatan di sekitar abad pertengahan Masehi.

Mereka datang bersama kelompok Deutro Malaya yang masuk secara besar – besaran menuju Asia Tenggara. Banyak yang menyimpulkan bahwa Suku Bugis adalah penduduk dari pesisir Indocina.

adat-pernikahan-suku-bugis
www.city-data.com

Orang Bugis menyebut dirinya To Ugi yang berarti Orang Bugis. Nama dari Ugi sendiri merujuk pada nama Raja pertama kerajaan China yang terdapat di Pammana Kabupaten Wajo kala itu yaitu La Sattumpugi. Mereka menyebut To Ugi atau pengikut dari La Sattumpugi.

La Sattumpugi sendiri merupakan ayah dari We Cudai dan bersaudara dengan Batara Lattu yang merupakan ayah dari Sawerigading. Sawerigading sendiri merupakan suami dari We Cudai yang melahirkan beberapa anak termasuk La Galigo yang membuat karya sastra terbesar di dunia dengan jumlah sekitr 9000 halaman folio.

Seiring dari berjalannya waktu, masyarakat bugis purba tumbuh dan berkembang selama beberapa abad ini menjadi kelompok – kelompok kecil yang menyebar ke berbagai penjuru Sulawesi.

Dan dalam perkembangannya tersebut, kelompok kecil tersebut berkembang dan beberapa membentuk kerajaan. Kemudian masyarakat Bugis mengembangkan budaya dan Aksara serta pemerintahan secara mandiri.

Di era modern seperti sekarang, Suku Bugis Tersebar secara dominan di Kabupaten Luwu, Wajo, Soppeng, Sidrap, Pinrang, Barru dan daerah peralihan Bugis dengan Makasar seperti Bulukumba, Sinjai dan Maros.

Pemukiman dari suku Bigis sendiri tersebar dari daratan rendah yang subur dan sepanjang  di pesisir. Kebanyakan suku Bugis hidup dengan Profesi sebagai petani dan nelayan serta Dagang. Selain itu Suku Bugis juga mengisi berbagai birokrasi pemerintahan dan menekuni bidang pendidikan.

Demikianlah sedikit pengetahuan untuk tentang Suku Bugis dari beberapa sumber. Semoga menjadi tambahan ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Masih banyak suku-suku yang ada di indonesia, baca selengkapnya : 34 Macam Suku yang Ada di Indonesia

 

Tinggalkan komentar