Mengenal 5 Suku Terbesar yang Ada di Pulau Jawa

SUKU DI JAWA – Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau salah satunya pulau Jawa dan merupakan pulau terluas urutan ke-13 yang ada di dunia.

Jumlah pendududuk pulau jawa sekitar 154 juta jiwa yang menjadikan jawa sebagai dengan penduduk paling banyak dan pulau Jawa juga termasuk pulau terpadat di dunia.

Walaupun hanya menempati peringkat ke-5 di Indonesia, tetapi pulau ini kebanyakan dihuni oleh orang asli pribumi dengan jumlah persentase sekitar 60%. Pulau Jawa terdapat 6 propinsi yang salah satunya menjadi ibu kota negara Indonesia yaitu provinsi DKI Jakarta.

Berikut ini adalah beberapa propinsi yang ada di pulau Jawa.

  1. Provinsi Banten ibukotanya Tangerang
  2. Provinsi DKI Jakarta ibukotanya Jakarta
  3. Provinsi Jawa Barat ibukotanya Bandung
  4. Provinsi Jawa Tengah ibukotanya Semarang
  5. Provinsi Jawa Timur ibukotanya Surabaya
  6. Provinsi D.I Yogyakarta ibukotanya Yogyakarta

Karena pulau Jawa menjadi salah satu pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia, hal ini yang menjadikan pulau ini dihuni oleh berbagai macam suku. Berikut ini adalah beberapa macam suku yang ada di pulau Jawa.

 

Suku Jawa

Bahasa Jawa di Dunia
goradiofm.com

Suku Jawa adalah suku bangsa terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan D.I Yogyakarta. Dari jumlah penduduk di Indonesia diperkirakan bahwa terdapat sekitar 45% merupakan suku Jawa.

Terdapat cabang-cabang suku Jawa, seperti Suku Tengger, Orang Samin, Suku Osing dan masih banyak yang lainya. Pada umunya suku Jawa menggunakan Bahasa Jawa untuk berkomunikasi antar satu orang dengan yang lainya.

Yang tak kalah menarik adalah ketika berbicara tentang keberagaman masakan jawa yang akan sulit untuk diabsen satu per satu.

Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh majalah Tempo pada awal dasawarsa 1990-an, kurang lebih hanya 12% orang Jawa yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa mereka sehari-hari, sekitar 18% menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia secara campur, dan selebihnya hanya menggunakan bahasa Jawa saja.

Masyarakat Jawa juga populer dengan pembagian golongan atau kelompok sosialnya. Pada tahun 1960-an ada seseorang yang ahli dalam bidang antropologi Amerika yang populer yang bernama Clifford Geertz telah membagi masyarakat jawa menjadi 3 kelompok.

1. Kaum santri merupakan golongan yang taat dalam beragama Islam.
2. Kaum abangan merupakan golongan penganut islam secara nominal atau penganut Kejawen.
3. kaum Priyayi merupakan golongan kaum bangsawan.

Tetapi saat ini pendapat Geertz banyak ditentang oleh masyarakat karena ia mencampur golongan sosial dengan golongan kepercayaan.

Suku Sunda

Suku Sunda
wulungwursita.com

Suku Sunda merupakan suatu kelompok etnis yang memiliki asal dai bagian barat pulau Jawa. Istilah yang bisa dipakai untuk suku ini adalah Tatar Pasundan yang mencangkup wilayah administasi provinsi Jawa Barat, Lampung, Jakarta, Banten dan wilayah Jawa Barat.

Suku Sunda adalah etnis terbesar di Indonesia setelah suku Jawa. Sekitar 15,2% penduduk Indonesua adalah orang Sunda. Untuk melakukan komunikasi antara satu sama lain, suku Sunda menggunakan bahasa bahasa pupulernya yaitu bahasa Sunda.

Ada beberapa macam dialek yang bisa kamu gunakan untuk melakukan komunikasi dengan suku ini. Berikut ini adalah 6 dialek berbeda yang ada di dalam bahsa sunda.

  • Dialek Barat (Bahasa Sunda Banten) yaitu bahasa komunikasi yang digunakan di daerah Banten dan Lampung.
  • Dialek Utara yaitu bahasa komunikasi yang digunakan di daerah Sunda utara termasuk kota Bogor dan beberapa daerah Pantura.
  • Dialek Selatan (Priangan) yaitu bahasa komunikasi yang digunakan di daerah kota Bandung dan sekitarnya.
  • Dialek Tengah Timur yaitu bahasa komunikasi yang digunakan di daerah kabupaten Majalengka dan Indramayu
  • Dialek Timur Laut (Bahasa Sunda Cirebon) yaitu bahasa komunikasi yang digunakan di daerah sekitar Cirebon dan Kuningan, juga di beberapa kecamatan di Kabupaten Brebes dan Tegal, Jawa Tengah.
  • Dialek Tenggara yaitu bahasa komunikasi yang digunakan di daerah sekitar Ciamis, juga di beberapa kecamatan di Kabupaten Cilacap dan Banyumas, Jawa Tengah.

Suku Betawi

Suku Betawi
orbitdigital.net

Suku Betawi merupakan suku di pulau Jawa yang penduduknya kebanyakan bertempat tingaal di daerah Jakarta. Ada beberapa pihak berpendapat bahwa Suku Betawi bersal dari hasil perkawinan antar etnis dan bangsa lain pada zama dulu.

Namun secara biologis, mereka yang mengaku sebagai orang betawi asli berpendapat bahwa Suku Betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran beragam suku dan bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke daerah Batavia.

Lahirnya Suku betawi ini yaitu dari perpaduan bermacam-macam kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu hidup di Jakarta, seperti orang Melayu, Sunda, Jawa, Arab, Bugis, Bali, Makassar dan Tionghoa.

Suku Madura

Suku Madura
suryaonline.co

Suku Madura adalah salah satu suku di pulau Jawa yang berasal dari pulau Madura, Jawa Timur dan pulau-pulau yang berada disekitarnya. Orang madura biasanya memiliki etos kerja yang sangat tinggi, ramah, giat bekerja dan ulet.

Mereka suka merantau karena kedaan wilayahnya yang tidak mendukun dan tidak baik untuk bertani. Jika kamu bertemu dengan orang perantauan yang berasal dari Madura umumnya memiliki profesi sebagai pedagang.

Sebagian besar, bahkan hampir 100% masyarakat madura adalah penganut agama Islam dan Suku ini juga sangat taat dalam beragama Islam.

Tinggalkan komentar