3 Sumber Ajaran Agama Islam

Sebagai umat Islam kamu harus tahu apa saja yang menjadi sumber ajaran islam. Dan  Sumber ajaran Islam pertama adalah Al-Qur’an yang merupakan mukjizat Rosul berupa wahyu yang datangnya langsung dari Allah SWT melalui malaikat Jibril dan yang kedua adalah hadits/ As-Sunnah dari Nabi Besar Muhammad.

Sedangkan yang ketiga adalah  Ijtihad yang merupakan hasil pemikiran umat Islam, yaitu para ulama mujtahid (yang berijtihad), dengan tetap mengacu kepada Al-Quran dan As-Sunnah sebagai dasarnya. Berikut membahasan lebih dalam, mengenai sumber ajaran islam :

 

Al – Qur’an

Al-Quran
www.halqat.com

Sumber ajaran islam yang pertama adalah Al-Qur’an. Al-Quran ialah kumpulan firman Allah atau wahyu Allah yang disampaikan untuk Nabi Muhammad SAW dengan melalui malaikat Jibril. Al-Qur’an berisi tentang  ajaran keimanan seperti tentang akidah, tauhid, dan iman, peribadahan atau yang sering disebut dengan syariat, dan juga budi pekerti atau akhlak.

Al-Quran juga merupakan mukjizat terbesar Nabi  besar Muhammad Saw,dan  bahkan  menjadi mukjizat terbesar dibandingkan dengan  mukjizat para nabi sebelumnya. Al-Quran membenarnyan merupakan kumpulan dari kitab – kitab yang sebelumnya tenah diturun kan oleh Allah dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkan sebelumnya serta telah disempurnakan sebagai pedoman hidup umat manusia.

Hadits/As-Sunnah

as-sunah
plus.google.com

As-Sunnah merupakan sumber ajaran Islam yang kedua sesudah Al-Qur’an. Sunnah merupakan  segala perkataan, perbuatan, dan penetapan/persetujuan serta kebiasaan Nabi besar Muhammad Saw. Penetapan atau taqrir merupakan  persetujuan atau diamnya Nabi Muhammd SAW terhadap perkataan dan perilaku sahabat. Sunah sebagai sumber ajaran islam yang kedua telah dijelaskan di Al-Qur’an surat 57 ayat 7 yang menyatakan bahwa kita harus menerima atau mengikuti apa yang diperbolehkan atau dilarang oleh Nabi besar Muhammad SAW.

Ijtihad

ijtihad
graphic.ir

Ijtihad merupakan pendapat hukum atas suatu masalah yang terjadi dengan tetap berdasar pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dilakukan ketika ada suatu masalah namun tidak secara tegas dijelaskan dalam Al-Qur’an ataupun As-Sunah.

Jadi jelas bahwasannya sumber ajaran islam ada 3, yang pertama adalah Al-Qur’an kedua Sunnah nabi Muhammad SAW dan yang ke tiga Ijtihad.

Tinggalkan komentar