Yuk, Pelajari Arti, Sejarah, Teks hingga Makna Sumpah Pemuda

Bagi warga negara Indonesia, tanggal 28 Oktober merupakan hari yang bersejarah. Tanggal 28 Oktober adalah hari di mana dicetuskannya Sumpah Pemuda. Dalam Sumpah Pemuda bisa kamu saksikan, sungguh betapa luar biasanya perjuangan para pahlawan Indonesia dalam memperjuangkan kebebasan rakyat Indonsia dari cengkraman para penjajah.

Sumpah pemuda pun bisa diartikan sebagai momen persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Nah, pada artikel kali ini, kita akan menjelaskan mengenai sejarah singkat, makna dan isi teks Sumpah Pemuda. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

andika-jati.blogspot.com
andika-jati.blogspot.com

Sudah kita ketahui semua, wilayah Indonesia itu begitu luas. Selain luas, Indonesia kaya sekali akan hasil alamnya yang begitu melimpah ruah. Hal inilah yang menyebabkan para penjajah mulai masuk ke Indonesia. Sebagai salah satu bentuk perjuangan, ketika itu munculah berbagai ormas atau perkumpulan yang berdiri berlatar belakang budaya, suku dan agama. Semua ormas mempunyai landasan-landasan sendiri dalam memperjuangkan kemerdekaan dari para penjajah. Bisa dibilang mereka juga bagian dari pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu ormas atau perkumpulan yang terbentuk waktu itu adalah Perhimpunan Para Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan para pelajar dari seluruh wilayah di Indonesia. Saat itu PPI membuat sebuah kongres yang dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan, Adapun wakil organisasi kepemudaan itu antara lain seperti Jong Ambon, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Java, Jong Islamiten Bond dan Jong Sumatranen Bond. Selain itu para pengamat dari pemuda tiong hoa juga hadir seperti Kwee Thiam Hong. Kongres ini digelar di tiga tempat yang berbeda.

Kongres terlebih dahulu di gelar pada hari Sabtu 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jingenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (*sekarang menjadi Banteng). Kemudian rapat kedua yakni pada tanggal 28 Oktober 1928 di gedung Oost-Java Bioscop. Akhirnya pada rapat ketiga yang dilaksakakan di gedung Indonische Clubgebouw, tercetuslah sebuah rumusan yang saat ini disebut dengan Sumpah Pemuda.

Rumusan Kongres

pecintawisata.wordpress.com
pecintawisata.wordpress.com

MuseumSumpahPemuda-15-Jong_Java

Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin pada secarik kertas yang diberikan kepada Soegondo saat Mr. Sunario sedang berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan). Ketika itu Moehammad Yamin berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya memiliki suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan kongres ini). Setelah membacanya, kemudian Soegondo memberikan paraf setuju pada secarik kertas tersebut. Hingga akhirnya kertas tersebut diteruskan kepada yang lain untuk diberikan paraf sebagai tanda setuju. Awalnya sumpah pemuda tersebut dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang lebar oleh Moehammad Yamin.

Isi Teks Sumpah Pemuda

daengbattala.com
daengbattala.com

Berikut ini isi dari rumusan yang kita semua kenal dengan Sumpah Pemuda.

  1. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).
  2. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).
  3. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Makna Sumpah Pemuda

bingkaimerah-indonesia.blogspot.com
bingkaimerah-indonesia.blogspot.com

Sumpah pemuda mengajarkan kepada kita semua tentang arti kesatuan dan persatuan. Selain itu, Sumpah Pemuda juga menyatakan bahwa seluruh putra dan putri Indonesia siap membela kesatuan Indonesia dalam segala aspek.

Pada paragraf pertama menegaskan tentang perjuangan seluruh putra putri Indonesia bahwa mereka bertumpah darah satu, yakni tanah Indonesia. Pada paragraf Kedua menegaskan tentang pengakuan seluruh putra putri Indonesia bahwa mereka berbangsa satu, yakni bangsa Indonesia. Sedangkan pada paragraf terakhir, mereka menegaskan bahwa seluruh putra putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, yakni bahasa Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai sejarah singkat, makna dan isi teks Sumpah Pemuda. Baca juga artikel kita yang lainnya mengenai arti lambang pancasila, semoga bisa menambah kecintaan kamu kepada Indonesia. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar