Fakta Seputar Sungai Eufrat yang Semakin Surut

Pada artikel kali akan membahas tentang sungai Eufrat, ada yang spesial dari sungai ini yaitu Nabi kita nabi Muhammad pernah menyebut nama sungai ini. Nah jika kamu penasaran simak baik baik pembahasannya berikut ini.

Sungai Eufrat atau sungai Efrat atau juga sungai Furat merupakan sungai besar yang bersama-sama dengan sungai Tigris menjadi ciri khas dari negara mesopotami. Sungai eufrat ini juga merupakan sungai terpanjang di asia bagian barat. Sungai ini bermata air di Anatolia, negara Turki, dan bermuara di Teluk Persia.

 

Sungai Eufrat
bellaamalina.blogspot.com

Sungai ini panjangnya kurang lebih 2,781 kilometer atau 1,730 mil.menurut hadist yang di riwayatkan oleh Bukhori, Nabi Muhammad  SAW pernah bersabda jika hari kiamat tidak akan terjadi sampai Sungai Efrat menjadi surut airnya (atau menjadi kering) sehingga nampaklah sebuah gunung dari emas.

 

Disebutkan juga di dalam sebuah hadist jika sungai yang mengalir di tiga negara besar itu Turki, Suriah, dan Irak itu suatu saat nanti akan memunculkan sebuah harta karun yang besar berupa gunung emas.Dan diperkirakan keringnya sungai eufrat ketika almahdi turun kebumi.

Jika dilihat sekarang dari pantauan Para ilmuwan NASA menemukan, sejak tahun 2003 hingga 2010, debit air di sungai eufrat ini telah kehilangan 144 juta kilometer kubik. Dan pengurangan Debit air itu terus berkurang dalam jumlah besar pada periode 2010 hingga tahun 2015 kemaren. Nippur, Shuruppak Mari, Sippar.

Sungai Eufrat Berubah Menjadi Emas
bujang-uchiha.blogspot.com

Dan dari sejarahnya Sungai Furat memberi kehidupan yang akhirnya membawa kepada kemunculan dari peradaban Sumeria, lebih kurang alaf ke-4 SM. Kebanyakan kota purba yang  penting terletak di tebing sungai ini termasuk Nippur, Shuruppak Mari, Sippar, Uruk dan Eridu. Dan Lembah sungai ini juga membentuk pusat imperium Assyria dan juga Babilon. Selain itu Pertempuran karbala juga terjadi di tepi sungai Furat di mana pada akhirnya  Imam Hussain dan keluarga serta sahabatnya mati terbunuh.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang sungai Furat yang disebutkan sebagai salah satu tanda kiamat akan datang jika sungai itu mengering. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

 

Tinggalkan komentar