Sungai Kapuas, Sungai Terpanjang di Indonesia yang Tidak Pernah Kering

Pasti orang di Indonesia semua kenal atau pernah mendengar tentang sungai Kapuas, Karena pasti ketika kamu sekolah saat pelajaran IPS sering muncul nama sinyal Kapuas.

Karena sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia, yang memiliki panjang kurang lebih 1.178 kilometer. Sungai ini bermula dari hulu di Kabupaten Putussibau, hingga Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Sungai Kapuas ini mengalir melewati beberapa kabupaten seperti Kabupaten Sanggau, Pontianak Sintang, Sekadau, dan Kota Pontianak. Lebar alur dari sungai Kapuas ini sekitar 70-150 meter, dan kedalaman nya mencapai puluhan meter. Dan tahukan kamu walau pun di musim kemarau namun sungai ini tidak pernah kering sepanjang tahun.

sungai kapuas - utama
via: okezone.com

Sungai kapuas sangat penting bagi masyarakat disekitar aliran sungai kapuas itu, selain sebagai sumber pengairan dan perikanan Sungai Kapuas ini juga menjadi jalur transportasi pengangkutan barang dari dulu hingga saat ini. Karena dulu sebelum ada jalan raya yang menghubungkan antara daerah satu dan yang lain, masyarakat menggunakan perahu menyusuri sungai kapuas untuk mengangkut barang barang kebutuhan pokok seperti sembako dan yang lainnya.

Selain itu pada tahun 1963 saat indonesia dan malaysia berkonfrontasi sungai kapuaslah yang menjadi jalur keluar masuk pasukan di sepanjang perbatasan dengan menggunakan perahu motor badung, yaitu alat transportasi yang khas di sungai kapuas. Begitu pentingnya keberadaan sungai kapuas ini bagi masyarakat kalimantan sehingga tidak bisa dibayangkan bagai mana jadinya jika tidak ada sungai kapuas ini, dari mana sumber air yang digunakan sebagai perairan untuk mengairi sawah dan juga kebun.

Tak hanya sebagai pengairan namun sungai kapuas ini juga di manfaatkan oleh masyarakat sebagi tempat mandi dan membersikan baju atau alat lainnya.

Demikian artikel tentang sungai kapuas yang ada di kalimantar timur, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu dan semakin cinta dengan indonesia karena Indonesia punya banyak sumber daya alam yang melimpah ruah yang perlu kita jaga dan lestarikan.Cintai sungai yang ada di Indonesia dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Tinggalkan komentar