Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Waqiah

SURAT AL-WAQIAH – Surat Al-waqiah adalah surat yang ada di dalam al-quran yang menempati urutan ke 56. Surat ini terletak pada juz ke-27 serta terdapat 96 ayat di dalam surat ini. Surat ini dinamakan Al-waqiah dikarenakan diambil dari kata Al-waqiah yang ada pada ayat pertama surat ini, yang artinya kiamat.

Surat Al-waqiah ini lebih menjelaskan tentang hari kiamat, balasan yang diterima oleh orang-orang muslim dan orang-orang kafir. Dijelaskan pula tentang penciptaan manusia, tumbuh-tumbuhan dan api, sebagai bukti tentang kekuasan Allah dan adanya hari kebangkitan.

Hal ini juga menyebabkan sebagian besar kaum muslimin untuk menjadikan surat Al-waqiah sebagai surat favorit yang dibaca setiap hari. Karena surat ini penuh berkah dan banyak sekali khasiat dan keutamaan di dalamnya. Di bawah ini kamu akan mengetahui keutamaan dan khasiat dari surat Al-waqiah ini, mari disimak ya.

 

Termasuk Orang yang Tidak Lalai

seattleinjurypros.com
seattleinjurypros.com

Ubay bin ka’ab berkata bahwa Rasullulah saw bersabda:” barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.

Hal ini menunjukkan bahwa betapa besarnya cinta Allah kepada hamba dan selalu mengingatkan kamu selalu kepada-Nya

Dijauhkan oleh Kafakiran

huffpost.com

Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasullulah saw bersabda ”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah,ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya”.

Pada hadist ini juga memberikan suatu makna bahwa jika kita tetap konsisten terhadap apa yang kita kerjakan dan masih dalam koridor yang benar Insyaa Allah, Allah akan memberikan kekayaan terhadap kamu.

Namun, perlu diingat bahwa kekayaan didapatkan karena kehendak Allah bukan semata-mata dari kerja keras kamu. Doa dan usahalah yang dapat merubah itu semua.

Mendapatkan Cinta dan Kasih Sayang Allah

kahfi92jakarta.blogspot.com
kahfi92jakarta.blogspot.com

Imam Ja’far Ash- Shadiq berkata: ”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia, surat ini adalah bagian dari sahabatAmirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewan yang tidak tertandingi oleh yang lain.”

Jika kamu rajin membaca surat Al-waqiah maka kasih sayang dan cinta-Nya akan selalu hadir di dalam kehidupan kamu, maka dari itu rajin-rajinlah dalam membaca surat ini. Namun, semua surat yang ada di Al-quran memiliki faedah berbeda-beda tinggal kamu saja mau apa tidak dalam membaca Al-quran.

Terdapat Sifat Ahli Surga

Sifat ahli surga
ummi-online.com

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa)berkata: “Barang siapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah dan barang siapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.”  Pada surat Al-waqiah ini terdapat sifat penghuni surga yang bisa kamu ikuti dan kamu amalkan.

Berjumpa dengan Allah dalam Keadaan Wajah Seperti Cahaya Bulan Purnama

Wajah Seperti Cahaya Bulan
lorddoomhammer.deviantart.com

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: ”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.”

Dipermudah Hajat dan Rezekinya

Dipermudahkan Rezekinya
lancarrezeki.blogspot.com

Imam Ja’far ra. Berkata: “Barang siapa membaca surah Al-Waqi’ah di waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari kebutuhan, maka Allah Ta’ala mempermudah rizkinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barang siapa membaca surah Al-Waqi’ah di waktu pagi dan sore, maka dia tidak akan kelaparan atau kehausan dana tidak akan takut terhadapa orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali kepada orang itu.” (Khazinatul Asrar Kubra, hal. 360)

Dapat Mengetahui Cerita Orang-orang Ahli Surga

Cerita terdahulu
klout.com

Berkata Masruq: “Siapa ingin mengetahui cerita orang-orang terdahulu dan orang-orang terkemudian, serta cerita ahli surga dan ahli neraka, penduduk dunia dan akhirat, maka bacalah surat Al-Waqi’ah”. (Tafsir Jamal, Juz IV halaman 269)

Dalam tafsir tersebut dijelaskan bahwa di dalam surat Al-waqiah diceritakan tentang orang-orang terdahulu dan orang terkemudian, dan juga orang yang ahli surga dan neraka. Penduduk dunia dan akhirat. Maka jika kamu ingin mengetahui itu semua bacalah surat Al-waqiah karena terdapat pelajaran dari surat ini yang dapat kamu ambil hikmahnya.

Tidak Ditimpa Kemiskinan Selama-lamanya

everydayfeminism.com
everydayfeminism.com

Beliau mengatakan bahwa Al Hafizh Ibnu ‘Asakir didalam menerjemahkan Abdullah bin Mas’ud dengan sanadnya kepada Amr bin ar Robi’ bin Thariq al Mishriy: as Surriy bin Yahya asy Syaibaniy bercerita kepada kami dari Syuja’ dari Abu Zhobiyah berkata ketika Abdullah (bin Mas’ud) menderita sakit, ia dijenguk oleh:

Utsman bin ‘Affan dan bertanya,”Apa yang kau rasakan?” Abdullah berkata,”Dosa-dosaku.”

Utsman bertanya,”Apa yang engkau inginkan?” Abdullah menjawab,”Rahmat Tuhanku.”

Utsman berkata,”Apakah aku datangkan dokter untukmu.” Abdullah menjawab,”Dokter membuatku sakit.”

Utsman berkata,”Apakah aku datangkan kepadamu pemberian?” Abdullah menjawab,”Aku tidak membutuhkannya.”

Utsman berkata,”(Mungkin) untuk putri-putrimu sepeningalmu.” Abdullah menjawab,”Apakah engkau mengkhawatirkan kemiskinan menimpa putri-putriku? Sesungguhnya aku telah memerintahkan putri-putriku membaca surat al Waqi’ah setiap malam.

Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah saw bersabda,”Barangsiapa yang membaca surat al Waqi’ah setiap malam maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya.”

Tinggalkan komentar