Surat Kabar Unik yang Masih Menggunakan Tulisan Tangan

Zaman dahulu, surat kabar atau yang lebih dikenal dengan koran sangat banyak dibaca oleh hampir semua kalangan. Dari mulai orang yang tinggal di rumah mewah, sampai yang hanya tinggal di rumah kontrakan. Salah satu penyebabnya karena pada zaman dulu, internet masih belum masuk Indonesia. Jadi, untuk memperoleh informasi ya dengan membaca surat kabar.

Nah, ngomongin tentang surat kabar, tahukah kamu kalau ternyata ada surat kabar yang ditulis dengan tangan? Padahal, biasanya surat kabar itu diketik kemudian diperbanyak. Nah, kalau yang ini, surat kabarnya itu ditulis tangan dulu, baru kemudian diperbanyak.

Kebayang nggak kayak gimana tulisannya? Pasti rapi banget tuh. Kalau nggak rapi, tentu nggak ada orang yang mau beli. Dibaca aja susah kok, masak masu dibeli.

Surat kabar yang dibuat dengan ditulis tangan ini adanya di India lho, namanya The Musalman. Langsung aja disimak beritanya.

 

The Musalman

anamajmal.wordpress.com
anamajmal.wordpress.com

Surat kabar dari India ini mungkin satu-satunya surat kabar di dunia yang ditulis menggunakan pena. Walaupun ditulis tangan, surat kabar ini sangat terlihat rapi, mirip banget sama hasil ketikan komputer.

The Musalman ternyata menggunakan beberapa proses tulisan, sampai akhirnya ketika dicetak dan diperbanyak, surat kabar ini terlihat sangat rapi dan indah. Tulisannya mudah dibaca walaupun menggunakan tangan untuk menulisnya.

Menulis Surat Kabar

 studijurnalistik.blogspot.com
studijurnalistik.blogspot.com

Menulis di surat kabar itu tak hanya mengetikkan kata-kata menjadi sebuah kalimat atau paragraf saja. Menulis di surat kabar juga memperhitungkan seni dalam menggabungkan setiap kata.

Kata-kata disusun menjadi kalimat dan paragraf yang padu dan indah. Hingga akhirnya terciptalah surat kabar dan siap untuk dicetak dan didistribusikan kepada masyarakat.

Walaupun The Musalman dicetak dengan manual, tapi berita-berita yang disajikan selalu up to date dan nggak kalah dengan media-media lainnya lho.

Proses yang Rumit

anamajmal.wordpress.com
anamajmal.wordpress.com

Surat kabar yang dibuat dengan tulisan tangan ini melalui proses yang rumit sampai akhirnya dapat diedarkan. Perlu kehati-hatian dalam menulis setiap kata menjadi satu surat kabar yang utuh.

Proses pencetakan pun tidak kalah rumitnya. Harus membuat tulisan tangan menjadi sebanyak mungkin tanpa ada kesan bahwa itu adalah tulisan tangan. Hasilnya, sungguh luar biasa, surat kabar jadi sangat rapi. Bahkan, bekas tulisan tangan pun tidak terlihat setelah diperbanyak.

Hasil Akhir

anamajmal.wordpress.com
anamajmal.wordpress.com

Hasil yang disuguhkan oleh surat kabar ini sangat baik. Menjadi surat kabar yang masih menggunakan tulisan tangan sebagai keunikannya. Walaupun menggunakan metode jadul, tapi berita yang disajikan tetap bermutu dan menambah wawasan kepada masyarakat.

Tinggalkan komentar