8 Manfaat Susu Kambing yang Sangat Dibutuhkan oleh Tubuh

SUSU KAMBING – Di Indonesia, susu kambing kurang populer, kalah dengan susu sapi. Namun belakangan ini, susu kambing mulai dikenal dan digemari oleh masyarakat.

Jenis kambing yang biasa diambil susunya yaitu kambing etawa atau kambing peranakan etawa. Kambing etawa merupakan hasil silang antara kambing lokal dengan kambing jamnapari asal India yang dibawa oleh kolonial Belanda.

Beberapa tahun belakangan ini mulai banyak yang meneliti kandungan dari susu kambing. Dan ternyata susu kambing memiliki kandungan gizi dan mineral yang lengkap. Kalsium, fosfor, fluorin dan sodium terkandung di dalam susu kambing.

Untuk itulah susu ini diklaim hampir setara dengan ASI. Walaupun sebenarnya tidak ada yang lebih baik dari ASI. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan mengonsumsi susu kambing, diantaranya sebagai berikut:

 

Memiliki Sifat Anti-Inflamasi Alami

Yogurt
authenticsimplicity.net

Susu kambing etawa dapat melakukan homogenisasi secara alami. Gelembung lemak pada susu kambing ini dengan sendirinya pecah menjadi bagian lebih kecil. Sehingga mempermudah pencernaan dan juga mudah untuk diserap oleh tubuh.

Buat kamu yang menderita gangguan pencernaan atau usus yang penyebabnya adalah inflamasi, maka mengonsumsi susu kambing dapat dijadikan alternatif pengobatan. Karena sifat probiotiknya dapat mendorong sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Mengandung Asam Lemak Esensial

Melancarkan Pencernaan dengan Air Rebusan Binahong
herbalpelangsing.com

Kandungan asam lemak dalam susu kambing sekitar 37%. Ini lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi yang hanya mengandung 17% asam lemak. Khasiat susu kambing yang masih mentah lebih terasa dibandingkan dengan yang sudah matang. Ini berarti susu kambing mempunyai kemampuan untuk membuat saluran pencernaan kamu menjadi lebih baik.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Melancarkan Pencernaan
http://thenthisai.com/

Seperti poin sebelumnya, bahwa salah satu khasiat susu kambing etawa yaitu memperbaiki saluran pencernaan. Susu kambing mampu menenangakan saluran pencernaan dan juga dapat efektif dalam menekan rasa lapar, sehingga cocok buat kamu yang sedang menjalankan diet. Di samping itu, susu kambing mengandung protein kompleks dimana orang yang alergi pun dapat meminum susu kambing.

Tidak Menyebabkan Alergi

freedomallergy.com
freedomallergy.com

Tidak sedikit orang yang mengeluh akibat alergi terhadap susu. Namun mereka sebelumnya mengonsumsi susu sapi. Nah, kamu yang merasa alergi susu sapi, cobalah beralih mengonsumsi susu kambing.

Susu kambing tidak menyebabkan alergi karena gelembung lemak dalam susu kambing hanya satu per sembilan dari lemak yang dikandung oleh susu sapi. Sehingga tidak menyebabkan iritasi pada usus kamu.

Agen Metabolik

lavoz.com.ar
lavoz.com.ar

Berdasarkan penelitian, susu kambing mampu menyerap zat besi dan tembaga lebih tinggi. Sehingga sangat cocok buat kamu yang memiliki masalah sistem pencernaan.

Kaya Kalsium

Manfaat Positif Daun Seledri Mengandung Kalsium
liputnews.com

Kebanyakan orang mengonsumsi susu sapi untuk memenuhi asupan kalsium demi menghindari osteoporosis. Namun cobalah untuk mengonsumsi susu kambing, selain kaya kalsium juga terdapat asam amino triptofan yang bermanfaat dalam pembentukan serotonin dan melatonin, sehingga membuat tidur kamu berkualitas.

Sebagai Nutrisi Baik dan Alami

list25.com
list25.com

Kambing merupakan hewan sodium bio-organik. Sodium bio-organik yaitu sebuah elemen yang dapat menjaga persendian tetap sehat dan lentur. Sehingga sangat bermanfaat buat kamu yang menginginkan tetap semangat, fleksibilitas terjaga dan vitalitas yang hebat. Selain itu, susu kambing juga mampu memelihara dan meregenerasi sistem saraf.

Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

riamirandadiary.com

Ibu hamil yang mengonsumsi susu kambing akan membuatĀ janin dalam kandungannya kuat dan juga menjaganya agar tetap sehat. Dan bagi ibu menyusui, mengonsumsi susu kambing berkhasiat untuk memperlancar ASI.

Tinggalkan komentar