Syarat Terjadinya Interaksi Sosial dalam Kehidupan Bersosial

SYARAT TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL – Interaksi sosial adalah sebuah hubungan timbal balik yang melibatkan dua individu atau lebih dan di dalamnya terdapat aksi dan reaksi. Yang dimaksud individu disini adalah seseorang atau manusia, hubungan yang terjadi bisa saja antara individu dengan kelompok, bisa juga kelompok dengan kelompok.

Sebuah hubungan bisa dikatakan sebagai interaksi sosial apabila sudah memenuhi syarat-syarat terjadinya interaksi sosial. Jadi, meskipun suatu hubungan sosial terjadi, tetapi tidak memenuhi syarat-syarat terjadinya interaksi sosial, maka belum bisa dikatakan sebagai interaksi sosial. Kenapa? Untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan pembahasannya di bawah ini.

Syarat-syarat Terjadinya Interaksi Sosial

syarat terjadinya interaksi sosial
Sumber: blog-belajarips.blogspot.com

Suatu hubungan sosial bisa dikatakan sebagai interaksi sosial apabila sudah memenuhi syarat-syarat terjadinya interaksi sosial. Contoh, ada sekumpulan kelompok manusia sedang berkumpul namun tidak ada komunikasi di dalamnya, tentu di dalam hubungan tersebut tidak akan terjadi interaksi sosial.

Dari contoh di atas bisa disimpulkan bahwa syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial dan komunikasi sendiri memiliki cakupan yang luas. Seperti kontak sosial, jika diartikan secara bahasa kontak memiliki arti bersentuhan atau bertemu.

Namun, suatu interaksi sosial bisa saja terjadi tanpa bersentuhan atau bertemu. Misal berkomunikasi melalui telefon, komunikasi lewat telefon merupakan interaksi sosial yang berdasarkan cara. Untuk lebih jelasnya kita bahas di pembahasan syarat terjadinya interaksi sosial di bawah ini.

Kontak Sosial

Kontak sosial secara bahasa mempunyai arti bersentuhan atau bisa juga bertemu. Sedangkan secara umum bisa diartikan sebagai hubungan yang terdiri dari dua atau lebih individu yang berinteraksi, bisa secara tatap muka atau langsung dan bisa juga secara lewat media atau tidak langsung. Kontak sosial dibagi menjadi beberapa klarifikasi, yaitu:

  • Kontak sosial berdasarkan cara.
  • Kontak sosial berdasarkan sifat.
  • Kontak sosial berdasarkan bentuk.

Komunikasi

Komunikasi merupakan suatu tindakan/aksi dalam menyampaikan suatu pesan dari individu ke individu lainnya atau bisa juga ke kelompok. Sehingga hal ini bisa menimbulkan suatu reaksi pada individu atau kelompok tersebut. Komunikasi ini bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung adalah seperti saat terjadi kontak fisik, dan secara tidak langsung yaitu seperti berkomunikasi melalui media.

Itulah kedua syarat terjadinya interaksi sosial yang harus ada, agar suatu hubungan bisa dikatakan sebagai interaksi sosial. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar