Tak Usah Repot-repot, Hal-hal Sederhana Ini Sudah Cukup Membuat Orang Tua Bahagia

Orang tua, Ayah dan Ibu kita, adalah tokoh yang paling penting di sepanjang hidup kita. Merekalah yang membesarkan, merawat dan mendidik kita sejak kecil hingga tumbuh dewasa. Tak terhitung jumlah jasa mereka kepada kita. Jadi, sebagai anak mereka, kita harus menghargai dan menghormati mereka sepanjang waktu.

Namun, sayangnya, di zaman serba modern ini kita dihadapkan kepada sebuah realita. Beberapa dari kita yang lupa akan jasa dan bahkan keberadaan mereka. Kita terus sibuk dengan kegiatan dan pekerjaan sehari-hari. Bahkan untuk sekadar menyapa mereka pun jarang. Hal ini tidak sedikit kita temukan di lingkungan sekitar.

Hal ini bisa membuat orang tua kita sedih, dan bahkan stress. Padahal banyak sekali hal-hal sederhana yang bisa membuat mereka bahagia. Lalu, apa saja sih hal-hal sederhana tersebut?

Berperilaku dan Bertutur Kata Lemah Lembut kepada Orang Tua

perilaku kepada orang tua
timothywibowo.com

Janganlah kasar kepada orang tua. Dalam urusan komunikasi dengan orang tua, ada tata caranya. Hindari kata-kata yang dapat menyakiti mereka, gunakan bahasa yang sopan dan santun, walaupun tetap friendly. Hindari kata keluhan seperti “ah”, karena di dalam Al-Quran pun Allah melarangnya. Ingat: hubungan yang baik dimulai dengan komunikasi yang baik.

Bantu Pekerjaan-pekerjaan di Rumah

membantu pekerjaaan orang tua
ibupedia.com

Ketika kita beranjak dewasa, otomatis kita akan pergi mencari ilmu atau bekerja, dan orang tua akan serba sendirian dalam meng-handle segala pekerjaan mereka di rumah. Ringankanlah apapun pekerjaan mereka di rumah, make themself at their home, dengan membantu pekerjaan-pekerjaan mereka sekecil apapun. Dari membersihkan rumah, memasakkan mereka makanan, menyuci mobil, membelikan sesuatu ke pasar, dan lain-lain. Yang namanya orang tua, pasti senang dengan anak yang senang membantu pekerjaan mereka.

Tetap Taati Perintah Orang Tua

berbakti kepada orang tua
mahmudichsan.blogspot.com

Kita sudah dewasa, tapi orang tua kita meminta tolong untuk membelikan sayuran ke pasar. Meskipun terlihat sepele, lakukanlah segera. Dahulu kita kecil mereka rela membanting tulang hanya sekadar untuk membelikan kita sepasang sepatu, kenapa kita tidak membalasnya?

Kapanpun, di Manapun, Selalu Sopan terhadap Orang tua

egimana.com
egimana.com

Mungkin beberapa dari kita sudah mendapatkan gelar yang sangar, jabatan yang tinggi, atau nama yang terkenal di seantero negeri. Tapi jangan jadikan hal itu untuk berhenti menghormati orang tua. Dalam interaksi apapun kepada mereka di rumah, usahakan untuk terus sopan dan senantiasa menjaga perkataan dan kelakuan kita. Tunjukkan kepada mereka, kalau usaha mereka dalam mendidik kita tidaklah sia-sia.

Sabar Dalam Kondisi Apapun

sabar kepada orang tua
listindiario.com

Terkadang perkataan atau perbuatan orang tua bisa membuat kita jengkel, atau bahkan marah. Entah itu perkataan yang tidak masuk akal, atau perbuatan yang sedikit kasar terhadap kita. Jangan balas mereka dengan perbuatan yang serupa, ya. Hadapilah dengan kesabaran. Tanggapi dengan lemah dan lembut, tanpa harus menyakiti hati mereka lebih dalam lagi. Insya Allah, Allah akan memberikan jalan yang terbaik untuk menyelesaikan permasalahan antara kita dan mereka.

Beri Hadiah Sebagai Tanda Terima Kasih

hadiah untuk orang tua
pixabay.com

Perjuangan mereka dalam mengasuh kita tak terhitung jumlahnya. Balaslah dengan memberikan hadiah pada momen-momen yang tepat. Beri mereka sesuatu yang dapat membuat mereka senang, seperti hal-hal favorit mereka. Mulailah beri mereka hadiah di saat hari ulang tahun, anniversary, atau di waktu-waktu biasa sebagai kejutan yang manis.

Hargai Hasil Kerja Keras Orang Tua, Sebaik Mungkin

kerja keras orang tua
pixabay.com

Apa yang kita rasakan dan kita miliki, secara langsung maupun tidak langsung berkat kerja keras mereka di masa kecil dulu. Jaga dan syukurilah apa yang telah mereka berikan kepada kita. Gunakan dan manfaatkan sebaik-baik mungkin, agar nantinya menjadi amal jariyah mereka di alam kubur nanti. Jika yang mereka beri adalah sebuah laptop, jaga dengan benar-benar. Jangan disia-siakan, atau malah disalah gunakan.

Tak Lupa untuk Merawat Mereka di Usianya yang Lanjut

masa tua
pixabay.com

Yang namanya manusia tidak akan luput dari apa yang namanya usia. Termasuk orang tua kita. Suatu hari nanti, akan datang saatnya nanti ketika kedua orang tua kita tidak mampu lagi untuk mengurus dirinya sendiri, karena semakin lemahnya badan akibat usia. Sedih rasanya ketika kita tahu, kalau di negara kita ini banyak orang tua yang terlantar, ditinggal, atau dititipkan kepada panti jompo tanpa rasa tanggung jawab anak-anaknya.

Ketika saat itu akhirnya tiba, berikanlah mereka kasih sayang yang semestinya, seperti mereka mengasihi kita di waktu kecil dahulu.

Semoga dengan membaca pembahasan ini, kita semakin sadar akan keberadaan dan jasa orang tua, serta senantiasa berusaha untuk membahagiakan mereka. Dan semoga, kita bersamanya akan bahagia, di dunia dan akhirat nanti. Aamiiin!

Tinggalkan komentar