Liburan Seru di Taman Bunga Nusantara

TAMAN BUNGA NUSANTARA – Jika kamu sedang berada di daerah puncak Bogor, jangan pernah melewatkan tempat pariwisata Taman Bunga Nusantara. Karena, tempat wisata ini bisa dikatakan destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi dan cukup bagus untuk dinikmati keindahannya.

Taman yang terletak di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat ini memiliki ribuan tanaman. Tanaman-tanaman tersebut dibuat dengan berbagai tema sehingga terlihat jauh lebih menarik. Penasaran dengan keindahan Taman Bunga Nusantara, mari kita lihat beberapa gambar berikut ini.

 

Topiari Merak

http://duduul.com/
http://duduul.com/

Topiari merak merupakan tanaman yang dibentuk seperti burung merak. Untuk membuat tanaman berbentuk burung merak dan menghiasi topiari merak dibutuhkan kurang lebih 25.000 tanaman. Maka tidak heran jika topiari merak ini terlihat sangat indah nan cantik.

Topiari Air

http://duduul.com/
http://duduul.com/

Berbeda dengan topiari merak, topiari air ini dipenuhi dengan tanaman yang bisa hidup di air, seperti tanaman teratai air, giant arum, lotus dan sebagainya. Tanaman-tanaman tersebut disusun sangat rapi dan terlihat sangat indah. Tidak hanya itu saja, agar terlihat jauh lebih indah dan cantik, sekitar kolam dipenuhi pula dengan warna-warni tanaman.

Taman Amerika

http://duduul.com/
http://duduul.com/

Pernahkah kamu melihat Native Garden dan Country Classic Garden yang ada di Amerika? Nah, jika kamu belum pernah melihatnya, kamu bisa melihat replikanya di Taman Bunga Nusantara, Bogor. Di taman ini, kamu bisa melihat Native Garden dan Country Classic Garden. Tidak beda jauh kok dengan aslinya.

Taman Perancis

http://duduul.com/
http://duduul.com/

Nah, jika kamu ingin melihat ciri khas taman yang ada di Perancis, kamu bisa menemukannya di Taman Bunga Nusantara. Taman tersebut dibuat membentuk geometris dan pangasan perdu pendek dimana kedua bentuk tersebut merupakan ciri khas taman yang ada di Perancis.

So, kamu tidak perlu jauh-jauh mengunjungi Perancis hanya untuk melihat taman disana. Kamu cukup mengunjungi Taman Bunga Nusantara untuk bisa merasakan tanam ala Perancis.

Taman Mediterania

http://duduul.com/
http://duduul.com/

Tahukah kamu mengenai taman Mediterania? Taman Mediterania adalah taman yang ditanami berbagai jenis tanaman yang biasa hidup di gurun, seperti kaktus, succulent dan yucca. Nah, taman yang seperti itu bisa kamu temukan di Taman Bunga Nusantara. Selain itu, kamu juga bisa menemukan rumah khas Mediterania yang unik.

Taman Bali

http://duduul.com/
http://duduul.com

Ketika kamu melihat bangunan seperti pada gambar di atas, apa yang ada dibenak kamu? Sebagian orang langsung ingat dengan bangunan yang ada di Bali. Ya, memang taman ini sengaja dibuat dengan konsep Bali. Terdapat gapura, kul-kul khas Bali serta bale bengong. Tidak luput juga hiasan berbagai jenis tanaman di sekitar bangunan.

Taman Palem

http://duduul.com/
http://duduul.com/

Di Taman Bunga Nusantara juga terdapat pohon palem. Phon palem ini termasuk pohon yang unik karena pohon palem meiliki 100 jenis bentuk dan hampir ada di seluruh dunia. Nah, di Taman Bunga Nusantara, kamu bisa melihat berbagai bentuk pohon palem di kawasan Taman Palem, Taman Bunga Nusantara.

Taman Jepang

http://duduul.com/
http://duduul.com/

Jika kamu pernah merasakan taman yang bergaya Jepang, pasti kamu akana menemukan ketenangan dan ketentraman saat berada di sana. Namun, bagi kamu yang belum pernah merasakan taman yang bergaya Jepang, kamu bisa mengunjungi Taman Bunga Nusantara ini. Karena Taman Bunga Nusantara menyediakan lokasi taman yang memiliki ciri khas taman di Jepang.

Taman Rumah Kaca

http://duduul.com/
http://duduul.com/

Taman ini bisa dikatakan cukup istimewa. Karena tanam ruah kaca ini dibagun oleh tenaga ahli dari Belanda. Tanam ini dibangun pada tahun 1994 dengan jumlah panel kaca sekitar 3.000 unit serta dilengkapi dengan berbagai jenis tanaman tropis dan bunga yang berwarna-warni. Maka tidak heran jika taman ini sangat indah dipandang.

Air Mancur Musikal

Air Mancur Musikal Taman Bunga
s362.photobucket.com

Ketika kamu mengunjungi air mancur ini, maka kamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah. Di sisi kiri dan kanan semuanya

Kenapa sih air mancur ini disebut dengan air mancur musikal ? Apa air mancurnya bisa mengeluarkan suara ?

Jadi, air yang keluar dari air mancur ini seperti air yang sedang menari. Tarian air mancur itu seperti mengikuti alunan dari sebuah musik yang ada. Itu sebabnya air mancur ini disebut dengan air mancur musikal.

Air mancur musikal juga merupakan fasilitas terbaru di Taman Bunga Nusantara. Air mancur musikal diresmikan oleh Ibu Ani Susilo Bambang Yudhoyono pada saat HUT Taman Bunga Nusantara yang ke-11 pada tanggal 6 September 2005.

Menara Pandang

Menara Pandang Taman Bunga Nusantara
nightchapter.files.wordpress.com

Ketika kamu berkunjung ke Taman Bunga Nusantara, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu tempat unik ini, yaitu menara pandang. Kamu bisa mengabadikan moment bersama keluarga atau orang yang kamu sayangi disini karena arsitektur menara pandang ini sangatlah indah.

Ada yang tau enggak, berapa ukuran tinggi ? Jadi, menara pandang mempunyai ketinggian 28 meter dari permukaan tanah. Ketika kamu naik keatas menara pandang, maka seluruh pemandangan alam yang ada di Taman Bunga Nusantara akan terlihat.

Kamu juga bisa mengambil keuntungan untuk mengambil gambar yang sangat indah dari atas menara ini. Menara pandang yang terbagi dari empat tinggkat itu mempunyai sebuah lift dan tangga agar memudahkan pengunjung untuk menikmati pemadangan dan panorama taman dari atas menara.

Kereta Dotto

kereta-wara-wiri
2.bp.blogspot.com

Taman Bunga Nusantara memberikan fasilitas yang dapat membuat kamu have fun. Salah satu fasilitas yang diberikan oleh Taman Bunga Nusantara adalah kereta Dotto.

Udah tau belum apa itu kereta dotto ? Kereta dotto merupakan sebuah alat transportasi yang bentuknya menyerupai kereta yang digunakan para wisatawan untuk menikmati pemadangan di Taman Bunga Nusantara.

Jadi kamu mau pilih jalan kaki atau naik kereta Dotto nih ? Iya tentunya kamu bakalan memilih yang termudah dong. Lalu caranya untuk naik kereta dotto gimana ?
Gampang banget deh, kamu tinggal beli tiket kereta dotto dengan tarif 30.000/orang (usia 4 tahun keatas)

Bagi kamu yang ingin berakhir pekan tapi masih bingung mau kemana, kita sarankan untuk berkunjung ke Taman Bunga Nusantara ini deh. Karena mengunjungi Taman Bunga Nusantara ibarat mengunjungi 5 taman di negara yang berbeda.

Mobil Wira-Wiri

mobil wara wiri
2.bp.blogspot.com

Selain kereta dotto, Taman Bunga Nusantara juga menawarkan transportasi lain yang enggak kalah kerennya loh. Ada yang tau enggak transportasi apa itu ?

Iya benar sekali, namanya mobil wira-wiri. Lucu banget yah namanya, mungkin karena mobil ini kebanyakan wira-wiri gitu hehe.

Dalam kendaraan ini, telah disiapkan fasilitas panduan dalam bentuk kaset yang akan mempermudah dalam memberikan informasi secara singkat dan jelas mengenai fasilitas yang ada di seluruh Taman Bunga Nusantara.

Mobil wira-wiri ini merupakan transportasi kendaraan terbuka dan mempunyai kapasitas 14 orang pengunjung untuk mengelilingi Taman Bunga Nusantara.

Wah, optionnya makin banyak aja yah. Mau naik kereta dotto atau mobil wara-wiri nih ?

Biasanya sih, untuk keluarga lebih cocok menggunakan trasnportasi kereta dotto. Dan bagi kamu yang masih jomblo atau sudah memiliki pasangan, kamu bisa menaiki tranportasi mobil wara-wiri.

Taman Labirin

taman labirin bogor
1.bp.blogspot.com

Labirin merupakan sebuah permainan yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Yang sudah sejak zaman dahulu diggunakan untuk berbagai kepentingan dengan jaringan jalan yang rumit yang mampu membuat yang lewat tersesat. Labirin basa digunakan untuk kepentingan keamanan hingga hiburan.

Taman Labirin merupakan taman yang beasal dari tanaman bunga yang kemudian disusun dalam bentuk labirin. Labirin sendiri merupakan sebuah system jalur yang sengaja dibuat rumit yang berliku-liku dan memilki banyak jalan buntu. Dengan tataan arsitektur yang teratur dan di tentukan.

Biasanya taman labirin digunakan untuk wisata selain, karana keindahan tanaman bunganya, juga karena memangnya jalannya yang membuat penasaran dan menghibur. Telah sejak berabat-abat labirin sudah menjadi hal yang menkajubkan bagi umat manusia. Apalagi kalau itu merupakan labirin-labirin yang paling sulit untuk di taklukkan.

Sehingga mampu membuat orang yang masuk kedalamnya bingung dan frustasi saat keluar, namun tenang. Disetiap taman labirin pasti ada pemandu yang siap akan memandu kita untuk keluar dari labirin tersebut. Jdai kita tidak perlu khawatir apabila takut memaski sebuah labirin.

Taman labirin juga dijadikan sebuah permainan untuk mengasah otak dengan mengingat -ingat jalan yang akan kita lewati dan jalan yang telah kita lewati. Ada keseruan tersendiri bagi pecinta taman labirin di Dunia.

Dan taman labirin mempunyai banyak sekali pola jalan yang bisa kita lewati. Sudah banyak di berbagai kota besar yang memiliki taman labirin yang mereka biasa jadikan liburan dan berekreasi bersama keluarga.

Jangan lupa untuk anda yang ingin mengunjungi taman labirin, anda harus membawa bekal makanan. Karena di dalam labirin anda akan merasakan lapar dan haus. Akibat terkurasnya fikiran dan energy kita dalam mencari jalan keluar.

Taman Mawar

taman mawar
panduanwisata.id

Pembuatan taman mawar sudah menjadi popular di mata, karena bentuk dan warna bunga mawar yang beragam dan indah. Bunga Mawar memiliki kurang lebih 100 jenis di belahan bumi, yang merupakan tanaman bunga semak yang berduri. Tanaman ini biasanya bertinggi 2 sampai 5 meter, tetapi sebenarnya bisa mencapai tinggi 20 meter.

Dibagian belahan bumi bagian utara yang tepatnya pada daerah Negara china. Bunga mawar biasa disebut Flos Florum yang memiliki arti bunga dari segala jenis bunga. Baunga mawar juga dilambangkan oleh sebagian kalangan orang sebagai lambing dari kesempurnaan duniawi dan surgawi. Dan sampai sekarang bunga mawar dianggap bunga yang paling terkenal di seluruh penjuru dunia.

Sehingga tidak jarang kini banyak orang yang berinofasi untuk membuat sebuah taman bunga yang di dominasi oleh bunga mawar. Dengan tata letak yang cantik dan menarik dengan ragam jenis bunga mawar yang indah.
Di negeri asalnya China, bunga mawar telah beradaptasi dengan 4 iklim yang ada di sana. Yaitu musim hujan, panas, dingin, dan musim salju. Di saat musim salju dengans ecara alami, bunga mawar merontokkan seluruh daunnya untuk masuk ke periode menghentikan pertumbuhan dan beristirahat. Lalu kembali berkembang lagi pada saat musim panas telah tiba.

Namun pada waktu istirahat ini, bunga mawar mempunyai kekutan untuk memberikan keindahan bungayang lebih indah. Dan lebih baik lagi. Biasanya di sebuah taman, tanaman ini diperlakukan perawatan secara khusus. Dengan bagaimana tata cara tentang penyiraman, member pupuk yang kami lakukan dengan matang-matang. Karena hal ini kami lakukan kita untuk menjaga kekuatan serta keindahan mawar tersebut.

Taman Air

taman air bogor
2.bp.blogspot.com

Air merupakn anugerah yang diberikan oleh Sang Pencipta yang harus selalu kita syukuri. Selain itu air yang merupakan kebutuhan utama bagi seluruh makhlk hidup di dunia, ternyata air juga menjadikan banyak inspirasi untuk umat manusia. Suara percikan dan warna dari pantulan benda-benda yang di sekitarnya menjadikan air menjadi sangat indah dan mempesona. Tak heran di banyak negara esona yang dimiliki air ini menjadi sebuah komponen utama atau sebagai hal utama yang harus ada dalam membangun tatanan sebuah taman agar suasana taman terlihat indah. Banyak taman -taman yang ada di luar sana yang mengadalkan perpaduan air seperti gaya taman Bali, gaya taman Jepang, gaya taman Italia, dan gaya taman Perancis. Kebanyakan dan pada umumnya tanaman-tanaman air mmilik rupa dan warnayang ssangat indah dan memikat hati orang yang melihatnnya.

Tanaman air yang berada di taman bunga nusantara ada dua cara dalam proses adaptasinya terhadap lingkungan. Pertama, dengan cara vertikal contohnya bunga kana air atau thalia dealbata. Bunga kana adalah bunga asli dari negeri paman sam yaitu Amerika Serikat di bagian tenggara. Kedua, dengan horizontalseperti Nelumbo Nucifera atau dikenal dengan nama bunga lotus. asal dari bunga lotus ini dari Asia bagian timur dan Australai timur laut. Di taman air ini juga ditanam Cyperus Papyrus yang Warna batang dari tanaman ini berwarna hijau tua dan rambutnya seperti rambut.Tanaman Cyperus apyrus ini asalnya dari Mesir. Tanaman ini juga meruakan bahan utama dalam pembuatan kertas sejak tahun 2750 sebelum masehi.

Di taman air juga ada Victoria Amazonica, tanaman itu merupakan tanaman jenis teratai raksasa asli dari Amerika Selatan. Bentuk daunnya seperti nampan. Uniknya dari tanaman ini bunganya hanya akan muncul apabil menjelang petang dan di pagi hari saja. Ada juga tanaman seperti pohon pisang yaitu Typondorum Lindleyanum. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan juga.

Danau Angsa

danau
i1.wp.com

Di danau angsa anda akan disuguhi dengan banyaknya jenis unggas seperti angsa putih yang katanya pada zaman dahulu angsa putih ini hanya boleh dipelihar oleh para bangsawan Inggris. Ada juga angsa lainnya seperti black naked swan yang penyendiri, black swan yang melambangkan cinta yang abadi, dan masih banyak unggas-unggas lainnya asli dari Eropa yang bisa ditemukan di danau angsa. Di dalam danau angsa juga banyak sekali ikan-ikan yang berenang ke sana-kemari melengkapi indahnya suasana danau. Anda bisa menikmati suasana indahnya danau di pinggiran danau dengan duduk rileks di atas tempat duuk yang sudah disediakan oleh pengelola.

Alam Imajinasi

taman-bunga-nusantara

Tahukah kamu di dalam taman bunga nusantara terdapat wahana yang cukup faforit dikalangan pengunjung yaitu Alam imajinasi.

Alam imajinasi sendiri merupakan taman bermain yang berada di kawasan taman bunga nusantara, taman bermain ini pertama kali diresmikan oleh seorang wanita yaitu ibu try sutrisno yang dilakukan tepat saat merayakan hari ulang tahun pertama taman bunga nusantara.

Moment itu tepatnya terjadi pada tanggal 10 September 1996.

Pada saat itu terdapat sedikitnya 20 wahana permainan di dalamnya sehingga dengan kehadirannya ikut menambah rasa keceriaan pengunjung.

Wahana Bermain Segway

segway

Tahukah kamu kalau belum lama ini ada wahana baru yang ditambah di alam imajinasi taman bunga nusantara ?

Wahana baru ini dibuat dengan tujuan meperbanyak jumlah wahana permainan dan tentunya untuk memuaskan keinginan pengunjung yang semakin hari semakin bertambah saja.

Kini di alam imajinasi taman bunga nusantara terdapat wahana baru yang diberi nama Segway, wahana ini butuh keseimbangan untuk dapat menjalankannya.

Permainan ini cukup seru karena pemain akan dibawa untuk merasakan sensai berjalan diatas dua roda yang horizontal dan harus menjaga keseimbangan dalam bermain, jika tidak bisa jatuh. 😀

Sensai itulah yang membuat permainan menjadi seru apalagi jika dimainkan dengan bersama teman atau beramai-ramai tentunya akan semakin menambah kecerianaan dalam permainan baru ini.

Fasilitas di Taman Bunga Nusantara

Untuk menikmati suasana di taman bunga nusantara anda perlu mengetahui seluruh fasilitas yang ada, terutama jika anda ingin menikmati kenyamanan di Alam imajinasi anda harus paham betul apa saja fasilitas yang ada.

Wajar saja saya berkata begini supaya anda tidak rugi sudah jauh-jauh ke taman bunga nusantara untuk menikmati Alam imajinasi tapi belum tahu betul apa saja fasilitas yang di sediakan.

Maka dari itu saya sedikit memberikan gambaran mengenai apa saja sih fasilitas yang ada di Alam imajinasi taman bunga nusantara.

1. Mushola

Jangan khawatir apabila ingin menjalankan ibdah salat di Taman Bunga Nusantara, disini pengelola menyediaka mushola yang nyaman dan bersih pastinya.

2. Taman Bermain Untuk Anak

Tidak hanya taman-taman yang penuh dengan bunga-bunga di Taman Bunga Nusantara juga disediakan taman bermain untuk anak-anak yang datang bersama orang tua.

3. Toilet Bersih

Merupaka tempat yang wajib ada di semua tempat wisata, toilet di Taman Bunga Nusantara banyak tersebar di berbagai sudut di sekitar taman, jadi tidak perlu khawatir jika kebelet buang air besar aau kecil.

4. Parkir yang luas

Biasanya di tempat wisata semakin banyak pengunjung yang datang maka parkir pun susuah, tapi tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat parkir di Taman Bunga Nusantara, karean lahan parkir di sini sangatlah luas.

5. UTV (Untuk pacu adernalin)

Wahana permainan yang satu ini cukup extreme dan sangat memacu adernalin, cocok untuk anda yang menyukai tantangan.

Wahana ini memberikan anda fasilitas untuk mengendarai UTV di medan off road, bagi mereka yang suka tantangan pasti tahu betul tentang permainan ini.

6. Beetle

Wahana bermain yang satu ini lebih aman menurut saya, jadi bisa anda gunakan untuk bermain bersama anak anda atau keponakan anda.

Wahana bermain dengan mengendarai sepeda, tapi tenang saja sepeda disini adalah sepeda roda 3 dan menggunakan baterai.

Jadi anda tidak perlu capek-capek mengayuh sepeda, cukup diam dan mainkan gas sesuai kecepatan saja.

Lintasan nya cukup nyaman karena datar dan rata, namun terdapat banyak tikungan sehingga anda harus konsentrasi jika tidak ingin keluar jalur nantinya. 😀

7. Kendara Mobil

Setelah tadi sepdah dengan tenaga baterai kali ini ada wahana permainan lain yang tidak kalah seru dari yang telah kita bahas diatas.

Yaitu wahana permainan Kendara Mobil.

Wahana bermain dengan mengendarai mobil bertenanga baterai langsung di sirkuit yang terpantau.

Sehingga orang tua dapat mengawasi dengan baik anaknya yang sedang bermain.

Wahana ini cocok untuk anak-anak atau balita yang sudah bisa berjalan.

Mereka akan sangat menyukainya apalagi jika dibarengi dengan sorak anda dari kejauahn, itu akan menambah keceriaan sang anak.

8. Bola Air

Wahana ini sangat menyenangkan!

Kenapa bisa begitu ?

Bayangkan saja anda dimasukkan kedalam bola plastik besar yang transparan dan di isi oleh oksigen sampai besar, lalu anda di cemplungkan kedalam air.

Anda akan merasakan sensasi terapung diatas air dan terkurung didalam bola besar.

Anda cukup merangkak atau berjalan supaya roda berputar dan anda akan tebawa kesana kemari, dijamin seru ! 😀

 

 

Tinggalkan komentar