Tips Menarik untuk Menjadikan Taman di Rumahmu Nampak Lebih Luas

Jika diperhatikan, rumah-rumah yang berada di daerah perkotaan tak memiliki banyak lahan kosong untuk dijadikan sebagai taman hijau. Padahal, dengan adanya taman di halaman rumah, akan menambah keasrian dan kesejukan lho. Sayang sekali apabila saat membuat rumah, kamu tidak meminta untuk menyisakan sedikit lahan agar bisa dibuat menjadi sebuah taman.

Meski kecil, lahan yang tersisa itu bisa dibuat menjadi taman hijau yang menarik dan menyegarkan. Dengan beberapa tips berikut ini, taman kecil yang kamu miliki bahkan bisa disulap supaya terlihat lebih luas dan nyaman dari sebelumnya. Simak bersama yuk tipsnya berikut ini.

 

Perhatikan Ukuran Tanaman yang Akan Kamu Gunakan

designrumahminimalis.info
designrumahminimalis.info

Boleh-boleh saja untuk memadu padankan ukuran tanaman mulai dari kecil hingga yang berukuran lebih besar. Walaupun taman di rumahmu tak memiliki lahan yang cukup luas, bukan berarti hanya tanaman yang kecil-kecil saja yang ada disana, tanaman dengan ukuran lebih besar pun boleh kamu tanam.

Akan tetapi, kamu harus pintar-pintar menatanya, jangan asal taruh saja. Lebih enak dipandang jika tanaman dengan ukuran lebih besar berada di bagian belakang, lalu yang berukuran sedang dan paling kecil di depan. Dengan begitu, semua tanaman akan terlihat dan tersusun dengan rapi. Selain itu, taman pun akan nampak lebih luas dan menarik dari sebelumnya.

Jangan Hanya Membuat Taman dengan Warna yang Seragam

fotodesain.info
fotodesain.info

Selain bermacam-macam ukuran, kamu bisa pula meletakkan tanaman dengan berbagai macam jenis dan warna di taman rumah. Atau selain tanaman, kamu pun bisa mengaplikasikan macam-macam warna pada tembok, pot serta perabotan di taman. Warna-warna seperti oranye, merah dan kuning yang lembut atau warna biru dan hijau yang segar bisa kmau pilih.

Jika tamanmu sudah memiliki beragam warna, maka akan terlihat lebih menarik, nyaman dan luas daripada sebelumnya. Dicoba saja deh, pasti kamu akan memuji padu padan yang cantik di tamanmu itu sepanjang waktu

Sediakan Ruang Kosong

www.suherlin.com
www.suherlin.com

Tak apa punya taman yang kecil asalkan kamu bisa mengatur tata letak tanaman dengan baik. Salah satu hal yang penting kamu lakukan adalah memberikan ruang kosong di bagian tengah taman. Walaupun kamu suka dengan begitu banyak tanaman, jangan isi tamanmu sehingga menjadi penuh dan terasa sesak antara tanaman yang satu dengan yang lain.

Sisakan ruang kosong di bagian tengah untuk memberi efek luas pada taman. Sehingga, ketika kamu akan menyiram dan merapikan tanaman pun tak akan ribet dan harus memindahkan masing-masing pot lagi. Karena tata letak yang baik pun akan membantumu dalam merapikan taman.

Menempatkan Tanaman dengan Baik

catatankecil.com
catatankecil.com

Meletakkan tanaman dengan baik memang menjadi poin penting untuk membuat taman terlihat lebih indah dan terkesan luas. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, aturlah letak tanaman dengan ukuran yang lebih besar di bagian belakang dan yang paling kecil di depan.

Selain itu, kamu pun bisa meletakkan tanaman dengan posisi vertikal. Dengan cara seperti ini, ruang-ruang vertikal yang sebelumnya tak terpikir untuk diletakkan tanaman justru akan mempercantik dan lebih menghijaukan tamanmu. Menggantungkan pot secara vertikal pun mampu membuatnya tumbuh dengan lebih cepat.

Menggunakan Perabot Taman dengan Ukuran Kecil

www.frewaremini.com
www.frewaremini.com

Seharusnya kamu sudah paham tentang bagaimana cara memilih perabotan yang akan diletakkan di taman yang mungil. Pilihlah perabotan dengan ukuran yang lebih kecil pula. Bukan hanya itu, jangan terlalu banyak memasukkan perabotan di taman yang akan membuat taman terlihat semakin sempit lagi.

Hindari penggunaan gazebo pada lahan yang sempit, sebagai gantinya, kamu bisa memilih kursi dan meja dengan ukuran yang kecil dan diletakkan di bagian tepi taman agar nampak taman nampak lebih luas lagi.

Tinggalkan komentar