Rasakan Sensasi Tak Terlupakan dengan Berkunjung ke Taman Safari Indonesia

Taman Safari merupakan salah satu tempat wisata favorit yang ada di Indonesia. Sekilas seperti sebuah kebun binatang. Di dalamnya terdapat banyak sekali berbagai koleksi binatang mulai dari yang jinak sampai yang buas. Berbeda dengan kebun binatang umumnya yang menyimpan hewan di kandang dengan ukuran yang terbatas, di Taman Safari berbagai macam binatang disetting seperti di alam terbuka. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa.

Nah, pada kali ini kita akan mengulas secara lengkap informasi mengenai Taman Safari. Yuk, simak dengan seksama.

 

Sejarah Taman Safari Indonesia

laurenthetravelingteacher.blogspot.com
laurenthetravelingteacher.blogspot.com

Taman Safari Indonesia dibangun pada tahun 1980 di sebuah perkebunan teh yang sudah tidak beroperasi lagi yang memiliki luas tanah 50 hektare, Pada masa itu melalui Menteri Parawisata Pos dan Telekomunikasi, yakni Soesilo Soedarman menetapkan taman ini sebagai Obyek Wisata Nasional. Selain itu, pada tanggal 16 Maret 1990 Menteri Kehutanan yakni Hasyrul harahap, meresmikan taman ini sebagai Pusat Penangkaran Satwa Langka.

Lokasi Taman Safari Indonesia

ewamobilandi.com
ewamobilandi.com

Taman Safari Indonesia merupakan tempat wisata keluarga yang berorientasi pada penyajian satwa liar di alam bebas. Adapun lokasi dari Taman Safari Indonesia ini berada di Desa Cibeureum, kecamatan Cisarua, termasuk wilayah kabupaten Bogor, Jawa Barat. Daerah Cisarua juga sering dikenal masyarakat dan wisatawan dengan kawasan puncak. Taman ini sudah memiliki fungsi sebagai penyangga dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pada ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut yang mempunyai suhu rata-rata 16-24 derajat Celsius.

Keunikan Taman Safari Indonesia

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Jika dibandingkan dengan kebun binatang lainnya, Taman Safari Indonesia mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan tersebut adalah para pengunjungnya dapat berkeliling ke berbagai area untuk dapat melihat dari jarak begitu dekat semua jenis binatang menggunakan mobil pribadi atau juga dengan bus yang telah disediakan oleh pihak pengelola Taman Safari. Selain itu, para pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsun dengan melihat begitu dekat atau memberi makan berbagai hewan yang ada di Taman Safari tersebut.

Jika kamu berlibur di tempat wisata ini, maka kamu akan disuguhi dengan koleksi dan juga pertunjukan Gajah yang begitu menggemaskan. Perlu kamu ketahui, Taman Safari ini sudah mempunyai sekitar 2.500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia. Termasuk di dalamnya terdapay beberapa hewan langka seperti anoa, gajah, komodo, jerapah, harimau sumatera, orang utan, singa dan masih banyak yang lainnya.

Sarana dan Fasilitas Taman Safari Indonesia

reshaarieshandy.blogspot.com
reshaarieshandy.blogspot.com

Taman Safari Indonesia juga dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas rekreasi serta atraksi seperti bus safari, sepeda air, kano, danau buatan, rumah setan, atraksi hewan, taman burung, kincir raksasa , kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, kolam renang dengan ala Afrika, serta fasilitas dan wahana menarik lainnya.

Ada Berapa Taman Safari Indonesia?

hellobogor.com
hellobogor.com

Kini, luas Taman Safari sudah berkembang menjadi 168 hektare serta dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan rekreasi. Selain itu, pada akhir pekan atau libur panjang biasanya pengelola mengadakan safari malam.

Untuk semakin melebarkan sayapnya, Taman Safari Indonesia juga sudah mulai membuka tempaw wisata baru yang terdapat di daerah lain. Yakni Taman Safari Indonesia 2 yang berada di lereng Gunung Arjuna, Kec. Prigen, Kabupaten Pasuruan Madura, Jawa Timur. Selain itu, ada juga Bali Safari dan Marine Park yang terdapat di desa Serongga, Kec. Gianyar Bali.

Demikian penjelasan mengenai Taman Safari Indonesia. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar