Tanaman Herbal Sebagai Alternatif Pengobatan Alami

Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan jenis tanaman herbal. Lebih dari 300 jenis tanaman potensial yang bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat. Sebagian khasiatnya pun telah terbukti melalui uji klinis.

Namun tidak semua bagian dari tanaman obat dapat dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat. Misalnya saja seperti tanaman jahe, kunyit dan temulawak yang hanya bagian rimpangnya saja yang berkhasiat.

Sedangkan buah nanas, jeruk nipis dan belimbing kebanyakan buahnya saja yang dimanfaatkan sebagai obat. Bagian tanaman lainnya yang berguna adalah kulit batang, biji, akar, getah dan daun. Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman herbal beserta dengan khasiatnya :

 

 

Seledri (Apium Graviolens)

seledri
https://www.penabiru.com/

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini, selain enak digunakan sebagai penyebab rasa ternyata seledri juga berkhasiat sebagai obat alami karena kaya akan fosfor, kalsium dan lain-lain.

Seledri bisa digunakan sebagai obat asam urat. Caranya cukup dengan merebus beberapa lembar daun seledri untuk dijadikan segelas air, didihkan lalu minum setiap hari.

Mengkudu (Morinda Citrifolia)

mengkudu
www.youtube.com

Di setiap daerah mengkudu memiliki nama yang berbeda-beda, contohnya seperti di Jawa disebut kudu, di Aceh disebut keumeude, dan di Sunda disebut Cengkudu. Di Aceh mengkudu kebanyakan ditanam di sekitar rumah warga, karena dipakai sebagai bahan rujak maupun menu buka puasa khas Aceh.

Tapi tahukan anda bahwa buah mengkudu juga bisa dijadikan obat jantung coroner serta membantu mencegah penyakit jantung berbeda. Caranya sangatlah mudah, cukup haluskan mengkudu lalu saring air sarinya. Kemudian tambahkan sedikit madu dan minumlah 2 kali sehari setelah makan.

 

Daun Dewa (Gynura Divaricata)

daun dewa
amhw95.blogspot.com

Daun dewa dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun dewa memiliki kandungan saponi, minyak atsiri dan lain-lain. Daun dewa bisa digunakan sebagai obat penyakit stroke serta pencegah datangnya penyakit stroke. Selain itu juga bisa mengobati luka memar serta penurun darah tinggi.

Demikianlah sedikit ulasan tentang tanaman herbal. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda tentang tanaman herbal. Terima kasih.

Tinggalkan komentar