Jenis-jenis Tanaman Hias Cemara yang Unik

Cemara, seseorang jika mendengar kata cemara kan terbesit dalam fikirannya adalah pohon yang sering di jadikan sebagai pohon natal dalam. Namun, tanaman hias cemara memmpunyai banyak jenisnya, dan cemara yang sering di gunakan utuk natal adalah salah satu jenis pohon cemara yaitu jenis cemara pinsil.

Nah kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis pohon cemara yang ada :

 

 

Cemara Kipas

tanaman cemara kipas
www.satujam.com

Cupressaceae dengan genus thuja atau mungkin lebih akrab dikenal dengan whitecedar, yaitu salah satu jenis dari keluarga cemara kipas.  Tananam cemara ini di perkenalkan pertama kali dari eropa sebagai tanaman hias. Ciri dari tanaman cemara kipas adalah memiliki daun yang kecil dan sedikit kaku,serta bentuk crow yang merimbun bisa di jadikan obat kudis pada suku indian pada era ke 16 tepatnya di kanada.

Cemara Pinsil

tanaman cemara pinsil
warung-tanaman.com

Cemara pinsil adalah salah satu dari pohon yang datang dari mediterania. Dalam bahasa latin di sebutkan sebagai cupressus sempervirens, yang masih satu keluarga dengan cupressaneae. Cemara mempunyai kayu pohon yang kuat dan mempunyai batang yang wangi dan itu semua menajadi alasan kenapa beberapa orang mengawali untuk membudi daya cemara. Pohon cemara pinsil bisa bertahan hidup di cuaca yang panas.

Cemara Norfolk

tanaman cemara norfolk
www.inovamitraalamhijau.com

Pohon cemara norfolk  memiliki cabng yang simetris seperti himpunan jarum yang tajam, serta mempunyai formasi segitiga ke atas. Pohon cemara ini di temukan di samudra pasifik pulau Norfolk, yang akhirnya di sebut dengan cemara Norfolk.  Keringgian pohon cemara ini 50 hingga 65 meter. Dan saat di alam, perkembangan tinggi umunya akan tampak simertis, dan daun yang ada di bagian bawahnya akan berguguran. Pohon ini keluarga dari araucariaceae.

Cemara Udang

tanaman cemara udang
www.satujam.com

Ccasuarina equisetifolia atau cemara udang banyak di temukan di pesisir Indonesia. Cemara satu ini umumnya di bonsai serta mempunyai nilai julal yang tinggi hingga mencapai Rp. 300.000 sampai puluhan juta harganya tergantung tingkat kesukaran serta keindahan bentuk cemara. Tidak heran jika ada beberapa orang yang membudidayakan cemara ini, namun pada awalnya cemara udang hanyalah pohon biasa yag di tanam di pinggir pantai untuk menahan ombak.

Tinggalkan komentar