Pemanfaatan Tanaman Hias Erpah untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Pernahkah kamu mendengar atau melihat erpah? Pasti pernah, hanya saja mungkin kita tidak mengetahui namanya.

Semua dari kita yang menyadari bayam hijau dan manfaatnya, namun erpah juga mengandung banyak manfaat kesehatan. Daunnya biasanya bulat, tebal, dan hijau kaya warna, namun batangnya berwarna cerah. Daun dan batang erpah mengandung cairan berwarna merah. Erpah memiliki rasa manis, rasa mentah dan tekstur sangat halus seperti bayam hijau. Erpah berasal dari bagian tropis Amerika. Erpah biasanya dikonsumsi sebagai sayuran di banyak bagian India.

Erpah membantu dalam proses buang air besar karena mengandung banyak serat. Makanan berserat ini membantu dalam pencernaan yang bermanfaat untuk menyembuhkan kanker usus besar, diabetes, kolesterol serta untuk menurunkan berat badan.

Selain pencernaan makanan, erpah membantu meningkatkan fungsi ginjal dan membersihkan darah setelah melahirkan. Mengkonsumsi erpah dalam bentuk sayuran meningkatkan fungsi ginjal. Daun erpah mengandung protein yang membantu mengurangi kadar insulin dalam darah dan erpah juga melepaskan hormon yang membantu menurunkan rasa lapar.

Erpah juga membantu mengurangi anemia. Ambil 2 genggam daun erpah dan cuci dengan baik di air mengalir. Tumbuk sampai kamu mendapatkan daun erpah yang sudah halus. Tambahkan 1 sendok makan jus lemon, 1 sendok makan madu, dan telur. Minum sekali sehari selama seminggu sampai kamu mendapatkan hasil terbaik.

Tanaman hias erpah
Tanaman hias erpah – taman-habiban.blogspot.com

Kandungan-kandungan yang ada di erpah bisa meyembuhkan disenteri. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan mengambil 10 batang akar erpah. Cuci bersih, tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit garam dan aduk dengan baik. Saring dan minum sekaligus.

Atau apakah kamu sedang mencari obat untuk menguatkan rambutmu. Jika begitu ambil seikat erpah segar dan cuci sampai bersih. Tumbuk sampai Anda mendapatkan erpah halus. Tambahkan satu sendok teh garam dan aduk hingga merata. Saring ini dan kemudian peras. Minum 2-3 kali seminggu. Erpah juga membantu dalam pencegahan rambut beruban prematur.

Kamu juga bisa membasuh kotoran dalam darah dengan daun erpah, tepatnya dengan tumbukan halus daun erpah. Tambahkan satu sendok makan jus lemon, madu dan kuning telur. Aduk untuk mencampurnya dengan baik, lalu minum ramuan ini sekali sehari selama seminggu untuk membersihkan darah dalam tubuh kamu.

Erpah bisa dimakan dengan berbagai cara. Erpah dapat dikonsumsi baik mentah atau dimasak. Kamu dapat membuatnya menjadi tumisan, atau digunakan sebagai daun salad, campuran dalam sayuran, buah-buahan, telur, kacang-kacangan, pasta atau keju. Erpah digunakan secara luas dalam makanan India dengan menambahkan rasa rempah-rempah, jahe, bawang putih, bawang merah, krim, dan cabai. Kamu juga dapat menyimpannya untuk dikeringkan dengan cara didinginkan selama satu sampai dua minggu.

Erpah juga bisa digunakan sebagai obat luar. Salah satu obat luar dari erpah adalah penawar dari gigitan binatang beracun. Caranya kamu dapat menumbuk beberapa daun erpah segar menjadi erpah halus. Oleskan ini ke luka gigitan binatang berbisa seperti ular, reptil, dll.

Daun erpah mengandung asam amino esensial, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin E, kalium dan vitamin C. Bantuan ini untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang pada gilirannya membantu untuk menyembuhkan atau mencegah sel-sel kanker. Ambil segenggam daun erpah. Rebus dalam panci berisi air sampai isi menjadi setengah. Dinginkan lalu konsumsi rebusan ini untuk menyembuhkan demam.

Seperti itulah cara-cara pemanfaatan erpah untuk berbagai kebutuhan terkait kesehatan, kulit, dan rambut. Sungguh tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali dengan obatnya.


Sumber Rujukan: Manfaat Erpah untuk Kesehatan

Tinggalkan komentar