Ciri-Ciri Tanaman Hias Krokot dan Manfaatnya Sebagai Tanaman Obat

Tanaman hias krokot termasuk tanaman tahunan yang siklus hidupnya hanya setahun. Tanaman hias krokot bisa tumbuh sampai ketinggian 50 cm. Batangnya berwarna merah keunguan, agak gemuk dan tebal.

Daun tanaman hias krokot berwarna hijau, tebal dan berdaging, berbentuk bulat telur dengan ujung dan pangkalnya tumpul. Tepian daunnya rata dan berdaging dengan panjang daun sekitar 1-3 cm dan lebar daun sekitar 1-2 cm.

Sedangkan bunganya berwarna kuning sulfur. Bunga tanaman hias krokot termasuk kelompok bunga majemuk dan memiliki kelopak bunga berwarna hijau.

Mahkota bunga krokot berbentuk seperti jantung dengan 3-5 kepala putik berwarna putih dan kuning. Buah tanaman hias krokot berbentuk agak kotak, berwarna hijau dan berbiji banyak. Biji buahnya kecil, berwarna hitam dan mengkilap.

menu makanan tanaman krotok
http://www2.jawapos.com/

Tanaman hias krokot umumnya dianggap sebagai rumput liar di Amerika Serikat, tapi juga biasa dimakan sebagai daun sayuran. Daun tanaman krokot memiliki rasa asin dan asam ketika dimakan. Sayur daun krokot biasanya dikonsumsi di wilayah Meksiko, Asia, Timur Tengah dan Eropa.

Tanaman krokot juga termasuk sebagai tanaman obat dan sudah terdaftar di WHO. Sebanyak 23 negara di dunia sudah mengunakan tanaman hias krokot sebagai tanaman obat. Di China dikenal dengan nama ma chia xian dan digunakan untuk menyembuhkan penyakit disentri.

Tanaman krokot sebagai tanaman obat bersifat penenang, peluruh air seni dan anti racun.

Satu pemikiran pada “Ciri-Ciri Tanaman Hias Krokot dan Manfaatnya Sebagai Tanaman Obat”

  1. Artikel sNgat bagus mengenai ciri2 tanaman dan terdaftar di who adl pengetahuan yg sgt liar biasa, alangkah lebih jelas lagi jika manfaat tanaman lebih didetilka lagi. Trims

    Balas

Tinggalkan komentar