Mengenal Cara Menanam Tanaman Hidroponik Cabe

Menanam dengan metode hidroponik semakin hari semakin banyak penggemarnya. Dengan cara metode menanam ini kita tidak lagi memerlukan tanah sebagai media menanam.

Salah satu tanaman yang biasa ditanam salah satunya adalah cabe. Cabe menjadi kebutuhan yang wajib ada didapur. Nah, untuk itu kita bisa mencoba mencukupi kebutuhan cabe kita dengan menanam sendiri tanaman cabe dengan cara metode hidroponik.

Menanam hidroponik cabe dimulai dengan tahap pembibitan, yang kita butuhkan adalah benih cabe dari cabe yang ingin kita tanam. Kemudian setelah kita memilih benih, langkah selanjutnya adalah tahap persemaian.

tanaman hidroponik cabe
jualnutrisicabe.blogspot.com

Benih cabe disemai dan direndam dalam air agar tumbuh kecambah. Selanjutnya kita siapkan wadah atau tempat untuk digunakan sebagai media tanam. Kita dapat mengunakan wadah plastik bekas yang ada disekitar kita.

Media tanam yang dapat kita gunakan misalnya sekam bakar, coco beat, kerikil, gabus atau spons dan lain sebagainya. Media tanam diusahakan yang dapat menyerap air dan menyimpan air.

Benih cabe yang sudah tumbuh kecambah kita taburkan dan masukkan dalam wadah yang sudah diisi dengan media tanam. Tempatkan wadah pada tempat yang lembab dan yang terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Tanaman cabe yang sudah tumbuh daun sejati, kemudian kita pindahkan pada wadah sendiri agar nantinya dapat tumbuh dengan baik. Tetntunya wadah tersebut juga sudah diberi sekam bakar, coco beat, atau media tanam yang lain.

Kemudian untuk merawat tanaman cabe, kita hanya perlu menyiramnya secara rutin agar cabe tumbuh dengan subur. Selain itu jaga tanaman cabe agar tidak terserang hama penyakit dan gangguan lainnya.

Tinggalkan komentar