Tanaman Paling Unik di Dunia yang Menakjubkan

Di dunia ini ada banyak sekali jenis tanaman dengan bentuk yang unik. Ada yang mampu mengeluarkan bau busuk, ada yang mampu bertahan selama bertahun-tahun dan ada juga tanaman yang mampu memangsa serangga. Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman unik yang ada di dunia.

 

Welwitschia Marabilis

Bunga Welwitschia Marabilis
wikimedia.org

Tumbuhan asli Namibia ini memiliki daya tahan yang luar biasa dan hanya satu-satunya. Welwitschia Marabilis hanya memiliki dua daun, satu batang serta sistem akar. Kedua daun tumbuhan ini mampu terus tumbuh hingga menyerupai seperti alien. Batang tanaman ini semakin lama akan semakin tebal tapi tidak semakin meninggi.

Tinggi maksimum tanaman Welwitschia Marabilis hanya 2 meter tapi diameternya bisa mencapai hingga 8 meter. Tanaman ini bisa berumur hingga 400 tahun hingga 15 abad dan juga mampu terus hidup tanpa hujan selama 5 tahun.

Dionaea Muscipula

Bunga Dionaea Muscipula
https://c2.staticflickr.com/

Tanaman Dionaea Muscipula merupakan tanaman karnivora yang terkenal, ini dikarenakan aktivitas serta efisiensinya memerangkap mangas. Daun yang berpasangan merupakan ciri khas dari tanaman ini yang berfungsi sebagai perangkap dengan rambut yang ultra sensitif, sehingga mampu merasakan adanya hewan maupun serangga kecil yang datang.

Begitu rambut yang ada di daun tersentuh, maka daun secara otomatis akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinnya.

Rafflesia Arnoldi

bunga Rafflesia Arnoldi
wikimedia.org

Tanaman yang satu ini termasuk bunga besar langka yang mendapatkan perhatian luar biasa dari dunia. Ukuran bunga Rafflesia Arnoldi mampu mencapai 1 meter dan beratnya bisa mencapai 8 kg hingga 12 kg. Tapi bunga ini mengeluarkan bau yang tidak sedap, malah mendekati daging busuk.

Itulah mengapa tanaman unik ini disebut bunga bangkai dari Indonesia. Bunga ini mekar seminggu atau tiga hari serta bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini mampu menarik serangga untuk membuahinya. Namun sayang, dari hasil pembuahan hanya 10 hingga 20 persen saja yang berhasil tumbuh.

Demikianlah sedikit ulasan tentang tanaman unik. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda dalam mengenal tanaman-tanaman yang ada di dunia. Terima kasih.

Tinggalkan komentar