Sedang Hamil Kah Kamu? 7 Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu Ini Akan Memberitahumu

Setiap pasangan suami istri pasti ingin memiliki keturunan yang sehat dan sempurna. Kehamilan sang istri merupakan kebahagiaan terbesar bagi keduanya. Namun, kadang kala ada pasangan yang tidak menyadari bahwa istrinya sedang hamil muda.

Itulah sebabnya kamu harus tahu, tanda-tanda awal kehamilan tanpa pemeriksaan medis. Biasanya, saat kamu hamil seminggu, keberadaan janin belum terdeteksi jelas oleh tes USG. Hanya perubahan fisik dan kebiasaan yang bisa menandai sebuah kehamilan muda.

Berikut ini tanda-tanda hamil usia seminggu yang wajib kamu ketahui. Check it guys!

Terjadi Pendarahan

abiummi.com

Proses implantasi janin atau implantation bleeding menimbulkan efek pada sang ibu, yaitu berupa pendarahan. Pendarahan tersebut berupa bercak darah yang jumlahnya lebih sedikit daripada darah haid.

Jika kamu mengalami hal ini, kemungkinan besar kamu hamil muda. Sejak saat itu juga kamu harus berhati-hati dan menjaga kandunganmu karena usia kehamilan satu minggu masih rentan keguguran.

Mengalami Kram Perut

kesehatanaz.com

Tanda kehamilan yang kedua yaitu ketika kamu mengalami kram perut. Rasa sakit perut yang teramat sangat akan timbul akibat proses penempelan janin ke dinding rahim.

Kram perut biasanya terjadi di minggu pertama kehamilan. Kalau itu kamu alami, bersabarlah sebentar karena kamu akan merasakannya sampai proses implantasi janin sempurna.

Perubahan Bentuk Fisik

tentangwanita.com

Ini ciri fisik wanita hamil yang paling mudah dilihat. Semua anggota tubuh mengalami perubahan, seperti nampak membengkak. Mulai dari kaki dan betis membengkak, pipi terlihat cubby, payudara dan pinggul membesar.

Zaman sekarang mungkin agak sulit membedakan dari ciri fisik. Namun, jika diamati lebih dalam, sebenarnya sangat berbeda sekali antara wanita hamil dan bertubuh gemuk. Wanita hamil muda bukan gemuk tapi lebih seperti bengkak.

Kamu Mual dan Muntah

oh-gitu.blogspot.com

Kondisi ini disebut morning sickness. Walaupun tidak semua wanita hamil mengalami morning sickness, tapi umumnya terjadi pada mereka yang sedang hamil. Dinamakan morning sickness karena para wanita hamil sering mengalaminya di pagi hari.

Buang Air Kecil Lebih Sering

aliexpress.com

Kalau kamu sering mengalami buang air kecil satu minggu setelah berhubungan, bisa jadi kamu sedang hamil muda. Janin yang menempel dalam rahim kamu akan membutuhkan ruang yang lebih luas sehingga perluasan tersebut menekan kandung kemih.

Saat itulah kamu akan lebih sering buang air kecil. Meskipun merupakan salah satu tanda kehamilan muda, namun intensitas buang air kecil tidak bisa dijadikan tolok ukur yang pasti. Hanya sebagai indikator saja, agar kamu lebih waspada.

Kamu Lebih Mudah Lelah

googleusercontent.com

Wanita hamil muda biasanya lebih mudah merasa lelah dan mengantuk. Meskipun aktivitas yang dilakukan terbilang kecil, namun kamu tetap mengalami kelelahan seperti habis bekerja keras. Untuk kamu yang memiliki darah rendah, berhati-hatilah.

Saat hamil, jangan terlalu lelah. Wanita hamil yang mengalami tekanan darah rendah akan mengalami pingsan jika sangat lelah. Selain itu, kalau gejala tersebut disertai sembelit dan suhu tubuh meningkat 1oC setelah bangun tidur, mungkin kamu memang sedang hamil muda.

Terlambat Datang Bulan

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Bagi wanita yang telah menikah, keterlambatan datang bulan atau haid bisa menjadi indikator utama kehamilan. Saat itu sel telur dalam ovarium telah berhasil dibuahi sehingga tidak mengalami pendarahan seperti biasanya.

Mulai sekarang, cobalah menghitung kapan hari pertama kamu menstruasi. Jika, bulan berikutnya kamu tidak mengalami menstruasi sama sekali, kemungkinan besar kamu sedang hamil muda.

Itulah tadi tanda-tanda hamil usia satu minggu yang lazim dialami wanita. Namun, ada baiknya kamu juga melakukan tes kehamilan dengan test pack atau ke dokter kandungan untuk memastikan.

Tinggalkan komentar