Sekilas Tentang Penyakit Leukimia, Tanda-tanda dan Cara Pengobatannya

Leukimia merupakan sebuah penyakit yang sering diderita oleh banyak orang. Penyakit Leukimia sendiri biasanya terjadi pada anak-anak, yakni sekitar 75% dari semua kasus tentang penyakit leukimia terjadi pada mereka yang masih anak-anak.

Penyakit ini umumnya menyerang pada mereka yang berada dalam interval usia 4 – 30 tahun. Meskipun begitu, beberapa kasus penyakit leukimia bisa menyerang pada mereka yang berusia di atas 30 tahun, ataupun mereka yang berusia di bawah 4 tahun.

Penyakit ini merupakan salah satu dari banyaknya ketegori penyakit kanker pada tubuh manusia.

Penyakit leukimia ini disebabkan oleh produksi sel darah putih yang berlebih pada tubuh. Sehingga komposisi normal antar sel darah, yakni sel darah merah dan sel darah putih menjadi terganggu.

Penyakit leukimia ini biasanya dapat kita diagnosa, melalui gejala-gejala yang sering terjadi pada penderita, yakni seperti mimisan, bintik merah pada tubuh, kurangnya sel darah merah (anemia), radang gusi, tubuh yang mudah lelah, kulit pucat, dan beberapa gejala lainnya.

Terlalu sering mimisan merupakan salah satu gejala dari penyakit leukimia. |Pict by. sehatfresh.com
Terlalu sering mimisan merupakan salah satu gejala dari penyakit leukimia. |Pict by. sehatfresh.com

Selain itu, penyakit leukimia juga bisa terjadi akibat kelainan kromosom sel yang mungkin diakibatkan oleh paparan dari zat radiasi, kelainan genetik yang diwariskan oleh orang tua, ataupun zat karsinogenik.

Penderita penyakit ini memerlukan perawatan atau penanganan yang intens untuk menyembuhkannya. Mulai dari transplantasi sumsum tulang, kemoterapi, dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel penulis tentang penyakit leukimia. Semoga dapat bermanfaat, dan memperluas wawasan Anda.

Tinggalkan komentar