Teruntuk Seluruh Wanita, Kamu Harus Mengetahui 5 Tanda-tanda Menstruasi Ini

Sebagai seorang wanita, kamu perlu mengetahui dan memahami tanda-tanda menstruasi atau haid. Dengan mengetahui ciri-ciri menstruasi yang akan muncul, hal ini bisa membantu kamu menjadi lebih waspada. Selain itu, aktifitas yang biasanya kamu lakukan setiap harinya tidak akan terganggu dan kamu menjadi lebih leluasa.

Wanita setiap bulannya secara rutin akan mengalami masa menstruasi. Dimana sebelum menstruasi datang, ada beberapa ciri atau tanda yang akan dialami oleh wanita. Tanda-tanda ini bisa kamu perhatikan, baik secara fisik maupun mental. Namun, tidak semua wanita mengetahui tanda-tanda menstruasi akan datang. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tanda-tanda menstruasi. Yuk, simak dengan seksama.

1. Emosional

wikihow.com
wikihow.com

Hal yang sering terjadi pada wanita saat menjelang menstruasi atau haid adalah terkadang moodnya menjadi sensitif, mudah marah, maunya uring uringan, cengeng dan memiliki rasa malas untuk beraktifitas. Nah, jika kamu mengalami gejala-gejala tadi, berarti kamu sedang mengalami tanda-tanda akan menstruasi.

Terkadang jika seorang ibu rumah tangga yang suka uring-uringan tanpa alasan terhadap suaminya, hal itu dapat membuat bingung suaminya. Oleh karena itu, para suami harus dapat memahami hal tersebut, bahwa hal itu merupakan tanda-tanda menjelang menstruasi. Sehingga jika suami sudah tau, maka tidak akan terjadi masalah hubungan suami-istri.

2. Masalah Pada Perut

Kram perut
caraterbarumengatasi.com

Ketika menjelang menstruasi atau haid, biasanya wanita akan mengalami masalah pada perutnya. Masalah-masalah pada perutnya itu meliputi hal-hal seperti perut diare, mual atau sembelit merupakan gejala awal tanda akan mengalami haid atau menstruasi.

Kamu bisa menggunakan kalkulator siklus menstruasi untuk mengetahui kapan datang bulan selanjutnya.

Selain itu, ada juga beberapa wanita yang mengalami masalah perut seperti tidak nafsu makan dan ada juga yang mau makan makanan tertentu seperti seorang ibu hamil yang sedang ngidam.

3. Keputihan Saat Haid

hatree.com
hatree.com

Kalau misalnya kamu merasakan adanya cairan lendir putih namun tidak bau dan berasal dari area kewanitaan, maka hal tersebut disebut keputihan. Pertama kali umumnya berwarna putih, tetapi lama-lama akan berubah warnanya menjadi seperti coklat. Adapun ciri-ciri keputihan adalah sebagai berikut.

  1. Keluarnya cairan berlebihan seperti haid atau menstruasi.
  2. Cairannya kental serta berbau busuk.
  3. Berwarna kuning atau kehijauan.
  4. Menimbulkan rasa gatal di area vagina.
  5. Muncul rasa panas di sekitar vagina.

4. Perubahan Pada Tubuh

http://gazettereview.com
gazettereview.com

Bagi para wanita, tanda-tanda yang berikut ini harus sangat diperhatikan saat menjelang menstruasi karena jika tidak diperhatikan dikhawatirkan akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Adapun perubahan-perubahan tersebut adalah sebagai berikut.

Timbulnya jerawat merupakan tanda yang paling sering dirasakan oleh setiap wanita ketika menstruasi akan tiba. Jerawat yang muncul di wajah atau bagian tubuh yang lainnya pada saat menstruasi merupakan akibat dari proses hormonal yang biasanya mengalami perubahan.

Selain itu, terkadang ada juga yang mengalami bengkak pada bagian tubuh seperti bengkak pada bagian tangan dan kaki. Pembengkakan yang kadang terjadi pada bagian tubuh lainnya adalah di bagian payudara yang terasa lebih kencang dan puting yang terasa lebih besar dari biasanya.

5. Mengalami Kelelahan dan Rasa Nyeri

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Tanda-tanda menstruasi lainnya adalah terasa capek serta pegal di area sekitar paha dan punggung. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencoba meredakan nyeri akibat menstruasi dengan nutrisi alami.

Demikian penjelasan mengenai tanda-tanda atau ciri menstruasi. Semoga bermanfaat ya. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar