Tanda-Tanda Penyakit HIV AIDS Pada Seseorang

Penyakit HIV AIDS adalah penyakit yang mematikan dan membahayakan, bahkan lebih ganas daripada kanker.

Penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV ini dapat menghancurkan dan mematikan fungsi serta kinerja organ penting dalam tubuh manusia, terutama kinerja sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh berguna menghalau berbagai serangan penyakit, namun kinerja itu tak lagi berfungsi secara normal dan menyeluruh.

Tanda-tanda HIV AIDS
simanja.info

Ketika seseorang terserang virus HIV AIDS, akan banyak tanda-tanda yang muncul. Tanda-tanda terserang penyakit HIV AIDS yaitu di antaranya :

1. Tahap 1 Periode Jendela

Pada tahap ini virus HIV yang masuk ke dalam tubuh akan membentuk antibodi HIV di dalam darah. Tubuh penderita akan terlihat masih sehat. Kira-kira tahap ini dapat berlangsung 2 minggu sampai 6 bulan.

2. Tahap 2 HIX Positif (Tanpa gejala)

Penyebaran virus dalam tubuh semakin meluas dan berkembang. Meskipun begitu penderita jika melakukan tes pemeriksaan virus HIV belum menunjukkan gejala khusus, jadi tubuh masih tampak sehat. Pada tahap ini biasanya akan berlangsung selama 5 sampai 10 tahun.

3. Tahap 3 HIV Positif (Timbul gejala)

Di tahap ini penderita mulai merasakan tanda-tanda yang dirasakan oleh tubuh dan terlihat. Tanda-tanda tersebut berupa infeksi Opurtunistik, yaitu pembengkakan kelenjar limfa di seluruh tubuh, diare yang terus menerus, flu dan penyakit lainnya yang menyerang tidak dapat disembuhkan. Tahap ini berlangsung selama 1 bulan tergantung daya tahan tubuh.

4. Tahap 4 AIDS mulai tampak jelas

Tahap 4 adalah stadium akhir. Virus berkembang dan mulai tampak terlihat dengan jelas. Keadaan tubuh semakin lemah dan kemampuan sistem kekebalan tubuh tak mampu lagi mempertahankan kekuatan tubuh.

Berbagai penyakit mulai mengancang hingga dapat mengakibatkan komplikasi. Komplikasi inilah yang dapat mengancam nyawa si penderita.

Itulah beberapa tanda-tanda jika tubuh terserang virus HIV AIDS. Semoga kita tidak menjadi salah satu korban penyakit ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar