Mengenali Tanda-tanda Penyakit Tipes dan Cara Pencegahannya

Penyakit tipes atau yang biasa dikenal dengan tipes disebabkan oleh salah satu jenis bakteri yaitu salmonella thypti dan ini biasanya terjadi karena makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Gejala penyakit tipes perlu diperhatikan karena jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi lebih buruk.

Tanda-tanda akan terkena penyakit tipes karena adanya bakteri salmonella thypti yang masuk kedalam tubuh karena tidak menjaga kebersihan makanan dan minuman yang tidak bersih, tidak mencuci tangan ketika akan memegang makanan, minum air mentah dari kran atau air yang tidak direbus dulu, atau makan jajanan di luar yang kurang terjaga kebersihannya. Berikut tanda-tanda penyakit tipes yang harus dikenali:

uceng999.com
uceng999.com
  • Penderita penyakit tipes akan terasa demam yang cukup tinggi di malam hari namun pada pagi dan siang hari suhu tubuh menurun lalu saat menjelang malam demam kembali naik.
  • Pada lidah bagian tengah berwarna putih sedangkan pada bagian pinggirnya kemerahan serta ketika mengecap lidah akan terasa pahit.
  • Di tenggorokan akan mengalami peradangan serta di bagian bibir menjadi kering, pecah-pecah dan mulut akan berbau tidak sedap.
  • Mengalami sakit kepala, tubuh akan menggigil dan di bagian otot akan terasa nyeri.
  • Nafsu makan menjadi turun sehingga membuat tubuh menjadi lemas serta akan menyebabkan penurunan berat badan.
  • Akan muncul bercak merah seperti demam berdarah pada bagian perut dan dada.
  • Perut akan terasa mual serta muntah-muntah dan bagian perut mengalami nyeri yang disebabkan oleh adanya pembengkakan hati dan juga limfa.
  • Jika gejala tipes sudah terasa parah dapat menyebabkan tubuh lemas, kesadaran menurun bahkan pingsan.
  • Gejala tipes harus secepatnya ditangani oleh dokter karena jika dibiarkan akan semakin parah bahkan bisa menyebabkan bagian usus bocor dan tentunya menjadi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

Itulah ulasan artikel tentang tanda-tanda penyakit tipes, oleh karena itu penulis sangat menyarankan untuk menjaga kebersihan saat makan dan minum agar terbebas dari bakteri Salmonella Thypti yang bisa menyebabkan penyakit tipes atau tipus.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar