Ketahui Tanda-Tanda Stroke Bisa Menyelamatkan Banyak Nyawa

Apa itu stroke? Stroke adalah gangguan pada fungsi otak yang terjadi secara tiba-tiba, di sebabkan oleh gangguan pembuluh darah yang ada pada otak, dan jika dibiarkan secara terus menerus bisa menjadi penyebab kematian.

Stroke bisa muncul kapan saja, pada siapa saja, dan dalam kondisi apapun. Bahkan ada juga beberapa kasus stroke tiba tiba muncul tanpa ada gejala terlebih dahulu. Tetapi paling tidak kita harus bisa mengenali gejala awalnya sehingga bisa mencegahnya sebelum menjadi lebih parah.

http://www.idkesehatan.com/
http://www.idkesehatan.com/

Kita bisa mengetahui gejala-gejala stroke dengan FAST (Face, Arms, Speech, Time). Dengan mengetahui FAST diharapkan setiap komponen masyarakat dapat memiliki kesadaran untuk segera membawa pasien yang terlihat tanda tandanya dengan segera ke UGD terdekat.

Mari kita bahas lebih jelas tentang FAST.

  1. Face (Wajah). Mintalah orang yang dicurigai mengalami stroke untuk tersenyum, dan cobalah perhatikan, apakah wajahnya tampak tidak simetris?
  2. Arms (Lengan). Cobalah dia untuk mengangkat ke-2 tangan lurus kedepan, apakah dia sanggup mengangkat ke2nya atau ada yang terlihat turun.
  3. Speech (Berbicara). Mintalah dia untuk mengulang beberapa kalimat, apakah dia bisa berbicara jelas atau justru terdengar pelo atau cadel.
  4. Time (Waktu). Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, setiap detik sangatlah berharga. Bila anda menemukan salah satu gejala diatas maka segeralah bawa pasien ke UGD ataupun rumah sakit terdekat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar