6 Permainan Menegangkan di Pantai Tanjung Benoa Bali

TANJUNG BENOA – Bali tidak hanya terkenal dengan taian kecaknya, sebuah tradisi budaya yang kental akan kepercayaanya. Tetapi Bali juga menyimpan banyak pesona alam yang masih belum kita ketahui. Diantaranya berupa pantai-pantai eksotik yang dapat memanjakan kamu dan kelaurga saat berada di Bali.

Nah, untuk kamu yang menyukai permainan water sport maka pantai Tanjung Benoa adalah pilihan yang tepat. Karena di pantai ini menyediakan berbagai kelengkapan alat bermain untuk melepas keseruan kamu bersama keluarga. Permainan yang disediakan sangat bervariasi dan dijamin kamu akan puas bersama keluarga maupun sahabat jika berkunjung ke obyek liburan ini.

Kami mencatat beberapa atraksi permainan seru yang dapat kamu lakukan. Yuk dari pada berlama-lama langsung saja kita lihat, apa sih keenam permainan menegangkan di pantai Tanjung Benoa ini, berikut ulasannya.

 

Flying Board

roughguides.com

Di Tanjung Benoa, permainan flying board ini mulai cukup populer. Sebuah permainan terbang di atas papan dengan dorongan air di pantai ini, membuat penasaran banyak orang. Sampai-sampai banyak yang berubutan dan mengantri untuk mencoba permainan ini.

Nah, jika kamu mau tahu seberapa besar keberanian kamu saat datang ke Bali, silahkan mengantri sebelum merasakan “terbang” di atas air dengan menggunakan flying board ini.

Rolling Donut

ticjepara.com

Rolling adalah alah satu permainan favorit di pantai ini. Jika ada yang belum pernah bermain dengan rolling donut, mungkin untuk mengasah adrenalin, permainan ini akan menjadi tantangan tersendiri. Permainan ini cukup banyak peminatnya apalagi di hari libur sering terjadi antrian panjang.

Jika kamu berkunjung ke Tanjung Benoa dan melihat antriannya berkurang, sebaiknya segera bergegaslah untuk ikut mengantri, karena jika tidak kamu akan tertinggal dan bahkan kehabisan alatnya.

Parasailing

wisatalokaleksotis.com

Parasailing adalah kegiatan bermain dengan menggunakan payung parasut yang ditarik oleh speed boat saat mengeliling pantai.

Kegiatan ini merupakan salah satu olah raga yang cukup seru dan menegangkan. Juga menjadi pusat perhatian bagi para wisatawan lokal maupun asing. Karena kegiatan yang satu ini salah satu permainan paling di recomended, tidak hanya mengelilingi pantai dengan menggunakan parasut, melainkan setelah beberapa menit berjalan kamu dan parasit itu akan dilepaskan dengan cuma-cuma.

Wakerboarding

blog.thenicerack.com

Wakerboarding adalah permainan yang paling menantang, tidak hanya seru melainkan sangat meneganggkan. Karena cara yang dilakukan berbeda dengan permainan lainnya, permainan air ini ditarik dengan speedboad saat meluncur dengan menggunakan board, sedikit terlihat mirip dengan ski air  hanya saja pada board ini terlihat lebih pas dan tidak terlalu lebar dengan kaki pemainnya.

Waterski

mckenziewaterskischool.com

Jika kamu pernah main selancar maka waterski tidaklah jauh berbeda, yang membedakan pada permainan ini adalah papan ski kita akan ditarik oleh speed boat. Biasanya, permainan dimainkan oleh turis asing yang datang ke pantai tanjung Benoa.

Pantai ini memberikan pesona alamnya yang begitu indah, sehingga menjadikan salah satu tempat olahraga dalam bermain air. Kegiatan ini dinamakan waterski yang hampir sama seperti main selancar, hanya saja papan ski anda ditarik oleh speed boat. Yang banyak melakukan kegiatan ini kebanyakan adalah turis asing yang datang ke pantai Tanjung Benoa.

Jetski

zululandobserver.co.za

Hai sobat sekalian, kamu pernah mendengar tentang jet ski? Jet ski termasuk salah satu olahraga yang mengasyikkan lho. Olahraga ini dapat memacu adrenalin pengedaranya sekaligus dapat membuat pengendaranya merasa hepi.

Nah bagi yang belum tahu apa itu jet ski, yuk kita ulas sama-sama tentang jet ski ini, harapannya setelah kenalan kamu langsung ingin mencoba jet ski di pantai tedekat yang menyediakannya.

Jetski ada adalah olahraga mengendari sepeda motor di pantai. Panjang durasi sekitar 20 menit dan bagi yang ingin memainkan permainan ini akan ditemani oleh pemandu. Jadi wisatawan tidak diperkenankan membawa sendiri.

Jet ski ini merupakan permainan air yang didorong oleh mesin bertenaga motor, bentuknya layaknya boat-boat yang sering kita jumpai di taman rekreasi. Menariknya jet ski ini bukan termasuk boat yang bisa sembarangan dikendarai oleh orang.

Apabila anda ingin menaiki jet ski ini, jangan lupa harus bersama instruktur atau pemandu yang bertanggung jawab atas jet ski tersebut. Dalam beberapa kasus sempat terjadi tabrakan antar pengguna jet ski dikarenakan tidak mahirnya pengendara dalam mengendarai jet ski tersebut.

Anjuran diatas hanya berlaku ketika kamu sedang di pinggir pantai, tetapi apabila kamu sudah sampai di tengah laut, boleh tuh minta tukeran sama pemandunya gantian boncengan, untuk sensasi yang dirasakan jangan tanya, sangat menyenangkan.

Dalam bermain jet ski ada hal yang harus diperhatikan oleh pengendaranya, seorang pengendara jet ski harus berkonsentrasi penuh pada keseimbangan jet ski nya. Menjaga keseimbangan ini mirip-mirip dengan menjaga keseimbangan ketika naik motor gede.

Semakin menguasai kontrol keseimbangan jet ski ini, maka permainan atau olahraga ini menjadi semakin menarik dan mengasyikkan untuk dilakukan. Hal lain yang sebaiknya dimiliki oleh pengemudi jet ski adalah, pengetahuan tentang teknik yang tepat untuk bermanuver dengan jet ski ini.

Biasanya, apabila pengemudi tidak tahu cara bermanuver yang bagus dan aman, perjalanan dan permainan menjadi tidak terlalu seru dan cenderung monoton.

Jet ski ini juga terkenal sebagai olahraga atau permainan mahal, jadi biasanya orang yang bisa merasakan permainan ini hanya orang-orang yang berkantong tebal.

Sebelum terjun ke pantai dengan jet ski, ada baiknya kamu mempersiapkan hal-hal yang harus ada dan tidak boleh tidak. Hal yang pertama adalah baju pelampung air. Baju ini sangat penting bagi pengendara jet ski agar ketika terjadi insiden yang tidak di inginkan kita mempunyai pertolongan pertama yang sangat membantu dalam menyelamatkan diri kita.

Hal kedua yang sebaiknya kamu pakai adalah baju anti basah, permainan jet ski ini permainan yang menembus dan menerjang ombak lho, sudah tentu pemainnya akan basah kuyup apabila tidak memakai baju anti basah,  kecuali kamu memang sengaja ingin basah-basahan.

Jet ski ini mempunyai dua tipe, yang pertama tipe 1100 cc dan kedua 1200 cc. Cara kerja mesinnya sama saja, yang berbeda jelas daya dorong yang didapat apabila mengendarai jet ski 1200 cc lebih terasa nendang daripada jet ski yang 1100 cc, tapi apapun itu, permainan ini tetap menarik untuk kamu coba.

Bedanya lagi, jet ski yang 1100 cc mudah goyah terkena terjangan ombak diakrenakan bodynya lebih ramping dan ringan dibandingkan dengan yang 1200 cc.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba permainan jet ski ini, kamu bisa mendapatkannya di wisata air Tanjung Benoa. Tanjung Benoa menyediakan banyak jet ski untuk para wisatawan yang datang, dan tahukah kamu? Tanjung Benoa termasuk tempat bermain air kelas dunia, jadi tunggu apalagi, langsung booking tiket ke Bali dan rasakan sensasi keseruannya.

Sea Walker

sea-walker

Kamu suka menyelam tapi tidak tahu cara menyelam? Coba deh permainan yang satu ini. Permainan ini namanya sea walker. Perminan ini sangat mengasyikkan lho, dan percaya tidak percaya, kamu tidak harus bisa menyelam untuk bisa melakukan permainan ini.

Sea walker adalah permainan berjalan di dalam laut, persis sesuai namanya, sea walker. Pasti seru dong bayangin bisa jalan gitu dibawah laut.

Tapi kamu jangan khawatir tidak bisa bernafas ketika melakukan permainan ini. Permainan sea walker ini dilengkapi dengan helm dengan kaca transparan yang bisa membuat mu melihat sekeliling dengan jernih dan leluasa.

Dan jangan khawatir juga, helm permainan ini dilengkapi dengan selang atau semacam kabel-kabel oksigen yang dihubungkan dengan tabung oksigen diatas kapal yang mengantar kita.

Permainan ini cocok untuk menyegarkan pikiran kamu yang sudah suntuk dengan pekerjaan selama seminggu, sensasi menginjak pasir bawah laut dan merasakan desiran air bawah laut menjadikan pikiran anda semakin fresh dan segar.

Dalam hal teknisnya, biasanya penyedia travel setempat mempunyai progam yang sama, mungkin perbedaannya terdapat pada variasi harga saja.

Nantinya, ketika kamu akan be-sea walker ria, kamu dan teman-teman mu akan menaiki kapal atau boat yang disediakan oleh penyedia permainan ini menuju tempat yang biasa di gunakan sebagai sea walker.

Tempatnya biasanya berada di tengah laut, ada semacam spot khusus memang yang mana dataran dalam laut itu lebih tinggi dari dataran di sekelilingnya.

Jarak antar boat dengan dasar laut berkisar antara 5-7 meter, jadi lumayan dalam sebenarnya, tapi tidak usah khawatir, kamu akan diawasi oleh instruktur dilapangan. Ada beberapa pemandangan tambahan yang bisa kamu dapatkan dalam permainan ini.

Pemandangan tambahan yang bisa kamu lihat adalah ikan-ikan cantik plus terumbu karang yang indah. Kalau kamu masih bingung mencari tempat untuk ber-sea walker ria, Tajung Benoa bisa menjadi pilihan untuk kamu mengahabiskan liburan dengan bermain sea walker.

Durasi yang ditawarkan oleh penyedia layanan biasanya berkisar antara 30-45 menit menyelam dalam air. Jadi ini bisa menjadi liburan yang takkan terlupakan merasakan berdiam dibawah air laut selama setengah jam.

Di Tanjung Benoa, untuk olahraga ini, biasanya instruktur atau pemandunya berasal dari Indonesia dan jepang. Sehingga kamu tidak perlu khawatir tenggelam atau hanyut oleh arus laut.

Permainan sea walker ini tidak dianjurkan bagi penderita sakit jantung atau paru-paru, tentu ini dikarenakan tekanan air di bawah laut ditakutkan bisa menyebabkan penyakitnya kambuh dan berakibat fatal.

Permainan ini jua sebaiknya tidak diikuti oleh penderita asma dan ibu yang sedang hamil.

Apabila kamu sudah memutuskan untuk mencoba pemainan ini, jangan lupa ini ada beberapa hal yang harus kamu siapkan agar liburan mu semakin asyik.

Hal utama yang perlu kamu persiapakan adalah kamera dengan case waterproofnya. Jangan sampai momen yang tidak bisa setiap hari kamu dapatkan terlewat begitu saja tanpa diabadikan dengan kamera.

Hal-hal lain yang perlu kamu perhatikan juga adalah membawa baju ganti, sandal, dan swim suit. Perlengkapan diatas dibawa agar kamu nyaman dalam menikmati permainan ini.

So, tunggu apalagi? Bagi kamu yang tertarik ingin mencoba permainan ini bisa langsung menuju Bali, tepatnya di Tanjung Benoa dan Nusa Lembongan. Kamu akan disuguhi pemandangan bawah laut yang menakjubkan dan dijamin bisa menghilangkan penat setelah sepekan bekerja. Selamat berlibur!

Scuba Diving

scuba-diving

Kali ini pembahasannya tidak jauh dari selam menyelam. Kamu suka menyelam? Olahraga apa saja yang pernah kamu lakukan untuk merasakan sensasi menyelam ini?

Tentu kamu pernah mendengar sebalumnya tentang scuba diving, tapi tahukah kamu apa itu sebenarnya scuba diving? Pada pembahasan kali ini akan sedikit membahas tentang apa itu scuba diving? Dimana kamu bisa mendapatkan olahraga ini?

Scuba diving ini singkatan dari Scuba Contained Underwater Breathing Apparathus yang mempunyai arti menyelam dengan peralatan oksigen. Peralatan oksigen ini tentu dengan dilengkapi dengan setelan baju yang sudah sesuai.

Sebenarnya, diving jenis ini membutuhkan banyak peralatan yang harus dipakai. Diantaranya, masker, sepatu katak, baju selam, kaca mata khusus menyelam, jaket penyangga oksigen, regulator , tabung oksigen dan pemberat badan.

Semua alat yang telah disebutkan diatas mempunyai ukurannya masing-masing, jadi jangan sampai salah memakai ukuran yang tidak pas, nanti akan sangat tidak nyaman dalam penyelaman.

Nah, setelah kamu tahu mengenai barang yang perlu dipersiapkan, kamu juga harus tahu hal-hal dasar mengenai scuba diving ini.

Yang pertama adalah mengenai teknis dalam menyelam dengan tabung oksigen tersebut. Seperti sudah diulas diatas bahwa scuba diving menyelam dengan tabung oksigen, maka yang perlu dipelajari adalah cara menghirup nafas dengan tabung oksigen dalam air.

Kamu harus memastikan selang penghubung masker dengan tabung oksigenmu terpasang dengan kuat dan tidak terlepas saat menyelam di bawah air, kalaupun itu selang itu terlepas, pastikan kamu juga tahu cara untuk menyiasatinya.

Peralatan scuba diving ini ada macamnya, ada yang bisa digunakan untuk setangah jam dalam air, ada juga yang mampu tahan hingga 2 jam di bawah air, tinggal pilih sesuai selera,dan tentu saja harga sewanya berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Nah ketika dalam penyelaman ada beberapa hal yang harus kamu wanti-wanti dan perhatikan dengan seksama.

Yang pertama adalah jangan panik ketika berada dalam kedalaman, jangan sampai terlalu gugup dan panik sehingga bisa mempercepat habisnya oksigen dalam tabung mu. Jadi mau bagaimana pun keadaan mu di dalam sana, berusahalah untuk tetap selalu tenang, ingat, semakin anda panik, semakin kamu panik maka semakin kamu mendekati kematian mu.

Dahulu, sebelum ada  peralatan scuba, orang pesisir pantai menyelam dengan alat bernama free dive, alat ini sebenarnya hanya sekedar baju khusus menyelam dan sepatu katak, selebihnya dilakukan dengan kemampuan sendiri tanpa bantuan alat.

Teknik menyelam ini murni menggunakan keahlian paru-paru dalam menahan nafas, jadi lama anda didalam air tergantung pada seberapa mahir kamu memainkan tempo nafas kamu.

Dalam hal bernafas dengan tabung oksigen ini ada teknik tersendiri. Seorang penyelam jangan sampai gugup dan benafas dengan cepat dan dalam. Kemudian jangan pernah juga mengambil jeda antara satu tarikan nafas dengan nafas yang lain, atau dengan kata lain menahan nafas.

Hal seperti ini bisa berakibat cukup fatal. Apabila terjadi seperti itu, penyelam bisa mengalami kesulitan bernafas dari mouthpace dan udara terasa kurang ketika disedot.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah teknik berenang dalam air. Berenang pada kedalaman seperti itu tentu berbeda dengan berenang dipermukaan. Daya dorong semua harus berasal dari kaki, tangan hanya berfungsi sebagai petunjuk dan penyeimbang arah.

Kaki juga dalam mendorong tidak perlu terlalu cepat dan keras, harus teratur dengan ritme yang pelan, tujuannya agar kaki tidak mengalami kram.

So, tunggu apalagi? Bagi kamu yang senang dengan kegiatan selam-menyelam dan ingin tahu lebih nyata tentang kehidupan bawah laut, bisa mencobanya di tempat wisata Tanjung Benoa. Tempat wisata ini termasuk bertaraf internasional lho, jadi kamu tidak akan kecewa. Selamat mencoba.

Snorkeling

snorkeling

Tentu kamu masih ingat dengan pembahasan tentang scuba diving kan? Snorkeling sebenarnya juga masih sama dalam hal menyelamya, hanya bedanya kalau scuba diving itu penyelaman ke kedalaman laut sedangkan snorkeling hanya menyelam dipermukaan saja.

Perbedaan yang paling mencolok adalah teknik yang digunakan dalam menyelam antara scuba diving dan snorkeling. Scuba diving menyelam dengan tabung oksigen sebagai alat bernafas, sedangkan snorkeling alat bernafasnya hanya selang pendek yang menjulur keatas.

Sehingga seorang yang melakukan snorkeling, harus memposisikan tubuhnya berada diatas permukaan air, agar arnya tidak masuk melalui selang sehingga tidak bisa bernafas.

Snorkeling ini cenderung lebih friendly user dibandingkan scuba diving, bagaimana kok bisa seperti itu?

Karena alat yang dipakai dalam snorkeling jauh lebih simple dan mudah digunakan, sedangkan untuk diving peralatannya cenderung susah untuk digunakan bagi pemula ditambah dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi.

Dengan kata lain, snorkeling ini bisa dibilang kita hanya melihat kedalam air dalam jarak pandang terbatas, sekitar 1-5 meter. Berbeda dengan scuba diving yang bisa sampai kedalaman puluhan meter.

Snorkeling ini dalam prakteknya tidak membutuhkan keahlian berenang bagi yang tidak bisa, cukup mengenakan jaket pelampung, maka kamu aman untuk mengeksplor sekitarmu dengan sepuasnya.

Glaas Bottom Boat

glaas-bottom-boat

Kamu pernah dengar tentang Glass Bottom Boat? Kalau belum, kamu harus tahu apa itu Glass Bottom Boat. Berikut penjelasan singkat tentang Glass Bottom Boat dan dimana tempat yang valuable untuk wisata ini.

Sesuai namanya, kita bisa mengira-ngira akan seperti apa bentuknya. Yap! Benar sekali, glass bottom boat ini adalah kapal boat biasa yang didesain sedemikian rupa dengan bagian bawah kapal berupa kaca transparan.

Nah, kapal ini dibuat seperti ini agar para wisatawan bisa melihat keadaan dibawah air tanpa harus menyelam dan basah-basahan.

Kalau kamu pernah ke sea world, yah mirirp-mirip seperti itu lah pemandangan yang didapat, hanya bedanya ini benar-benar laut lepas, bukan aquarium raksasa buatan manusia.

Jadi kamu sudah tahu kemana tujuan kamu untuk menikmati perahu ber-alaskan kaca ini? Kalau belum ada pilihan, berkunjunglah ke tempat wisata Tanjung Benoa Bali, kamu akan mendapati wisata bahari ini dengan kelebihan-kelebihan yang tidak bisa kamu dapatkan di pulau lain.

Ap itu kelebihannya? Kelebihan berwisata Glass Bottom Boat dia Tanjung Benoa ini, kamu akan dibawa menuju ke pulau penyu! Asik kan?

Pulau penyu ini termasuk tempat penangkaran penyu yang sudah mendunia lho. Jadi setelah ber-asik ria memandangi pemandangan bawah laut berupa ikan-ikan cantik dan terumbu karang, kamu akan langsung disuguhi pemandangan yang menggemaskan ketika sampai di pulau penyu.

Bagi kamu yang berkeluarga, ini sangat cocok sebagai ajang jalan-jalan sekaligus belajar untuk anak dan sanak saudaramu. Jadi tunggu apa lagi, langsung tetapkan jadwal dan pesan tiket, agar liburan yang kamu rencanakan bisa membuat kamu benar-benar segar kembali.

 

Tinggalkan komentar