Tanpa Kita Sadari, 14 Profesi Ini Menjadi Pahlawan Kita Sehari-hari

Alih-alih menganggapnya sebagai pahlawan, orang-orang yang memiliki profesi ini seringkali terlupakan keberadaannya. Padahal, jika tidak ada mereka bisa jadi keteraturan yang selama ini kita rasakan juga ikut menghilang. Mereka seperti kita, bekerja untuk mencari penghidupan. Namun tidak banyak dari kita yang siap menjalani pekerjaan seperti mereka. Mari kita tengok siapa saja mereka.

 

Tukang Kebun

Tukang kebun
panoramio.com

Di sekolah, di taman kota, mereka biasanya bekerja. Mereka bertanggungjawab terhadap keindahan sekaligus kebersihan taman.

Tukang sampah

Tukang Sampah
kaskus.co.id

Setiap pagi, bahkan sebelum adzan subuh terdengar, mereka telah berkeliling kota. Mengambil sampah-sampah yang ada di tong sampah depan rumah warga. Bergelut dengan bau tak sedap.

Tukang laundry

Tukang laundry
echoirha.blogspot.com

Mencuci, menjemur, menyetrika baju, lalu mengemasnya dalam plastik-plastik bening. Sepele, namun melelahkan. Orang-orang dengan aktivitas padat biasanya tidak mau repot dengan urusan ini dan menyerahkan baju-baju kotornya ke tempat laundry.

Tukang Pos

Tukang pos
kaskus.co.id

Perkembangan zaman memang membawa cara berkirim baru yaitu dengan menggunakan surat elektronik. Namun, beberapa barang tidak dapat dikirim melalui kecanggihan internet. Misalnya buku, baju, sepatu, dan barang-barang fisik lainnya membutuhkan pak pos untuk mengantar mereka ke tempat tujuan.

Tukang kayu

Tukang kayu
jatijepara.com

Pernah terpikir siapa yang membuat kursi, lemari, meja yang ada di rumahmu? Kalau bukan para perajin kayu alias tukang kayu, siapa lagi?

Pelayan restoran

Pelayan restoran
afandriadya.com

Mereka biasa membawa nampan di tangan. Berisi penuh makanan yang kita pesan. Lebih unik lagi, pelayan restoran Padang. Mereka dapat membawa makanan dalam piring-piring yang ditumpuk di satu tangan mereka. Tanpa mereka, mungkin kita akan kelaparan menanti makanan tak kunjung datang.

Tukang Sapu

Tukang sapu
tukangsapugaul.blogspot.com

Petugas yang satu ini identik dengan kostum kuning. Mereka menyapu sampah baik daun maupun plastik yang berserakan di jalan. Berkat keberadaan mereka, bumi bersih dari sampah yang kita buat.

Tukang bangunan

Tukang bangunan
batamtoday.com

Rumah mewah, gedung-gedung pencakar langit, adalah buah karya mereka. Apalah arti arsitek tanpa keberadaan mereka.

Tukang besi

Tukang besi
soloposfm.com

Pisau yang kita gunakan untuk memasak adalah mereka yang membuatnya.

Tukang antar makanan

Tukang antar makanan
dedidwitagama.wordpress.com

Terutama anak kost, seharusnya banyak berterimakasih kepada mereka. Mungkin ketika sakit, banyak tugas, tidak sempat keluar rumah, sedang hujan deras, maka jasa para tukang antar makanan ini sangat dibutuhkan.

Tukang bersih kaca gedung

Tukang bersih kaca gedung
batampos.co.id

Pekerjaan mereka menanggung resiko yang besar. Bergelantungan di ketinggian dengan membawa alat pembersih kaca, tidak semua orang berani melakukannya.

Tukang daging

Tukang daging
flickr.com

Tanpa mereka, kita akan kesulitan mendapat daging yang sudah dipotong. Mereka terampil dalam menyembelih hewan dan memotongnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Pekerja jalan

Pekerja jalan
okezone.com

Memperbaiki jalan berlubang, memberi marka jalan, mengaspal, dan segala yang berhubungan dengan jalan biasa mereka kerjakan. Dalam perjalanan yang nyaman ada andil mereka di sana.

Cleaning service

Cleaning service
news.olshops.org

Di kampus, di hotel, di rumah sakit, di mall di banyak tempat umum, mereka lah yang berjasa membuat lantai tetap bersih. Mereka juga yang bertanggungjawab terhadap kebersihan toilet. Kita harus berterimakasih kepada mereka. Bukan hanya cleaning service, tetapi juga seluruh tukang, yang biasanya bergerak dalam bidang jasa.

Tinggalkan komentar