Mempelajari Tata Cara Sholat Istikhoroh Beserta Doanya

TATA CARA SHOLAT ISTIKHOROH – Hai sahabat satujam! Setelah kita membahas mengenai bacaan dan niat dalam shalat istikharah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai tata cara sholat istikhoroh. Pastinya anda sudah mengetahui pengertian dari sholat istikhoroh yang sudah diterangkan pada ulasan yang lain.

Setelah kita tahu pengertian serta bacaan niat sholat istikhoroh, mari kita ulas bagaimana tata cara sholat istikhoroh yang benar dan sesuai yang diajarkan oleh nabi Muhammad saw. Berikut ulasannya.

Tata Cara Sholat Istikhoroh

Cara Shalat Istikhoroh
lovehussain.org

Sebelum kira melaksanakan shalat istikharah, kita harus pastikan sudah berwudhu ataupun suci dari hadats kecil ataupun hadats besar, sebagaimana kita mau melaksanakan sholat-sholat biasa. Kemudian kita berniat terlebih dahulu untuk melakukan sholat istikharah karena Allah Ta’ala.

Setelah membaca shalat istikharah, kemudian lanjut dengan takbirotul ihrom dan membaca surat AL-Fatihah serta membaca surat yang lain, diutamakan surat Al-Fatihah, dan pada rakaat yang kedua membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Kafirun. Dan lanjut sampai salam sebagaimana shalat sunnah ataupun wajib biasa.

Doa setelah Shalat Istikharah

Doa Shalat Istikharah
doamustajab.com

Setelah selesainya melakukan shalat istikharah, maka hal yang harus dilakukan adalah duduk dengan khusyu’ serta berdzikir yaitu dengan memuji Allah dan memahasucikan Allah serta meminta ampun kepada Allah (membaca istighfar, hamdalah, tasbih serta bershalawat atas Nabi.

Selesainya berdzikir, kemudian membaca doa setelah sholat istikharah yang diajarkan oleh Rosululloh saw. Yang berbunyi sebagaimana gambar arab yang terdapat di atas.

Dalam melantukan atau memanjatkan doa tersebut, sebutkanlah persoalan atau masalah yang anda alami. Mintalah bantuan kepada Allah Ta’ala agar dimudahkan dan diridhoi semua amalan yang anda lakukan. Dalam mengucapkan atau menyebutkan perkara masalah atau disaat doa, diperbolehkan berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Shalat sunnah istikharah lebih baik dilakukan sesring mungkin, bisa anda lakukan dalam 3 malam ataupun lebih secara berturut-turut. Agar Allah benar-benar memberikan memudahkan memberi petunujuk serta jalan keluar untuk anda.

Nah, seperti itulah tata cara sholat istikhoroh dan doa setelah sholat istikharah yang Rosululloh ajarkan kepada umatnya. Sekiranya pembahasan mengenai tata cara sholat istikhoroh sudah bisa dipahami dan semoga bisa menambah ilmu serta bermanfaat untuk kita bersama, wassalam.

Tinggalkan komentar