Tata Surya, Benda-benda Langit, dan Planet-planet

TATA SURYA ADALAH sebuah sistem keplanetan yang menjadi tempat berkumpulnya benda-benda langit yang bergerak mengelilingi matahari. Benda-benda langit tersebut terdiri dari planet-planet, komet, asteroid, dan satelit-satelit yang bergerak mengelilingi planet.

Matahari sebagai pusat tata surya memiliki peranan penting dalam menjaga keberlangsungan kehidupan manusia di muka bumi. Selain itu matahari merupakan benda langit yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem keplanetan tata surya.

Nah,langsung saja berikut penjelasan mengenai sistem surya yang menjadi tempat hidup kita. Tujuan memahami tata surya adalah agar supaya kita semua mengenali betapa teratur dan luar biasanya alam semesta yang menadi tempat tinggal kita. Sehingga bisa direnungi bahwa betapa luar biasanya ciptaan Allah SWT yang Maha Pencipta.

Susunan Tata Surya

pengertian tata surya
ahdaluthfi.files.wordpress.com

Bumi yang kita huni ini merupakan salah satu planet yang termasuk ke dalam sistem keplanetan tata surya. Selain Bumi masih terdapat benda-benda langit lainnya yang berada di dalam tata surya. Benda langit atau objek langit merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut semua benda yang ada di luar angkasa.

Benda langit di tata surya adalah bintang (matahari), planet, satelit, asteroid, meteor, dan komet. Bintang yang berada di dalam sistem surya adalah matahari yang juga berperan sebagai pusat tata surya. Selain itu ada juga 8 planet yang bergerak mengelilingi matahari dengan lintasan atau garis edar masing-masing.

Sedangkan satelit merupakan benda langit yang bergerak mengelilingi planet. Selain itu ada asteroid yang merupakan benda astronomi yang berbentuk pecahan-pecahan batuan berukuran kecil yang memiliki garis edar di antara planet Mars dan Yupiter.

Planet-planet di Tata Surya

tata surya bima sakti
blog.sciencescore.com

Planet-planet didalam tata surya dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu planet kebumian dan planet gas raksasa. Planet kebumian adalah planet yang permukaannya tersusun dari bebatuan. Sedangkan planet gas raksasa merupakan planet yang tidak memiliki permukaan padat melainkan hanya tersusun dari fluida gas dan cair.

Susunan 8 planet di tata surya adalah dimulai dari planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Demikian artikel mengenai tata surya semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda sekalian. Salam.

Tinggalkan komentar