Perkembangan Tegnologi Digital

Perubahan pesat tegnologi ke arah kemajuan globalisasi berdampak hampir semua aspek masyarakat. Apabila pemanfaatan tegnologi tidak diatur dengan baik, maka pemanfaatan tegnologi tersebut tersebut menjadi tidak terkendali yang berakibat pada penyalahgunaan tegnologi yang mengakibatkan pelanggaran hukum. Era globalisasi saat ini menjadi sangat tergantung kepada kemajuan tegnologi yang dapat menciptakan efisiensi jangkauan luas tanpa dihalangi oleh batas-batas negara. Salah satu wujud tegnologi tersebut adalah tegnologi internet.

Dengan keunggulan yang dimili berupa jaringan luas, tegnologi internet mampu menjangkau keseluruh pelosok dunia. Internet berhasil merambah ke seluruh bidang aktifitas manusia. Hal ini menempatkan internet sebagai media informasi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat global. Meluasnya pemakaian internet disegala aspek kehidupan manusia ternyata membawa konsekuensi tersendiri.

tgnologi-digital
www.oninte.com

Perdana Menteri Perancis Fran├žois Fillon mengungkapkan bahwa era globalisasi bukan hanya sekadar era yang terkait dengan pasar bebas dan kebebasan untuk memperkaya negara masing-masing, melainkan era globalisasi adalah era ketika hak asasi manusia dan demokrasi dijunjung tinggi.

Perkembangan era digitalisai hanya membutuhkan waktu tiga dekade. Media informasi menjadi ranah pertama yang terambah oleh gelombang revolusi teknologi, diantaranya dengan dunia penerbitan buku, yang dewasa ini disibukkan dengan mengkonversi buku-bukunya ke dalam format digital: e-book, enhanced book, interactive book dan lain-lain.

Media informasi memang selalu menjadi gerbang yang mengantarakan sebuah zaman dari suatu era menuju era lainnya. Media informasi merupakan salah satu alat provokasi paling ampuh dan efektif guna mengubah pola pikir seseorang atau bahkan publik secara kolektif.