7 Cara Agar Tekanan Darah Kamu Tetap Normal

Darah memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Darah berfungsi untuk mengedarkan sari makanan yang kita konsumsi sehingga metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik.

Darah mengalir ke seluruh tubuh di dalam pembuluh darah. Tentu kita tahu, jika pembuluh darah terkena masalah, seperti penyumbatan misalnya, maka peredaran darah jadi tidak berjalan dengan baik.

Bahkan, ketika penyumbatan pembuluh darah sudah sangat besar, akan berakibat terjadinya stroke. Penyakit yang sekarang ini banyak mengintai mereka yang hidup di kota-kota besar.

Ada juga penyakit yang berkaitan dengan darah, yaitu tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah. Kedua hal tersebut tentu saja bukan hal yang baik dan harus diobati agar kembali normal.

Jika kamu memiliki penyakit tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah, segeralah periksa ke dokter agar bisa ditangani dengan baik. Tapi, kalau kamu mempunyai tekanan darah yang normal, jaga kesetanmu dengan pola hidup yang baik.

Nah, berikut ini ada tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar tekanan darah kamu tetap normal.

 

Makan Pisang

cambon.id
cambon.id

Ternyata makan pisang bisa membuat tekanan darah kamu tetap normal. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh British Medical Journal, mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium dan mengurangi asupan garam bisa menyelamatkan ribuan nyawa.

Nah, salah satu makanan yang kaya akan kalium adalah pisang. Kalium merupakan mineral penting yang berfungsi untuk mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh. Selain itu, kalium juga dapat menurunkan tekanan darah, cocok banget buat kamu yang punya tekanan darah tinggi.

Mengurangi Berat Badan

programberatbadan.com
programberatbadan.com

Mempunyai berat badan yang berlebih tentu akan membuat orang menjadi tidak nyaman. Mulai dari berat untuk bergerak dan munculnya penyakit karena berat badan yang berlebih. Berat badan yang berlebih juga akan berdampak pada tekanan darah.

Nah, menurut sebuah penelitian, ternyata penurunan berat badan beberapa kilogram akan berdampak pada tekanan darah. Karena, jika berat badan kamu berlebih maka jantung akan bekerja lebih berat untuk memompa darah sehingga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Minum Jus Buah Bit Setiap Hari

wajoo.blogspot.com
wajoo.blogspot.com

Menurut sebut jurnal Hipertension, jika kamu minum 250 ml jus buah bit setiap hari, maka tekanan darah akan turun hingga 7%. Hal ini disebabkan karena dalam buah bit terdapat kandungan nitrat yang tinggi.

Berhenti Merokok

dutchpipesmoker.wordpress.com
dutchpipesmoker.wordpress.com

Merokok merupakan kegiatan yang tidak sehat dan banyak sekali dampak buruknya. Menurut seorang perawat senior khusus jantung di British Heart Foundation, Amy Thompson, nikotin yang ada di dalam rokok dapat merangsang tubuh memproduksi adrenalin.

Adrenalin yang terlalu banyak diproduksi akan membuat jantung berdetak lebih cepat, tekanan darah meningkat, dan jantungmu akan bekerja lebih keras.

Konsumsi Yoghurt

godlywomanhood.com
godlywomanhood.com

Menurut penelitian di University of Minnesota, mengonsumsi satu mangkuk kecil yoghurt setiap hari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi sampai sepertiganya.

Rutin Joging

reps-id.com
reps-id.com

Menurut sebuah penelitian di Copehagen City Hearth, joging selama satu jam tiap minggu, ternyata bisa meningkatkan harapan hidup sekitar enam tahun.

Para peneliti percaya, kalau joging memiliki manfaat untuk kesehatan. Seperti meningkatkan penyerapan oksigen di dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Mengurangi Konsumsi Garam

naturallyintense.net
naturallyintense.net

Garam merupakan salah satu bahan yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Padahal, garam diketahui dapat meningkatkan volume dan tekanan darah pada arteri. Tapi, sebaiknya kita tidak hanya terfokus pada pengurangan konsumsi garam saja. Ada beberapa hal lain yang perlu juga kamu perhatikan.

Menurut Blood Presure Assciation, makanan olahan seperti sereal, biskuit, makanan cepat saji, ternyata mengandung 80% garam. Maka dari itu, jika kamu mau membeli makanan kemasan, coba perhatikan dulu labelnya.

Tinggalkan komentar