Tahapan-tahapan Dalam Teknik Analisis Data

Kamu yang sedang kuliah pasti pernah mendengarkan atau bahkan sekarang lagi bergelut dengan teknik analisis data. Teknik analisis data adalah suatu cara pengolahan data untuk dapat dijadikan informasi yang mudah dipahami dan dimanfaatkan sesuai dengan masalah yang dihadapi. Dalam hal ini adalah masalah yang berkaitan dengan penelitian. 

teknik-analisis-data
www.flipcause.com

Teknik analisis data yang kamu lakukan disini berfungsi untuk bisa menjelaskan atau mendeskripsikan hasil penelitian kamu agar lebih mudah dipahami. Dengan pemahaman yang lebih mudah, tentu saja kesimpulan akan lebih cepat diambil dan kesimpulan tersebut akan lebih akurat. Biasanya data yang digunakan dalam teknik analisis berupa data sampel. Baca juga: Pengertian karya ilmiah

Dengan sampel tersebut bisa didapatkan sebuah hipotesis yang akan membantu kamu untuk menemukan kesimpulan dan jawaban yang tepat untuk penelitian yang kamu lakukan. Dalam melakukan teknik analisis data ada prosedurnya, yang pertama adalah mengumpulkan data.

teknik-analisis-data
www.math.uwaterloo.ca

Setelah data terkumpul kamu harus melakukan editing dengan menambahkan kelengkapan dan kejelasan instrument dalam melakukan pengumpulan data. Selanjutnya adalah tahap mengidentifikasi data. pada tahap ini kamu harus membuat klarifikasi dari setiap instrument yang kamu gunakan pada variable yang kamu teliti.

Tahap selanjutnya adalah tahap tabulasi, tahap dimana kamu akan memasukkan semua hasil penelitian kamu kedalam sebuah table sehingga mudah dikelompokkan. Tahap kelima adalah pengujian. Hasil penelitian yang sudah kamu ambil harus tetap diuji untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid dan berkualitas. Setelah data diuji, kemudian data diwujudkan kedalam bentuk diagram ataupun dalam bentuk table frekuensi agar lebih mudah untuk dibaca, dianalisa dan dideskripsikan. Baca juga: Pengertian ekonomi mikro

Tahap yang terakhir dari teknik analisis data adalah pengujian hipotesis. Kamu harus melakukan pengujian hipotesis agar penelitian yang akan kamu lakukan ini baik dan bisa dijalankan atau tidak. Cukup melelahkan juga ya melakukan teknik analisis data. Oh iya, teknik analisis data ada 2 jenis lho.

Teknik yang pertama adalah teknik analisis data deskriptif. Kamu dalam teknik ini menganalisa data dengan cara menjelaskan atau menggambarkan data yang sudah kamu kumpulkan dengan menjelaskan lebih mengerucut daripada membuatnya terlihat umum. 

Teknik yang kedua adalah teknik analisis data inferensial. Teknik ini kamu lakukan dengan cara membuat data analisis secara umum. Kemudian data tersebut dimasukkan kedalam rumus statistik tertentu untuk kemudian menjadi dasar hipotesis yang kamu buat. Tambah bingung atau sudah dapat sedikit pencerahan? 

 

 

 

Tinggalkan komentar