in

4 Teknik Dasar Bola Voli yang Perlu Kamu Kuasai Sebelum Kamu Bertanding

Teknik Dasar Bola Voli – Jika ingin menguasai suatu olahraga maka kamu harus mengetahui teknik teknik dasarnya dahulu, jika sudah mahir dalam teknik olahraga tersebut silakan kamu lanjut ke teknik tingkat selanjutnya.

Dalam permainan ini, kamu harus tahu peraturan permainan bola voli tentang bagaimana cara melakukan servis, menerima bola kemudian melakukan passing , blocking dan melakukan smash dengan benar. Hal hal itu merupakan teknik dasar dalam olahraga bola voli, untuk lebih lengkapnya inilah 4 teknik dasar bola voli yang perlu kamu kuasai.

Olahraga bola voli seperti pada umumnya dimainkan oleh 2 tim yang saling berlawanan, di dalam tim tersebut terdapat 6 orang pemain. Penilaian dalam olaharaga bola voli dilakukan dengan cara setiap tim harus mengolah bola are lapangan permainan sendiri dengan tujuan bola tersebut terarah melewati net ke area lawan.

Sebelum ahli dalam permainan bola voli seorang pemain harus menguasai 4 macam teknik dasar, yakni:

 

Teknik Dasar Service Bola Voli

 

Service ini merupakan teknik dalam permainan bola voli, dimana pemain berdiri pada belakang garis lapangan, bola dilemparkan ke udaram kemudian memukulnya dengan tujuannya ke arah area lawan.

Tujuan teknik service: Untuk memaksimalkan mungkin dengan tujuan mengarahkan dan menjatuhkan bola pada area lawan yang kosong (tidak ada pemain) atau terlihat lemah, sehingga tidak dapat diterima oleh tim lawan. Atau mengarahkan bola ke area lawan dengan keras dalam kecepatan tinggi, sehingga tim lawan tidak mampu mempertahankan atau untuk mengendalikan bola. Harapan tersebut adalah bola yang di service agar keluar lapangan.

Jika bola tersebut telah diservice dan mendarat ke area lawan secara langsung (tanpa menyentuh pemain lawan) maka service tersebut umumnya disebut dengan “ace”. Sebutan tersebut hanya berlaku untuk service yang keluar lapangan, sesudah bola menyentuh terlebih dahulu menyentuh salah seorang pemain dari tim lawan.

Teknik Dasar Passing Bola Voli

 

Passing di dalam permainan bola voli disebut dengan reception, yaitu tim berusaha dalam rangka menerima, menahan dan mengendalikan bola servis lawan dari segala arah atau segala bentuk penyerangan yang dilakukan oleh tim lawan. Teknik yang dilakukan dengan baik, yakni hanya harus mampu mencegah bola agar tidak jatuh atau menyentuh area tim.

Namun, harus juga mampu mencapai posisi setter dengan arah cepat, serta gerakan dengan kecepatan yang stabil. Dengan demikian, sang setter dan attacker akan mampu menciptakan serangan dengan mudahnya.

Teknik Dasar Spike / Smash Bola Voli

 

Menyerang dalam bola voli lebih dikenal dengan sebutan spike/smash, yakni sebuah teknik pukulan atau serangan dengan tujuan agar bola dapat mendarat di area lawan, tidak akan bisa ditahan (block).

Dalam teknik ini, seorang penyerang (spike) harus selalu memperhatikan langkah dasar dalam melakukan spike, yakni awalan (apprvoach), lompatan, ayunan pukulan pada bola saat di udara dan saat posisi mendarat. Ketika saat melakukan spike di udara, yang idealnya adalah saat sang attacker berada pada puncak lompatan.

Pada saat melakukan kontak dengan bola, pemain mengangkat tangannya setinggi mungkin hingga di atas kepalanya. Kemudian ketika akan melakukan pukulan, seorang spiker mengayunkan lengannya dan memukulkan telapak tangannya sekeras mungkin ke arah bola yang sedang melayang tersebut.

BACA JUGA: Olahraga Ini Paling Banyak Penggemarnya

Teknik Dasar Block/ Blockir Bola Voli

Block atau blockir, teknik ini sering dilakukan untuk menahan serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Pertahanan dalam teknik block ini dalam bentuk menahan serangan lawan, dengan tujuan bola yang di spike (smash) oleh tim lawan tidak akan mampu menyeberangi net dan tetap berada di area tim lawan.

Sebagai salah satu teknik pertahanan yang sangat dibutuhkan dalam permainan bola voli, maka sebaiknya pemain harus mampu menguasai teknik dasar ini dengan baik. Untuk melakukan teknik sedemikian rupanya, pemain berdiri dengan dua kaki dalam posisi yang sejajar. Pada saat bersamaan kedua tangan diletakkan di depan dada serta posisi telapak tangan menghadap ke arah net dan jari-jari terbuka selebar mungkin.

Teknik ini tidak sembarangan dilakukan, karena akan menyebabkan lawan akan dapat menembus pertahanan kita. Nah, maka dari itu teknik ini harus melakukannya dengan baik dengan tujuan tim lawan tidak dapat menembus daerah tim kita.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Fakta Sejarah Sepak Bola Indonesia

Teori Dominan Otak Kanan dan Dominan Otak Kiri, Benarkah?