Kamu Masih Lama Dalam Hal Membaca? Simak Bagaimana Cara Membaca Cepat Ini Yuk

Membaca adalah kebutuhan setiap manusia, sebagai salah satu media komunikasi membaca juga menjadi aktifitas yang tidak mungkin untuk tidak disukai lagi.

Tuntutan hidup yang semakin global menyebabkan semua orang diharuskan untuk dapat membaca, membaca sendiri memiliki beberapa teknik agar dapat menguasai bacaan secara cepat dan tepat sesuai dengan maksud si penulis.

Namun terkadang sifat manusia yang terburu – buru menyebabkan kamu tidak dapat mendapatkan intisari dari bacaan yang telah dibaca. Dan terkadang itu pula lah yang menyebabkan kesalah pahaman dalam bacaan.

Inilah yang mengharuskan kita juga untuk senantiasa belajar hal yang baru dalam membaca, diantaranya adalah teknik membaca cepat. Karena dengan teknik membaca cepat seseorang dapat membaca secara cepat dan tepat serta dapat menangkap pemahaman dalam bacaan dengan waktu yang efisien. Demikian adalah beberapa teknik yang dapat kamu gunakan agar dapat cepat dalam membaca :

Mengenali Kata

500px.com
500px.com

Kamu dapat mengenali kata dengan berbagai cara diantaranya adalah dengan menggunakan kolom daftar kata yang memiliki susunan huruf dan kata yang hampir sama. Contohnya adalah:

  • Sepakat, sepaham, selamat, sejawat.
  • Bagian, bahagia, bahaya, berharga.
  • Sapu lidi, sapu lantai, sapu tangan, sapu sapu, dsb.

Latihan Gerak Mata Cepat

500px.com
500px.com

Latihan mempercepat gerak mata ini dapat dilakukan dengan cara membaca perkata atau bahkan lebih, lakukan secara berkala dengan buku bacaan yang berbeda untuk mengasah kecepatan mata.

Latihan Pernafasan

london.ctvnews.ca
london.ctvnews.ca

Untuk melatih konsentrasi saat membaca tentunya diperlukan latihan pernafasan dengan cara melakukan kebiasaan – kebiasaan yang dapat membantu pola pernafasan yang baik dan teratur diantaranya adalah biasakan tubuh dalam posisi rilex dan tarik nafas panjang dari hidung dan keluarkan secara perlahan dari mulut. Lakukan secara berkala dan menerus.

Namun seringkali kamu akan tetap menemukan beberapa kendala dalam membaca cepat, jangan khawatir karena kamu dapat mensiasatinya dengan terus berlatih membaca dengan mengandalkan kosakata yang kamu miliki sebelumnya dan tetaplah menjaga konsentrasi saat membaca walaupun mungkin keadaan sekitarmu sedang tidak kondusif. Selamat membaca 🙂

Tinggalkan komentar