Variasi Teknik Dalam Seni Membuat Patung

 

Patung adalah salah satu karya seni tiga dimensi yang sangat mudah dijumpai hampir diseluruh Indonesia maupun dunia.

Pada awal kemunculannya patung sering dianggap barang suci oleh sebagian besar masyarakat dunia, karena dianggap sebagai berhala atau simbol ketuhanan oleh keyakinan yang mereka anut.

Patung juga telah menjadi ikon suatu daerah berdasarkan sejarah terbentuknya suatu wilayah dan sering pula menjadi barang yang sangat dikramatkan dilokal area tersebut.

Namun seiring berkembangnya zaman, kini patung telah menjadi barang seni bernilai jual tinggi. Tidak heran jika banyak orang ingin belajar membuatnya. Dan demikian adalah beberapa teknik membuat patung :

Teknik Memahat

Teknik Memahat
500px.com

Teknik yang satu ini adalah teknik yang paling umum dan juga paling banyak digunakan oleh para pembuat patung. Teknik pahat biasanya digunakan pada media yang berbahan keras dan padat misalkan kayu, batu, dan es balok. Alat – alat yang dibutuhkan dalam memahat adalah pahat dan palu.

Pahat sendiri memiliki beberapa varian, diantara lainnya adalah pahat pengikau, pahat kuku, pahat kol, dan pahat pisau atau pahat pengot. Palu yang digunakan saat memahat juga berbeda dengan martil karena biasannya terbuat dari kayu yang keras.

Teknik Mencetak

plus.google.com
plus.google.com

Berbeda dengan memahat, teknik mencetak biasanya digunakan pada media yang lembek. Teknik mencetak biasanya digunakan pada benda cair yaitu lilin, gips, semen, emas, perak dan kaca. Alat yang digunakan tentunya adalah cetakan yang sesuai dengan keinginan si pembuat patung yang biasannya terbuat dari kayu ataupun logam.

Teknik Butsir

youtube.com
youtube.com

Teknik busir adalah teknik membuat patung dengan cara menambah dan mengurangi serta memijit – mijit bahan dasar supaya dapat berwujud seperti yang dikehendaki.

Bahan dasar yang digunakan dalam teknik ini adalah tanah liat, plastisin ataupun malam. Alat bantu yang digunakan dalam pengerjaan patung ini adalah butsir atau meja panjang dan meja putar untuk memudahkan pematung.

Berbagai macam teknik diatas mungkin dapat kamu gunakan untuk membuat patung sesuai dengan kreafitas kamu, mungkin akan terasa sedikit ribet, namun kamu akan mendapatkan kepuasan jika dapat menghasilkan seni kamu sendiri.

Tinggalkan komentar