Teknologi Revolusiner Masa Depan yang Akan Merubah Dunia

Memprediksi masa depan telah lama dilakukan sejak zaman dulu. Namun setelah beberapa milenium, manusia telah mencoba untuk memprediksi masa depan melalui ramalan bintang, aura tubuh, dan hal lainnya.

Tetapi, ada beberapa jenis prediksi yang biasa kita lakukan dibandingkan dengan memprediksi kejadian yang akan datang di masa depan, walaupun memang sudah ada teknologi komputer kuatum yang memungkinkan untuk memprediksi bencana alam yang akan datang.

Nah, memprediksi teknologi masa depan adalah salah satunya.

Sudah banyak sekali karya fiksi ilmiah yang telah memberi kita gambaran akan kemungkinan di masa depan. Tapi, cara terbaik untuk mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan adalah melihat apa yang terjadi pada saat ini.

Barang apa yang sering digunakan oleh para inventor, ke arah manakah perkembangan dunia menuju, dan pendapat masyarakat tentang pandangan terbaik bagaimana masa depan nantinya.

Nah berikut ini adalah beberapa teknologi revolusioner yang akan merubah tata realita kehidupan dalam aktivitas kita, supaya menjadi efisien dan lebih mudah, langsung aja yuk..

Tampilan Holografis

nebula.wsimg.com
nebula.wsimg.com

Tampilan holografis pada saat ini semakin dekat dengan realisasi-nya. Salah satu perusahaan di California yang bernama Ostendo sedang mengembangkan sebuah chipset yang mampu memroyeksikan video pada sebuah bidang diagonal sebesar 48 inci.

Apabila digabungkan, proyektor ini dapat menciptakan gambar yang lebih jelas dan kompleks dibandingkan dengan teknologi yang sekarang. Bahkan saat ini, keyboard proyeksi hologram sudah dapat direalisasikan pada smartphone, namun masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

Perusahaan HP sedang mengembangkan interface 3D untuk smartphone. Ada rumor pula bahwa iPhone generasi selanjutnya juga akan mempunyai fitur tampilan holografis.

Sebuah perusahaan di China yang bernama Takee bahkan sudah meluncurkan smartphone yang bisa menampilkan gambar 3D, yaitu dengan cara mendeteksi pergerakan mata penggunanya.

Smartphone ini juga bahkan bisa merespon pergerakan jari, sehingga para pengguna dapat menggunakannya tanpa harus menyentuh layar. Apakah bisa Anda bayangkan bagaimana teknologi ini akan berkembang untuk kedepannya?

Mobil yang Dapat Menyetir Sendiri

autocar.co.uk
autocar.co.uk

Percayakah Anda bahwa ada mobil yang dapat menyetir dengan sendirinya? atau biasa disebut dengan Self-driving cars.

Perusahaan otomotif asal Swedia, Volvo, merancang mobil yang mampu berkendara sendiri. Mobil ini dilengkapi dengan sensor dan kamera di hampir semua bagiannya.

Mobil ini mampu berhenti secara otomatis apabila ada kendaraan lain di depannya. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi mereka yang sangat sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk bermacet-macetan di jalan.

Bagaimana pendapatmu tentang teknologi yang satu ini?

Hoverboard

wired.com
wired.com

Ada kabar gembira buat para pecinta olahraga skate board nih, yaitu teknologi terbaru Hoverboard, dirancang oleh perusahaan Lexus yang merupakan perusahaan otomotif asal Jepang, merupakan skate board tanpa roda.

Lalu, gimana cara kerjanya? Dengan memanfaatkan udara yang dihempaskan dari dalam Hoverboard itu sendiri, Hoverboard tersebut akan melayang di atas tanah, atau bahkan di atas air.

Rekayasa Genetik

wallpapercave.com
wallpapercave.com

“Human genetic engineering has the potential to change human beings’ appearance, adaptability, intelligence, character, and behaviour. It may potentially be used in creating more dramatic changes in humans”. Wikipedia Genetic Engineering.

Berdasarkan penelitian dari wikipedia, kemungkinan manusia untuk meningkatkan tampilan fisik, penyesuaian, kepintaran, karakter, dan tingkah laku dapat ditingkatkan melalui teknologi yang satu ini.

Manusia telah berhasil memetakan gen-nya dalam proyek raksasa The Human Genome Project. Dengan data yang dimiliki saat ini, manusia mempunyai peta informasi untuk mengeksplorasi fungsi dan potensi yang berbeda dari tiap gen dalam tubuh manusia.

Mulai dari gen yang menentukan bentuk fisik manusia, gen-gen penyebab kanker, gen yang membentuk ingatan, gen yang menciptakan kecerdasan, hingga gen khusus yang mengatur proses penuaan kita.

Teknologi ini nantinya akan memungkinkan manusia melakukannya rekayasa genetika, untuk menciptakan manusia masa depan yang sangat unggul, dengan kesehatan yang hampir sempurna, terbebas dari penyakit, dapat berumur lebih dari 100 tahun dan mempunyai kecerdasan mendekati genius.

Stem Cell

stemgenex.com
stemgenex.com

Bisakah Anda bayangkan bila penyakit jantung dan diabetes bisa disembuhkan secara sempurna? orang lumpuh dapat berjalan kembali seperti sedia kala, dan orang buta sudah bisa melihat kembali?

Tahukah Anda, ada sejenis cacing bernama planarian worm yang banyak hidup di laut maupun sungai. Cacing ini mampu menumbuhkan ulang, dan bahkan nyaris seluruh tubuhnya yang telah rusak ataupun terputus.

Planaria, terutama spesies Schmidtea mediterranea yang mampu meregenerasi seluruh tubuhnya secara utuh, bahkan bila tinggal sepotong kecil saja tubuhnya yang tersisa, sampai 1/300 bagian. Walaupun kepalanya dihilangkan, ia tetap dapat menumbuhkan kembali kepalanya dengan sempurna.

Setelah melewati berbagai proses yang ada, para ilmuwan telah nyaris mencapai keajaiban itu. Teknologi biologi molekular tersebut bernama Stem Cell, atau Sel Induk. Ini adalah sel paling dasar dari bagian tubuh manusia yang bisa berubah dan pula dapat dirubah, menjadi suatu sel atau organ apapun di tubuh manusia.

Metamaterial

buzzkito.com
buzzkito.com

Dikutip dari MIT teknologi,  –

The announcement last November of an “invisibility shield,” created by David R. Smith of Duke University and colleagues, inevitably set the media buzzing with talk of H. G. Wells’s invisible man and Star Trek’s Romulans”.

Hanya beberapa tahun yang lalu, seluruh ilmuwan ternama di dunia masih yakin bahwa tidak ada satupun material di dunia ini yang bisa membuat seuatu menjadi menghilang, bahkan lebih spesifiknya ke tubuh manusia.

Hal itu benar-benar tidak mungkin terjadi, karena hal tersebut pastinya melanggar semua hukum alam yang diketahui manusia.

Tapi sebuah produk visioner bernama Metamaterial menjadi salahsatu bahan yang ramai dibicarakan dan dipertimbangkan. Bahan ini bisa membuat sesuatu, menjadi tidak terlihat. Layaknya sebuah baju yang  bisa membuat pemakainya menghilang.

Sebuah pesawat tempur dengan bahan metamaterial akan jadi tidak terlihat, bukan hanya sekedar tidak terlihat radar seperti teknologi Stealth, namun benar-benar tidak terlihat oleh mata pada umumnya.

Teknologi ini bisa diciptakan melaui material artifisial yang mampu membelokkan radiasi elektromagnetik, begitu pula dengan cahaya, yang pada dasarnya adalah radiasi elektromagnetik. Bahannya bisa seperti timah dan plastik yang diatur dalam struktur pola tertentu.

Metamaterial akan membelokkan cahaya yang menabrak permukaannya, dan mengelilingi obyek yang diselimutinya, serta menyatukannya kembali pada bagian yang lainnya, seperti air sungai yang mengelilingi sebuah batu.

Dalam penelitian terakhirnya di Perdue University, mereka menggunakan jarum-jarum khusus yang dapat membelokkan cahaya melewati obyek yang diselubungi, sementara obyek di belakangnyalah yang akan terlihat.

Singularitas

wallpapersxl.com
wallpapersxl.com

Suatu hari kelak, akan datang suatu masa dimana melalui rekayasa genetika seluruh umat manusia akan mempunyai fisik dan kecerdasan yang hampir sempurna.

Kemudian dengan kemajuan teknologi komputer yang sudah sangat maju seperti komputer kuantum dan nano teknologi, yang memungkinkan manusia memasukkan komputer berukuran partikel ke dalam otak manusia, atau menyatukan lensa berukuran tinggi kedalam mata manusia.

Teknologi ini menggunakan partikel berukuran nano untuk semakin membuat hebat tubuh yang dimiliki. Hal inilah yang dinamakan Singularitas. Penyatuan antara biologi tubuh manusia dengan teknologi.

 Gimana, keren bukan? masih tertarik dengan teknologi masa depan yang akan diciptakan lainnya? ikutin update terbaru kami saja yah 😀

Tinggalkan komentar