Ketika Teknologi Mengendalikan Manusia, Begini Pendapat Para Pakar

Perkembangan kehidupan manusia dari jaman ke jaman tidak lepas dari perkembangan ilmu dan teknokogi. Persaingan antar peradaban juga menjadikan teknologi sebagai anasir penting untuk mengukur keunggulan satu peradaban dibanding peradaban yang lain.

Di jaman dahulu berkembang teknologi perang dan militer, menjadikan satu bangsa lebih superior ketimbang bangsa lain. Agak berbeda dengan masa sekarang ini, bukan lagi teknologi perang yang menjadi unsur penting kemajuan bangsa, tapi teknologi yang berkaitan dengan kebutuhan hidup manusia.

Siapa yang menguasai kebutuhan hidup orang banyak, maka mereka menjadi superior diantara bangsa-bangsa di dunia. Itulah superioritas bangsa barat saat ini yang memanfaatkan teknologi kebutuhan hidup manusia menjadi penopang superioritas mereka.

Namun benarkah manusia akan selalu bisa memanfaatkan teknologi hingga kedepannya? Atau jangan-jangan perkembangan teknologi semakin tak terkendali dan menjadi bumerang bagi manusia.

Bukannya manusia yang mengendalikan teknologi, malah terbalik teknologi yang mengendalikan dan berkuasa atas manusia. Pikiran terlalu jauh memang, namun hal ini sudah banyak diperbincangkan dan bahkan diramalkan.

Bukan orang biasa yang meramalkan hal tersebut, tapi para pakar. Bahkan justru lebih banyak dari para pencipta teknologi itu sendiri yang meramalkan hal tersebut.

Berikut ini adalah opini dan peringatan tentang bahaya teknologi untuk manusia dari para pakar teknologi.

Steve Wozniak, Pendiri Apple

sandbox.spcollege.edu

Pendapat yang keluar dari seorang pencipta pertama Personal Computer  (PC) dan juga pendiri perusahaan teknologi raksasa Apple. Tentu saja sangat mengagetkan ketika dia beropini bahwa pada masa depan, manusia bisa menjadi hewan peliharaan teknologi.

“Artificial Intelligence bisa sangat buruk bagi umat manusia. Kita bisa menjadi ‘hewan peliharaan’ untuk ‘tuan robot’ atau hanya semut yang tergencet. Tak perlu diragukan lagi, komputer akan mengambil alih dunia dari manusia,” ujar Wozniak kepada Australian Financial Review.

Namun Wozniak melanjutkan lebih lanjut pernyataannya, bahwa kondisi itu akan terjadi ketika manusia menyerahkan semua hal untuk dilakukan dengan robot atau perangkat apapun yang mempunyai kecerdasan buatan.

Kondisi itulah yang akan membuat manusia menjadi budak mesin cerdas, komputer mengambil alih fungsi manusia, dan robot menjadi majikan.


Bill Gates, Pendiri Microsoft

rijwanfirdaus25.blogspot.com

Bill Gates sang pendiri perusahaan teknologi nomor satu ini juga mengemukakan pendapat senada. Namun Bill Gates lebih mengangkatnya sebagai peringatan saja, yakni ketika manusia tidak mampu mengelola teknologi dengan baik,  maka ancaman itu akan terjadi.

“Awalnya, mesin-mesin itu akan melakukan banyak hal untuk kita. Itu akan menjadi hal yang positif jika kita mengelolanya dengan baik. Beberapa dekade setelah itu, kecerdasan tersebut cukup kuat untuk menjadi sebuah kekhawatiran,” kata BillGates dalam sebuah wawancara.


Elon Musk, Pendiri Space X dan Tesla

redstate.com

Bos perusahaan teknologi inovatif terkemuka, Space X dan Tesla juga mengkhawatirkan perkembangan teknologi kedepannya, terutama pada bidang robotika dan kecerdasan buatan (artificial inteligence).

Lebih jauh lagi, Elon Musk bahkan menganggap film-film science fiction yang mengisahkan tentang teknologi yang mengancam manusia sangat mungkin terjadi. Namun itu terjadi jika perkembangan teknologi robotika dan kecerdasan buatan tidak dikendalikan secara tepat.

Pendapat Musk ini bukan angin lalu saja, dia benar-benar serius. Bahkan Musk telah mendonasikan $ 10 juta untuk lembaga non-profit Future Of Life Institute. Sebuah  lembaga yang bertujuan mencegah hal-hal yang mengancam keberlangsungan hidup umat manusia, termasuk dari teknologi.


Profesor Stephen Hawking, Ahli fisika kuantum

time.com

Dalam sebuah wawancara dengan BBC, Profesor Stephen Hawking mengatakan bahwa kecerdasan buatan akan bisa berbahaya bagi keberlangsungan manusia. Hawking berpendapat bahwa Artificial Intelligence sangat mungkin akan memiliki kemampuan yang melampaui manusia yang semula menciptakannya.

“Perkembangan kecerdasan buatan bisa berarti petaka bagi kehidupan manusia. Manusia yang dibatasi oleh evolusi biologis sangat lambat tidak akan mampu bersaing dengan perkembangan kecerdasan buatan. Posisi manusia akan tergantikan,” ungkap Hawking


Albert Einstein Ilmuwan Fisika Legendaris

maxmanroe.com

Sebuah quote yang seringkali dikutip dari sang maestro fisika Albert Einstein, “Aku takut suatu hari teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot”

Apa yang diramalkan Einstein sudah terjadi saat ini, dan bahkan kedepannya bukan hanya akan menjadi idiot, tapi menjadi budak dari teknologi.


Tinggalkan komentar