Contoh Teknologi Tepat Guna Terbaru dalam Berbagai Bidang

Pengertian teknologi tepat guna –  adalah suatu teknologi yang memanfaatkan sumber daya yang telah ada untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Secara hasil teknologi tersebut berhasilguna dan berdayaguna atau sebagai pelaksana kegiatan sehari-hari menjadi lebih efektif, efisien dan praktis.

Dengan memanfaatkan teknologi tepat guna, diharapkan dapat memberikan manfaat sesuai kebutuhan dan mempermudah dalam hala mata pencaharian di sebagian besar masyarakat. Karena tujuan dari  teknologi tepat guna ini sendiri memang untuk menyelesaikan masalah  yang sedanag terjadi dalam masyarakt masyarakat.

Apabila sesuai dengan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat tersebut, maka keberadaan teknologi tepat guna ini pastinya dapat memberikan kemudahan dan keuntungan yang besar. Sehingga dengan adanya cara ini dapat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi masyarakat di seluruh bagian negara. Itulah salah satu faktor mengapa teknologi tepat guna itu harus sesuai dengan pekerjaan yang ada di masyarakat.

Contoh Teknologi Tepat Guna dalam Bidang Pertanian

Teknologi Tepat Guna bidang Pertanian
Gambar via: mesinpertanianmodern.blogspot.com

Apabila ingin mengaplikasikan teknologi tepat guna di masyarakat sebaiknya harus sesuai dengan jenis mata pencaharian mayoritas penduduk di daerah tersebut. Dengan demikian adanya teknologi tepat guna ini dapat memberikan manfaat secara penuh. Sebagai contoh saja pada masyarakat dengan jenis mata pencaharian pertanian.

Dalam bidang pertanian telah ditemukan sebuah teknologi untuk menggarap tanah pertanian. Seperti pada awalnya dari mencangkul lalu membajak sawah dengan bantuan hewan ternak (sapi atau kerbau) sampai sekarang ini terdapat traktor sederhana ataupun traktor besar yang dioperasikan oleh petani karena telah memakai traktor mesin. Selain traktor, ada juga teknologi tepat guna lain dalam bidang pertanian, diantaranya yaitu:

Mesin Perontok Padi

Pada awalnya para petani merontokkan padi dengan cara di tumbuk. Disamping harus mengeluarkan banyak tenaga, resiko butir padi yang pecah juga semakin besar sehingga beras kualitas beras yang dihasilkan juga kurang bagus. Dengan adanya  mesin perontok padi ini, pekerjaan para petani padi menjadi semakin mudah  dan efisien untuk merontokkan padi dari batangnya. Selain mempermudah dan mempercepat, adanya mesin perontok padi ini dapat meningkatkan kualitas padi dan beras hasil panen.

Mesin Pembuat Ekstrak Minyak dari Biji-Bijian

Biasanya harga jual biji-bijian seperti kacang,  jarak, wijen, kedelai tidak selalu tinggi. Akan tetapi apabila biji-bijian tersebut diproses lagi menjadi bibit minyak, harganya dapat melambung tinggi. Itulah mengapa diciptakannya sebuah mesin pembuat ekstrak minyak dari biji-bijian. Sehingga adanya mesin pembuat ekstrak minyak ini dapat meningkatkan penghasilan para petani, khususnya pada petani biji-bijian.

Teknologi Tepat Guna dalam Bidang Usaha Kecil

Teknologi Tepat Guna bidang Usaha Kecil menengah
Gambar via: mesinpengupaskulitkopibasah.blogspot.com

Di daerah pedesaan terdapat begitu banyak bidang usaha kecil menengah yang berpotensi untuk dikembangkan. Misalnya saja usaha pembuatan tahu, tempe, keca, penjualan kacang mete mentah ataupun matang dan lainnya sebagainya.

Pada awanya untuk melakukan proses pengupasan kulit ari dari kedelai haruslah menginjak-injak lagi. Namun setelah adanya mesin pengupas kulit ari pada kedelai proses tersebut telah diagntikan dengan menggunakan mesin. Sehingga usaha kecil menengah dalam bidang pembuatan ini sangat di mudahkan setelah adanya mesin pengupas kulit ari kedelai. Dengan mesin tersebut kebersihan kedelai dan hasil produksinya pun bisa bertambah.

Begitu juga bagi sahabat yang mempunyai usaha penjualan kacang mete. Setelah adanya mesin pengupas kacang mete, tidak perlu lagi menggunakan tangan dan teknik khusus dalam mengupas biji mete. Sehingga kualitas biji mete menjadi lebih baik juga tidak banyak yang hancur. Selain itu tangan juga menjadi lebih bersih dari getah kacang mete yang biasanya menempel pada tangan.

Dengan diciptakannya mesin pengupas kacang mete ini, secara otomatis bisa memberikan jalan keluar dari cara lama mengupas kulit mete yang melelahkan. Dengan adanya mesin ini juga hasil kacang mete juga bisa lebih banyak, berkualitas dan higienis.

Teknologi Tepat Guna dalam Bidang Peternakan

Teknologi Tepat Guna bidang Peternakan
Gambar via: cara-berternak-ayan.blogspot.com

Terdapat banyak teknologi tepat guna yang  dapat mempermudah dan meningkatkan hasil dari para peternak. Sebagai contoh yaitu  adanya mesin penetas telur. Mulai dari telur puyuh, telur ayam hingga telur bebek sudah ada mesin penetasnya. Dengan adanya mesin penetas telur tersebut para petrnak dapat mempercepat proses pengembang biakan binatang ternak dimiliki.

Kemudian juga terdapat mesin pemerah susu untuk sapi perah dan kambing etawa. Adanya mesin pemerah ini akan semakin meningkatkan hasil produksi susu segar dari para peternak sapi perah dan kambing perah. Selain mesin-mesin yang telah disebutkan, masih ada banyak lagi jenis teknologi tepat guna dalam bidang peternakan yang dapat membantu para peternak untuk mengembangkan usaha peternakan yang dimilikinya. Dengan demikian para peternak akan memiliki kuantitas hewan ternak yang semakin meningkat sehingga penghasilan pun bisa bertambah.

Tinggalkan komentar